Persona Intikalia

13 Jul 2010

Wanita Itu Egois

Dalam entri kali ini saya membahas tentang wanita. All about WANITA. Saya mengambil sisi keegoisan wanita yang sebenarnya jika kita peka maka kita akan dapat melihat sisi egoisme yang tinggi terhadap diri seorang wanita. Sering kali dalam kehidupan sehari-hari kita mendengar kata "egois". Saya menganggap bahwa semua tahu arti dan paham makna "egois" itu sendiri.

Mengapa saya mengangkat bahasan seperti ini. Tentu ini adalah refleksi dari beberapa hari ini yang diriku ini mengalami kejadian-kejadian yang tak mungkin aku paparkan dalam entri ini. Mari kita tengok apa saja yang membuat diriku mengatakan bahwa wanita itu egois.

Seringkali kita tak sadar bahwa sebenarnya wanita adalah makhluk Tuhan yang paling egois. Sampai-sampai kita semua tertipu dan tak sadar akan itu karena pintarnya wanita membungkus keegoisannya dalam bingkisan yang indah. Mari kita tengok beberapa fakta yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari.

1. YA = TIDAK dan TIDAK = YA
Perlu kita ketahui bahwa ketika wanita itu berkata ya, maka sebenarnya ia ingin mengatakan tidak. Wanita takut dianggap dia egois, meskipun dalam hatinya ia berbeda dengan apa yang ia ucapkan. Begitu pula sebaliknya, ketika mereka berkata tidak, maka berarti ya. Sebenarnya wanita itu egois, namun supaya ga terlihat egois maka ia berucap kebalikan dari hatinya.

2. TERSERAH KAMU SAJA = SEBAIKNYA KAU MEMILIHKAN YANG AKU SUKA
Ketika berbelanja dengan pasangan kita, terkadang ketika kita bertanya, "kamu pilih yang mana?" maka si wanita akan berkata, "terserah kamu saja". Padahal dalam hatinya ia berharap agar engkau memilihkan yang ia sukai. Ini patut diketahui oleh para pria. Inilah keegoisan wanita yang terselubung. Ketika kita memilihkan yang ia ga suka, maka ia akan kecewa dan memberikan sinyal negatif ke kita. Karena kita dianggap ga ngerti apa yang mereka mau. Tapi, mengapa mereka ga mencoba mau tahu keinginan kita?

3. MENOLAK POLIGAMI
Banyak kita ketahui di masyarakat kita wanita-wanita menolak poligami. Alasannya adalah ga adil. Kenapa si pria bisa punya istri lebih dari satu, sedangkan si wanita ga boleh punya lebih dari satu suami. Secara memang terlihat benar. Namun kita analisis kembali, di sini lah tempat keegoisan wanita. Wanita cenderung tak mau berbagi dengan wanita lainnya. Padahal digembor-gemborkan kalo wanita itu sensitif dan lebih peduli daripada pria. Wanita berpikir dengan hati. Tapi mana buktinya? Jika mereka berpikir dengan hati maka mereka hendaknya melihat fakta di lapangan akan banyaknya prostitusi gara-gara banyak wanita yang tak bersuami yang ga sulit cari nafkah, dan akhirnya terjerumus dalam lubang prostitusi. Dan kayaknya si wanita ini lebih rela suaminya jajan sembarangan daripada poligami yang jelas halal dan baik untuk kesehatan. Lihat fakta bahwa jumlah wanita di dunia lebih banyak sekian kalinya daripada pria.

4. WANITA BOLEH LAMA
Ketika kita menjemput pasangan kita. Dan ia terlambat berjam-jam. Lalu kita bilang, "kug kamu lama banget sih?" maka mereka akan menjawab, "biasa lah cewek". Namun, ketika kita terlambat beberapa menit saja ketika menjemputnya maka mereka bilang, "ah ... kamu ke mana aja, lama banget nih."

5. WANITA BOLEH LIHAT PRIA LAIN
Ketika jalan sama pasangan terkadang kita melihat wanita lain. Lalu pasangan kita menegur, "eh ... kamu lihat cewek itu yah, kamu ga sayang lagi ma aku ya?" Namun, ketika wanita melihat cowok lain terus kita negur, "kenapa kamu lihat pria itu?", maka mereka akan menjawab, "Aku hanya mengagumi ia saja, ga lebih dari itu." Padahal kagum adalah awal dari suka. Betapa egoisnya wanita.

6. EMANSIPASI WANITA
Emansipasi wanita ini adalah bentuk keegoisan wanita yang paling tinggi dan terselubung. Ketika ada sesuatu yang enak dan mereka sukai, maka mereka ingin agar hak disamaratakan atas dasar emansipasi wanita. Namun, ketika menjumpai sesuatu yang tak mengenakkan, mereka bilang, "ini tugas laki-laki, kami kan wanita." Egois banget nih. Namun, aku pernah menjahili salah satu temanku (wanita) yang dia sungguh memperjuangkan emansipasi wanita. Ketika itu adalah job untuk naik pohon, lalu aku berkata pada wanita itu, "eh ... kamu aja yah yang naik ke pohon", si wanita itu langsung berkata, "masa' cewek disuruh naik ke pohon?" lalu aku menyahutinya, "kan emansipasi wanita?" (aku berkata seperti itu sambil tersenyum). Dia (temanku yang wanita itu) marah abis-abisan ke aku. Beginilah keegoisan wanita.

