Persona Intikalia

26 Mar 2010

Seting Modem GSM (im2) Huawei E220 di Ubuntu

Rabu, 24 Maret 2010 kemarin; aku dan Andung (teman kuliahku) berburu modem di Hi-Tech Mall (HTM) Surabaya. Aji mumpung, mumpung hari itu ga ada UTS; maklumlah pekan UTS. Padahal rencana awal beli modem setelah UTS aja, tapi mumpung proposalnya uda di-ACC; keburu uangnya habis -- langsung aja sikat gan, hehehe ^_^. Setelah muter-muter selama kurang lebih 2 jam. Akhirnya aku harus memutuskan beli modem apa: CDMA atau GSM? Akhirnya dengan segala pertimbangan aku pilih beli modem GSM aja. Notabene, CDMA di Indonesia amat sangat mengecewakan.

Oke ... akhirnya aku putusin untuk beli modem GSM yang merk Huawei E220 -- harganya 360 ribu. Itu sih yang paling murah yang aku temukan di HTM. Gila, di toko lainnya harganya 425 ribu. Berapa coba selisihnya? Besar banget kan? Akhirnya modem sudah ada di tangan. Selanjutnya melakukan perburuan kartu GSM. Setelah keliling seribu keliling, akhirnya aku memutuskan untuk pilih IM2 (programnya Indosat). Perdana 275 ribu, terus setiap bulannya 200 ribu. Unlimited, 3G pertama speed-nya 256 kB/s, setelah 3G speed-nya turun jadi 64 kB/s. Awalnya sih masih ragu, cos ada XL yang setiap bulannya 150 ribu. Tapi, unlimited 1 GB speed-nya 256 kB/s, setelahnya 64 kB/s. Sedangkan aku, suka banget download dan browsing. Mesti pilih yang besar lah.

Oke oke ... kayaknya cukup curhatnya. Sekarang kita membahas topik utamanya. Seting Modem GSM di Ubuntu ternyata tak sesulit yang aku bayangkan. Kalo seting di Windows sih ya ga usah dibahas ... cos udah gampang banget; tinggal nginstal drivernya aja plus aplikasi .exe nya aja. Kalo di Mac OS ya hampir  sama dengan di Ubuntu; agak ribet, tapi bisa kug. Tapi, yang aku bahas di sini hanya seting di Ubuntu aja. Cekidot, gan!

Gambar di bawah ini, Laila (sebutan untuk laptopku) dan Modem Huawei E220


Oke, langsung aja ke tutorialnya. Yang pertama, tancepin dulu modemnya di PC atau laptop, gan! Udah gan? OS nya Ubuntu lo gan, jangan yang lainnya. Trus ikuti gambar di bawah ini gan!



















Di bawah ini aku misalin username im2 nya adalah "juragancendol" dan passwordnya sesuai password akun im2 agan. Ga mungkinlah aku cantumin username im2 aku dan passwordnya, karena itu terlalu beresiko, gan.






Kalo PIN nya lum di-disable ... harus masukin PIN-nya kayak gambar di bawah ini






Terkadang muncul kayak gambar di bawah ini gan, masukin aja password dari akun im2 nya gan






Kalo uda tampil kayak gitu ... silakan mulai browsing gan ... 

Ya udah gan ... sampe di sini dulu tutorialnya, sampe ketemu lagi di tutorial yang lainnya gan ...

Kunjungi juga postingan ane sebelumnya, dijamin asoy gan!

6 komentar:

  1. aku sebenarnya ga jago ubuntu/linux :D kalo ada masalah kaya gitu (coba googling ) dengan live cd

    catat langkah2nya terus di coba


    kalo masih gagal juga biasanya aku install ulang komputernya :)

    BalasHapus
  2. wah gan ,,, kalo nginstal ulang sih .. ya masih mikir2 gan .. hehehe

    BalasHapus
  3. mbokk laptopnya gann..
    bagi dong..
    x)

    BalasHapus
  4. hahaha ... gimana baginya? lewat e-mail bisa? hahah :D

    BalasHapus
  5. gampang - tapi aku ga punya laptop buat praktek, kalau iparku sih punya laptop pake ubuntu

    tapi krn dia pakai untuk kerja jadilah aku ga berani eksperiment :p

    BalasHapus
  6. ga harus pake laptop yo
    itu di PC/Desktop bisa kug
    kan yang penting adalah Ubuntu nya :)

    BalasHapus