Persona Intikalia

14 Agt 2009

SaSi (Sandi Singkat)

Sandi Singkat atau yang akrab dinamai dengan SaSi adalah sebuah sandi yang menganut azas simplisitas; yang mereduksi sebuah huruf, suku kata, dan kata menjadi sebuah karakter tunggal dalam penulisannya. SaSi diciptakan pada tahun 2002 dan dikembangkan pada tahun 2003 dan tahun 2004, dan hingga kini terus mengalami perkembangan dalam bentuknya. SaSi hanya dipergunakan oleh kelompok yang menamakan dirinya dengan AnGuLa (Anggota Gudang Lawak). Namun, sejalan dengan waktu SaSi berusaha untuk dikenalkan di luar kelompok tersebut dan sayangnya kurang ada minat dari objek yang mempelajarinya, karena memang terkesan sulit dan rumit dengan beberapa perkembangan sandi ini. SaSi diciptakan oleh seorang yang menamakan dirinya dengan Skandre, 2nd Angula dan dikembangkan bersama dengan teman-teman GuLa yang lainnya sehingga menjadi SaSi yang seperti sekarang ini.

SaSi memiliki beberapa tingkat; yaitu tingkat pertama, kedua, hingga tingkat kesepuluh. Namun, sejalan dengan perkembangannya, SaSi hanya diperkenalkan sampai tingkat enam, karena tingkat ketujuh hingga kesepuluh dinilai kurang relevan untuk digunakan sebagai sandi yang mudah untuk ditulis dan terutama dimengerti. Tingkat-tingkat itu pun didapat ketika dalam pengembangannya melalui klasifikasi SaSi dalam bentuknya dan tingkat kerumitannya.

Adapun indeks SaSi akan ditampilkan di bawah ini.

Photobucket

Namun, perlu diingat bahwa indeks di atas dinamakan dengan SaSi I (tingkat satu), dalam penggunaannya, SaSi I tak memakai “Ng” dan “Ny” yang terdapat pada indeks di atas. Keduanya digunakan pada SaSi tingkat selanjutnya.

Sebagai latihan, kami akan memberikan kalimat, lalu tugas Anda adalah mengartikannya dengan terpicu pada indeks yang telah disediakan sebelumnya.

Photobucket

Anda dapat membuat latihan Anda sendiri sesuai kekreatifan Anda untuk memudahkan Anda menghafal SaSi. Selamat mencoba!!!

Tersedia juga .pdf postingan ini klik di sini dan font SaSi, klik di sini

Untuk tingkat lanjutnya, silakan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar