Persona Intikalia

25 Des 2009

Instalasi Font di Ubuntu 9.10

Adalah sebuah kabar baik bagi pengguna Ubuntu. Kali ini, dalam Ubuntu 9.10 menginstal font bukanlah hal yang menyulitkan. Sepertinya si perancang Ubuntu mendapat masukan dari penggunanya untuk dibuat sebuah aplikasi yang namanya Font Viewer yang juga fungsinya sekaligus untuk menginstal font di Ubuntu. Seperti yang Anda lihat di bawah ini. Saya menaruh font tspip.ttf di Desktop.



Hal ini agar memudahkan saya untuk menerangkan caranya. Pada Ubuntu 9.10, .ttf sudah mempunyai tampilan thumbnail, tak seperti di Ubuntu versi sebelumnya. Jika Anda ingin lebih rinci melihat isi font tersebut, Anda tinggal 'klik kanan' lalu pilih 'Open with Font Viewer'. Mudah, 'kan? Klik 'install' jika ingin menginstalnya.





Um ... bagaimana cara mengecek apakah font tersebut sudah terinstal? Caranya gampang. Kamu cek aja di location "/home/user/.fonts" (NB: jangan kelupaan (.) sebelum kata .fonts, kata "user" tergantung nama user Anda, misalkan user saya "ubuntu", maka dicek di /home/ubuntu/.fonts). Kalo ada, berarti sudah terinstal dan bisa digunakan untuk kepentingan di OpenOffice maupun yang lainnya.

Pertanyaan: Terus bagaimana cara menginstal font di Ubuntu versi lawas (kayak Ubuntu 8.10)?

Jawabnya mudah. Kamu copy aja font .ttf-nya di folder location: "/home/user/.fonts" (NB: jangan kelupaan (.) sebelum kata .fonts, kata "user" tergantung nama user Anda, misalkan user saya "ubuntu", maka dicek di /home/ubuntu/.fonts). Trus gimana kalo ternyata ga ada folder .fonts di folder user-nya. Bukannya ga ada, tapi memang di-hidden. Caranya kamu tekan "Ctrl. H". Pasti kelihatan. Kalo masih ga ada gimana? ya kamu buat aja New Folder, trus namai dengan .fonts. Beres, 'kan?

Tapi ... Kug tapi sih? Semua font yang kamu instal hanya bisa digunakan ketika kamu memakai user itu. Ketika memakai user yang lainnya, ya ga bisa. Trus gimana dums? Kalo pengen font itu bisa dinikmati oleh semua user, begini caranya.

1. Tekan "Alt. F2".




2. Akan muncul "Run Application"
3. Lalu ketik "gksudo nautilus" (tanpa tanda petik)
4. Maka akan muncul explorer (kalo di Windows, kalo di Ubuntu namanya nautilus).


5. Kamu ketik "/usr/share/fonts/truetype" di Location:
6. Trus kamu tekan "Ctrl. T" untuk memunculkan "tab" baru.
7. setelah itu ketik "/home/ubuntu/Desktop" (jika user kamu bernama "ubuntu", jika bernama "johnterro" ketik "/home/johnterro/Desktop")
8. Trus copy (Ctrl. C) "tspip.ttf" yang ada di Desktop tadi.
9. Pindah ke tab "/usr/share/fonts/truetype" lalu paste (Ctrl. V).

Gampang, 'kan? Coba aja sendiri!

5 komentar:

  1. tutorialnya bagus, tapi saya ada pertanyaan, kok Font Viewer ga ada ya di synaptic package manager? download di mana?

    btw kalo mau pasang iklan coba promoteburner.com mumpung masih terima blog bahasa indonesia

    lebih jelas tentang promoteburner bisa googling :)

    BalasHapus
  2. Font Viewer kan emang udah bawaannya Ubuntu 9.10 ... ketika ada file .ttf, trus klik kanan tu file ... di sana pasti ada tulisan "Open with Font Viewer" ... jadi ga perlu dunlud repo-nya lagi n tinggal nginstal aja kalo pengen nginstal font .ttf yang diingini ...

    btw, makasih atas nasehatnya untuk kunjungan ke promoteburner.com

    BalasHapus
  3. iya ternyata ada font viewer - aku sempat ga lihat karena aku ubuntu bahasa indonesia :)

    ternyata dalam bahasa indonesia font viewer = pelihat fonta

    BalasHapus
  4. kalau saya, langsung saja sudo nautilus dan kopikan font ke /usr/share/fonts... beres dech!

    BalasHapus
  5. untuk waroeng ubuntu: memang kalo dari bahasa indonesia sih aneh ...
    untuk Andy: makasih, tu alternatif lainnya

    BalasHapus