Enam poin yang ada di atas setidaknya mewakili keegoisan wanita yang terselubung. Saya kira masih banyak lagi keegoisan terselubung lainnya yang masih belum terungkap. Anda mau menambahkan? Atau Anda mau mencerca saya karena saya sudah membongkar banyak rahasia wanita? Silakan komentar di kotak yang sudah disediakan di bawah ini.

31 komentar:

  1. MENOLAK POLIGAMI

    Jumlah wanita lebih banyak daripada pria, bila tdk ada poligami maka kelebihan jumlah wanita, wanita tersebut akan menikah dgn siapa? Bukankah sunah rasul untuk menikah dan memiliki keturunan?

    EMANSIPASI WANITA

    Yang paling tidak aku suka adalah, wanita yang menyerobot pekerjaan laki-laki....akibatnya banyak laki2 jadi pengangguran, banyak kepala keluarga tidak dapat menafkahi keluarganya

    Bukan berarti wanita tidak boleh bekerja. Boleh saja, namun jenis pekerjaannya harus cocok, seperti dokter wanita, perawat wanita, dll. Tapi jangan melampui batas, jangan mengambil alih semua pekerjaan laki2

    BalasHapus
  2. pengalaman pribadi.. hhe
    tapi bener juga
    memang belum pernah merasakan keegoisan wanita seperti di atas, masih singel.. hhe
    tapi dalam pertemanan dengan wanita, mereka egois, keinginan mereka harus dipenuhi
    kalau kita sebagai laki-laki tidak mau mengalah, mereka malah membahas gender!
    katanya wanita-pria sejajar, tapi kok masih ngebahas gender.

    bingung saya!!!

    BalasHapus
  3. Om, John bisa saja. Saya malah berprinsip semua manusia adalah egois... itu yang namanya manusiawi. Tapi, memang tergantung dari sisi mana kita menilai, toh barometernya selalu relatif...

    BalasHapus
  4. @diphtegh: hahah .... ane masih single

    @ummiega: yah ... egois itu pasti ada ... tapi terkadang itu terbungkus rapi :D

    BalasHapus
  5. ahahaha
    kirain udah punya.. :-P

    BalasHapus
  6. wekwkwkw .. doain biar cepet dapet pasangan :P

    BalasHapus
  7. john, bisa kirim media ke lintasberita.com? aku seminggu terakhir ga bisa... dan ga ada penjelasan dari lintas berita

    BalasHapus
  8. maaf ... ane ga join di situ gan :D

    BalasHapus
  9. pasti di doain dan langsung ke jenjang pernikahan.
    ntar undang-undang ya :D

    BalasHapus
  10. wahahah ,,, diph bisa aja (jadi malu diriku)

    BalasHapus
  11. aku agak setuju agak ngga setuju Sob..

    mampir y ^^

    BalasHapus
  12. selamat mampir
    setuju ga setuju itu terserah anda, ka damar :D

    BalasHapus
  13. sayang lintasberita.com ga merespon pertanyaanku, kalo digg.com aku pernah di banned, aku tanya kenapa? langsung direspon

    di twitstat ada fitur dialogue yg memungkinkan kita melihat aktivitas tweet (baca chatting) seseorang :D

    cocok buat kita melihat aktivitas tweet pacar/suami/istri -- cocok buat yg cemburuan he he

    BalasHapus
  14. wanita mang susah di tebak, susah di mengerti dan maunya di mengerti

    BalasHapus
  15. @r10: wah .... kalo memang digunakan untuk melihat aktivitas pasangan boleh juga mas

    @rizky: begitulah wanita

    BalasHapus
  16. secara psikoLogis memang dari sananya, kaLau tidak saLah wanita Lebih banyak berpikir meLaLui perasaan sedangkan pria Lebih banyak berpikir meLaLui rasionaLitasnya. secara sadar atau tidak makanya terciptaLah sebuah pemikiran bagi kaum pria.

    sekaLian ijin untuk menjadi foLLower di bLog ini, terima kasih atas sharenya.

    BalasHapus
  17. wah saya ucapkan terima kasih atas kebersediaan om rame untuk jadi follower blog-ku ini :-)

    BalasHapus
  18. kalau mereka marah mereka menampar pria dianggap wajar. sedanglan jika pria marah lalu menampar wanita walaupun sudah jelas wanita yang salah,maka pria yang disalahkan. mereka menggunakan air mata mereka untuk mencuri rasa iba dari orang lain....dasar egois...

