Persona Intikalia

17 Mar 2010

Memahami Hidup


Hidup? Apa itu hidup? Hidup itu tidak mati. Jelas, itu sangat jelas karena mati adalah lawan kata dari hidup. Pernahkah kita berpikir bagaimana kita hidup? Apa yang membuat kita hidup? Jantungkah? Paru-parukah? Darah yang mengalirkah? Ataukah karena nyawa? Namun, jika karena nyawa ... maka di manakah letak nyawa itu? Di kepala (otak) di dada (jantung atau paru-paru) ataukah mungkin di tempat lainnya?

Namun ... bukan itu yang dimaksudkan. Memahami hidup itu, adalah memaknai hidup ini. Namun, tak hanya memaknai saja. Terkadang banyak orang yang berhasil memaknai hidupnya, namun tak berhasil menyelamatkan hidupnya dari dunia yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Pernahkah kita berpikir tentang ingatan kita? Apakah kita masih ingat apa saja yang kita lakukan ketika di dalam perut dan belum keluar ke dunia yang seperti ini? Pasti tidak! Begitu pun dengan diriku.

Lantas, apa itu hidup?

Bingung? Bingung? Bingung?

Hidup itu ...

(simpulkan sendiri)

5 komentar:

  1. hidup itu artinya ..... menjalani cobaan... ntar di hari akhir kita bisa lihat... hasil dari hidup kita maka kita masuk surga atau neraka :D

    BalasHapus
  2. hehehe ... tapi bukankah surga dan neraka itu sudah ditentukan ... :P

    BalasHapus
  3. iya takdir sudah di tentukan, tapi kita kan tak tahu takdir kita seperti apa :D

    jadi yang mau masuk surga tetaplah berusaha :D

    BalasHapus
  4. hidup itu...

    memilih?

    hehehe.. hidup itu memilih itu judul puisimu ya?

    BalasHapus
  5. yup ... itu judul puisiku di entri sebelumnya :D

    BalasHapus