Persona Intikalia

4 Jul 2009

Ubuntu!Ubuntu!

Sudah lama aku menelantarkan blog-ku ini, dan sekarang baru bisa mengisi lagi. Em, sekarang ini ceritanya aku mau bercerita tentang sedikit pengalamanku bersama Ubuntu. Sedikit sih dibanding para pengguna Ubuntu lainnya. Namun setidaknya dapat menjadi referensi bagi pemula juga. Hehehe …

OK, kita langsung pada praktiknya. Yang harus disediakan adalah CD Ubuntu dan PC yang kompatibel. Kalau pakai Ubuntu 8.10, seenggaknya PC kamu punya RAM paling dikit 256 MB dan diskspace 4 GB. Di sini aku ga nyaranin kamu nginstal Ubuntu-nya di dalam Windows yang udah terpasang, tapi aku lebih focus pada Live User Version (jadinya ga pake nginstal segala). Coz kalo kamu nginstal inside Windows, masih butuh koneksi internet untuk menyempurnakan instalannya dan sialnya ga semua PC rumah ada koneksi internetnya. Hehehe …


Dan aku pun ga merekomendasikan kamu untuk menginstalnya secara default, karena bisa ngapus seluruh data dalam PC kamu. OK, kita mulai … CD Ubuntu udah siap? Kalo belum siap kamu bisa pesan lewat shipit.ubuntu.com (tapi biasanya dikasih versi yang terbaru, kalo pengen yang versi 8.10 ato sebelumnya tinggal pesan ke juragan kambing aja). Biasanya CD akan dikirim sekitar 4 – 6 minggu, dan aku pernah pesan 1 tapi malah dikirim dua kali, 2 CD @ Rp7.000,00 dibayar ketika barang sampe ke rumah kamu, termasuk biaya pembungkusan ulang dan bea cukai. Tapi kalo pesan lewat juragan kambing aku belum pernah, cos pake rekening sih, selama ini aku ga pernah punya rekening, hehehe … jadi agak susah kalo pesan lewat juragan kambing.

Yang kedua, PC kamu atur aja boot pertama dengan boot CD. Kalo udah tinggal idupin PC kamu trus masukin CD Ubuntu-nya, bakal kliatan loadingnya … trus tiba-tiba ada grafik “language” dan ada detik yang meng-countdown, kalo uda kayak gitu … cepet-cepet kamu tekan tombol “Esc” sebanyak dua kali sampe kliatan tulisan kayak gini:

Exiting …

You are leaving the graphical boot menu and starting the text mode interface

OK Cancel

Trus kamu klik “OK” … setelah itu bakal kliatan tulisan “boot:” , kalo udah keluar tulisan kayak gitu kamu ketik “live acpi=off”(tanpa tanda petik dan harus huruf kecil semua). Kalo udah tinggal tunggu aja loadingnya. Masuk deh ke Ubuntunya … mudah kan?

Memang kliatannya remeh tips ini, tapi aku pun cari caranya masuk ke Ubuntu, baru 3 hari setelah baru dapetin cara itu (yang jelas tanpa tanya ke orang lain).

Trus kalo kamu uda masuk ke Ubuntu, nikmati aja apa yang ada di dalamnya. Kamu bisa ubah temanya dengan mengeklik kanan lalu pilih “preferences” ato yang sejenisnya dengan itu. Dan kamu bisa nikmati fasilitas Open Office yang notabene kayak Microsoft Office, cuma aja sedikit beda tampilan, tinggal pintar-pintar kamu aja beradaptasi dengan itu. Kalo di Open Office yang bawaannya Ubuntu kurang fasilitas pengolah database, kos kudu dunlud lagi. Dan kebanyakan yang ditanyakan oleh para pemula ialah kug ga bisa putar .mp3 ya? Hehehe … kalo di Ubuntu 8.04, mutar .mp3-nya pake XMMS, tapi kalo di Ubuntu 8.10, kudu dunlud beberapa file pendukungnya dulu, kamu bisa searching di Google ato search engine lainnya dari beberapa blog yang bicarain soal XMMS. Ada lagi yang ga bisa muter video, cos emang kudu dunlud lagi yang namanya VLC, tu aplikasi bisa muter segala format video yang ada. Kalo untuk dunlud VLC secara utuh klik di sini. Bentuknya .rar, tolong kamu ekstrak dulu. Trus kalo nginstal perhatikan urutannya, dan cuma klik kanan trus pilih GDebInstaller ato yang mirip-mirip dengan itu.

Trus biasanya kamu juga pengen tahu gimana sih bisa meng-execute software yang basic-nya Windows. Kamu hanya perlu dunlud Wine kamu cari di winehq.com yang sesuai dengan versi Ubuntu kamu. Dan biasanya kamu masih perlu libaudio2_1.9.1-4_i386.deb untuk didulud kalo kamu pake Ubuntu 8.10, kalo pake Ubuntu lainnya aku kurang tahu. Cara dunludnya, kamu tinggal masukin keyword libaudio2_1.9.1-4_i386.deb itu ke Google trus klik-klik yang kayaknya relevan dengan yang sedang kamu cari.

Wah wah, coba aja deh sendiri, kebanyakan dibocorin nanti malah ga seru petualanganmu menggunakan Ubuntu. Hehehe … tapi yang jelas aku pernah pinjem temenku yang punya Ubuntu 9.04, eh ternyata ga bisa “klik kanan” trus ga bisa “browse folder”. Aku ga tahu penyebabnya, mungkin aja PC-ku minta di-upgrade lagi. Tapi yang jelas 9.04 mempunyai file system ext4 yang konon katanya lebih cepet pas loadingnya dibanding versi sebelumnya yang notabene pake file system ext3 atau ext2. Dan kalo di Ubuntu 9.04, pilihan temanya lebih banyak en agak mirip-mirip kayak Vista sih.

OK, kayaknya segitu aja yang aku bahas dalam postingan kali ini. Kalo ada yang salah dalam postinganku mohon dikomentari yah. Cos kita sama-sama belajar. Hehehe … “Hidup Gratisan!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar