Persona Intikalia

4 Jun 2010

Tips Memanjakan Pengunjung Blog

Pada postingan kali ini saya memberanikan diri untuk memosting topik yang sebenarnya ringan tapi juga cukup berat. Sebenarnya postingan ini adalah secuplik curahan hati dari pengalaman-pengalamanku ketika mengunjungi blog-blog di jagad dunia maya ini. Adapun tips ini ditujukan untuk para blogger dan yang mau ngeblog, heheheh ... Tips ini ditujukan tidak untuk menjustifikasi para blogger yang ga sesuai dengan tips-tips yang akan aku utarakan di bawah ini.

Oke, segera aku utarakan beberapa tips dan juga pengalamanku berkeliling di jagad blog. Adapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut:


Tips I
Usahakan tema blog yang digunakan tidak merusak pandangan mata. Maksudnya gimana? Tema yang digunakan usahakan ga gelap dan mudah/nyaman dalam membaca isi blognya. Pernah sih dulu blogku yang ini bertema hitam, so akhirnya ga banyak yang mengunjungi dan ada temenku yang ngasih saran kalo temanya diganti aja cz kurang nyaman waktu membaca artikelnya. Akhirnya aku ganti deh tema blog ini jadi oranye, setelah itu jadi biru yang seperti sekarang ini.

Tips II
Usahakan konten yang ada di blog ga berat-berat amat loadingnya. Hal ini dikarenakan banyak image yang besar banget ukurannya. Jadi kasihan banget si pengunjung yang berniat membaca artikel tapi malah disuruh nunggu lama karena belum keluar-keluar artikelnya. Hal ini bisa diukur dari berapa detik blog Anda bisa selesai loading dengan kecepatan rata-rata 20KBps. Kalo lebih dari 13 detik, kayaknya terbilang berat blog kamu. Itu sih pendapatku, heheheh...

Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg. iwebtool.com)
ne aku tunjukin hasil dari blog ini gan ...
Tips III
Usahakan iklan yang dipasang di blog kamu ga menghalangi pembaca artikel untuk membaca artikel kamu. Karena, aku pernah ngunjungi blog yang iklannya -menurutku sih- cukup mengganggu aku dalam membaca artikel yang ada di blog itu. Iklannya harus diklik dua kali baru bisa ngilang. Uh ... sedikit sebel sih, tapi gapapa juga cz niatnya baca. Tapi lama-kelamaan jadi males ngunjungi blog itu, heheheh

Tips IV
Usahakan bahasa yang digunakan adalah bahasa baku, komunikatif, dan mudah dicerna. Heheheh, tapi di blog ini pun aku sulit nulis dengan bahasa baku dan terkadang aku menggunakan kata-kata yang ga lazim didengar di masyarakat.

Tips V
Hindari widget/gadget yang kurang bermanfaat. Contoh mudahnya adalah widget/gadget yang menampilkan kalender atau jam. Kayaknya berlebihan banget kalo dipasang, cz di PC/Laptop masing-masing pengunjung sudah ada kalender dan jamnya.

Tips VI
Hindari memberikan link download yang palsu. Heheheh, cz terkadang banyak aku jumpai ketika aku mencari sesuatu yang dibutuhkan ... eh ternyata malah mbulet aja tuh link, ga dapet-dapet yang valid.

Tips VII
Berikan artikel-artikel yang original. Hal ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Karena pengunjung akan merasa bosan jika ternyata artikel yang ia baca pernah ia baca sebelumnya. Sebenarnya ini sih pengalaman pribadi saat mencari referensi buat kuliah. Setelah mengubek-ubek Google eh ternyata banyak blog tapi isinya sama semua, bahkan mulai dari titik-titiknya sama. OMG !!! Copasnya kelihatan banget, hehehe

Tips VIII
Berikan artikel-artikel yang bermanfaat dan sumber yang seenggaknya bisa dirujuk. Tapi jujur, tips yang ini sulit banget gan. Aku sendiri ngaku bahwa mendapatkan artikel dengan sumber yang kredibel sulit banget. Tipe blog yang bisa ngelakuin hal ini adalah blog yang berisi cerita pribadi atau hasil penelitian si empunya blog.

Tips IX
Menanggapi komentar pengunjung dengan santun dan solutif ketika pengunjung memberikan komentar yang berupa pertanyaan. Hal ini bisa diwujudkan lewat saling mengirim e-mail jika si pengunjung tak mempunyai blog.

Tips X
Memberikan site map/label pada blog maupun postingan Anda agar pengunjung lebih mudah mencari yang ia inginkan. Tapi sepertinya ini kurang aku wujudkan demi kenyamanan pengunjung juga. Ketika saya memberikan label pada footer ataupun sidebar malah menjadikan tema blog ini semakin aneh dan kurang enak dipandang mata (itu sih pendapat saya dan beberapa temen saya)

Um ... kayaknya cukup itu dulu tips yang bisa aku utarakan. Sampai jumpa di tipsku yang lainnya. Kalo mau menambahkan tipsnya, silakan komentar di bawah.

