Persona Intikalia

18 Feb 2009

Selayang Pandang Intikali

Entah sebenarnya ini dari mana aku dapatkan. Seakan-akan semua ini hanya keluar secara spontan dari otakku. Sebuah kata "intikali". Mungkin kata ini amat aneh terdengar di telinga khalayak Indonesia. Tapi sungguh ini akan masuk dalam kamus Indonesia -entah kapan nanti-.

Sesekali aku pernah memikirkan makna dari "intikali" itu sendiri. Pernah aku cari di Google dan ternyata "intikali itu berasal dari bahasa Turki. Intikali yang berarti "peralihan" dalam bahasa Turki. Pernah juga aku bertanya pada guru Bahasa Arab-ku, dia menjawab: "intiqaal itu 'minta dipindahkan', yang juga berasal dari mashdar(english: gerund) 'naqlan', ... " Dari sana aku mulai mengikat benang merah dari sebuah "intikali" dalam konteks segi etimologi (segi bahasa).

Namun, sebenarnya penjelasan di atas tidaklah menyelesaikan makna terminologi "intikali". Intikali ini berasal dari sebuah kaum yang mengatasnamakan dirinya sebagai intikalis. Intikali menurut kami -para intikalis- adalah sebuah kata yang tak terdefinisi karena definisi hanya akan membatasi sebauh makna intikali itu sendiri.

Terkadang kita -para intikalis- berkata:
1. Intikali itu "aku" (dikutip dari novelet ke-2 karya John Terro)
2. Intikali itu kamu (dikutip dari perkataan John Terro)
3. Intikali itu bisa melihat, mendengar, tersenyum, menangis, dan sebagainya
dan banyak lagi "intikali' yang biasanya kami sebutkan lewat puisi maupun syair para intikalis.

Mungkin sebatas ini saja keterangan dariku sementara ini.

2 komentar:

  1. setelah melihat judul semua postingan dari depan sampai belakang, saya bertekad apabila telah mempunyai personal "LAPTOP" maka aku akan menjadi seorang intikali dan berguru kepada "Jon" sebagai pemimpin para INTIKALI...

    tertanda NRP 050

    BalasHapus
  2. good good good ... aku akan membimbingmu sesuai kemampuanku, kawan ... hehehe

    BalasHapus