27 komentar:

  1. soal tips nomor 2 itu bagaimana cara ngukurnya? krn aku ga bisa nebak berapa kecepatan loading blog dgn speed internet 20kbps?

    maklum speed internetku memakai fastnet he he

    BalasHapus
  2. gampang aja gan .... cek aja di http://www.iwebtool.com/speed_test
    bisa dicoba di atas, aku akan pasang test load blognya
    punyaku cuma 39.96 KB ditempuh dengan 0.07 second aja

    BalasHapus
  3. Salut Jhon, artikel kamu ini keren! Tips no 5, 7 dan 8 yang aku kira agak sulit, soalnya butuh praktek dan pengalaman yang lumayan tuh. :D

    Yang nomer 9 juga terbilang gampang2 susah. Karena setiap orang memiliki karakter masing2 terutana ketika berhadapan dengan komentar bernada kritik.

    Kalo yang ke-3 kayaknya aku yang paling berdosa, soalnya aku sering make gambar2 dengan ukuran file yang cukup gede jadi waktu muatnya bisa lama bahkan tidak jarang blogku gak kebuka sama sekali. hehe...

    Salam, Jhon! Dah lama aku gak ke sini. :)

    BalasHapus
  4. memang tips yang nomor 5,7, dan 8 adalah yang sulit ... mungkin kalo seandainya ga ada temenku yang komplain ke aku gara2 blogku yang dulu lemot (kebanyakan yang ga penting) dan nasehat2 dari para temen blogger yang menggembor-gemborkan originalitas

    untuk yang nomor 9, emang perlu keahlian khusus dalam bernego ... heheh

    untuk yang nomor 3, hahah ... itu yang sedang aku cari solusinya ... aku pernah bikin spoiler, tapi scriptnya terlalu panjang dan ribet ga kayak di forum-forum yang tinggal ketik [spoiler] aja ...

    tapi seenggaknya dari tema kita dikurangi bobot image-nya

    salam balik, selamat berkunjung kembali di blog-ku yang sederhana ini ... :)

    BalasHapus
  5. hee.. jon terr.. just say hello.. hha..

    BalasHapus
  6. yup ... i'm here ... heheh
    selamat datang di kunjungan pertamamu :)

    BalasHapus
  7. loading blog r10

    www.catatan-r10.blogspot.com 77.66 KB 0.47 seconds 0.01 seconds

    BalasHapus
  8. tips selanjutnya, menyediakan suprise kepada komentator nomer 7 dengan hadiah blackberry!

    BalasHapus
  9. @rio: berarti blog mu masih tergolong berbobot ringan ... karena kalo dihitung-hitung dengan kecepatan 20KB/s bisa diload dengan waktu 4 detik ... siph :)

    @joe: hahah ... sayangnya joe adalah komentator nomer 8, jadi ga dapet ... hehehe

    BalasHapus
  10. wadu punyaki 139 kb
    dengan waktu setengah menit
    mantap

    BalasHapus
  11. hahahah .... besar banget bobotnya :P
    kayaknya perlu ada perbaikan tuh blog ... seenggaknya biar pengunjung bisa nyaman :) ... itu sih cuma saran aja

    BalasHapus
  12. Sip, bisa dipertimbangkan
    contek dulu ya
    thx

    BalasHapus
  13. Kalau Blog saya gimana ya mas? Mohon Reviewnya :)

    BalasHapus
  14. ditambah sama emoticon yg ada diblog saya makin manteb deh mba artikelnya hehehehehe

    maap

    BalasHapus
  15. @Sebuah Tips = 254.53 KB 0.27 seconds 0 seconds

    @facemot = 49.19 KB 0.13 seconds 0 seconds

    BalasHapus
  16. mantaap dah... (kayanya harus ganti theme, terutama background).. btw aku cek blogku kok eror ya??

    BalasHapus
  17. hahah .. silakan ganti thema :D

    BalasHapus
  18. tips yang menarik. oh iya setelah di ukur. kecepatan blog saya masih 1, sekian detik. cckkc

    BalasHapus
  19. berarti masih berat banget tuh

    BalasHapus
  20. sedang menuju TKP utk cek loading blog saya *Thx infonya :D

    BalasHapus
  21. sudah dan ini dia hasilnya:

    adetruna.com 82.91 KB 0.89 seconds 0.01 seconds

    BalasHapus
  22. wow ... berarti agak berat yah :)

    BalasHapus
  23. saya sudah check dan blog saya lumayan besar ternyata...
    :P
    butuh 2,76 detik buat download pagenya....
    itu juga kalo lagi lancar kali ya....
    :P

    BalasHapus
  24. wow ... kug lama yah punyamu :D

    BalasHapus