    BalasHapus
  19. wanita egois punya alasan juga koq.
    mereka di ciptakan sebagai makhluk yang lemah dan butuh perhatian.
    itu takdir mereka,tetapi terkadang mereka yg salah menggunakan takdir itu sendiri,mereka seakan tidak pernah puas dengan apa yang sudah di perolehnya..
    sebenarnya pria dan wanita sama egois.
    untuk dapat menjalani takdir dengan benar kita perlu tahu dulu..
    1.apa itu manusia?
    2.apa pengertian pria/wanita?
    3.apa hak serta kewajibannya?
    4.apa tujuan hidup sebenarnya?
    5.apa tugas masing2 dari mereka?
    tapi,1 hal yg perlu di ketahui wanita,.bahwa pria itu adalah pemimpin bagi dirinya dan bertanggung jawab terhadap aktivitasnya..

    BalasHapus
  20. @syafwan: tapi menjawab 5 pertanyaan tsb, silakan dijawab dulu, untuk apa blog ini dibuat? heheh :D

    BalasHapus
  21. Dan anda telah mencurahkan keegoisan anda dalam tulisan ini dengan rapi :p

    1. kalo poin yang ini sih, gak hanya perempuan, tergantung orangnya aja.

    2. siapapun juga kalo bilang terserah, pasti ada batasannya pokoknya bukan yang aku gak suka. dan, soal nge tes itu, Qrasa gak hanya perempuan, laki-laki juga kadang kayak gitu. itu sih tergantung orangnya aja. nge tes-an atau gak orangnya.

    3. untuk poin yang satu ini, saya sangat gak setuju. well, sebagai orang yang juga tersandung masalah besar dan berbuntut panjang karena kelakuan yang satu itu, aku cuma bilang permasalahan yang muncul dengan adanya poligami gak sesimpel itu. selain itu, seandainya pun keadaan terbalik misalnya, laki-laki yang jumlahnya lebih banyak daripada perempuan, dan perempuan yang dibolehkan poliandri, saya rasa para laki-laki juga tidak akan semudah itu mau di poliandri. selain itu, sepertinya yang menjajakan diri itu bukan hanya perempuan,kan?ada juga yang laki2?bukannya berarti yang laki-laki itu juga butuh pasangan?

    4. kalo soal itu sih, soal tanggung jawab aja. kalo ngerasa salah ya bilang aja salah. kenapa juga harus dimaklumi kalo emang gak bisa dimaklumi??kenapa bilang gak apa2, kalo emang apa-apa??

    5. itu sih tergantung orangnya aja. kalo yang cwe cemburuan ya wajar banget lah kayak gt. tapi blm tentu juga kan? hem...tapi, klo gitu, emang cwo bisa juga mengagumi cwe lain ya?

    6. emansipasi wanita, sepertinya untuk yang ini juga masalahnya yang dimaksud dengan emansipasi wanita itu sendiri belum begitu jelas yang seperti apa. dan, gak salah sih, ada yang salah menjadikannya sebagai tameng seperti katamu.tapi, kalo disamakan semua,ya tetep aja lah gak bisa. secara, mereka memang berbeda, mau di samain gimana lagi??tapi, bukan berarti kedudukan mereka gak seimbang. yang aku rasa emansipasi wanita lebih pada keseimbangan kedudukan mereka. bukan menyamakan kedudukan mereka, itu berbeda.

    Ok, komen ini panjang. sekian dan terima kasih :p

    BalasHapus
  22. saya setuju Memang bener sih gitu... dan sialnya banyak laki2 baik yang mendapat istri spt itu.... wah... dan kebalikannya... perempuan baik... yang nurut, taat eeehh dapet suami yang sebaliknya punya 2 atau lebih istri.... pusing dah dunia ini serba ga jelas... Apa sebaiknya kita polygami saja supaya tu perempuan2 bisa pada jadi istri yang baik.

    BalasHapus
  23. @kacho: hahah ... semua itu harus dikerjakan dengan rapi :P

    @Anonim: bisa juga, itu adalah keputusan kamu :D

    BalasHapus
  24. Asslmkm…wrwb

    Siapa bilang poligami hanya akan berdampak kemungkinan cemburu, marah, iri, sakit hati pada para istri? Coba piker dunkz seribu kali dampak psikologi, ekonomi, kasih sayang pada anak2 yg akan dihasilkan kelak…jangan egoiss…

    Poligami memang tercantum dalam Alqur’an dan Hadist, dicontohkan juga oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabat

    Tapi…ROSUL JUGA MEMBERI CONTOH MELARANG POLIGAMI, ketika melarang Fatimah RA dipoligami saat Ali Bin Abi Tholib hendak menikah lagi, mungkin beliau tahu walaupun sesuai syariat, poligami bisa membuat wanita tersakiti, sehingga beliau tidak rela putrinya dipoligami. Wallohua’lam

    Dan……

    Berdasarkan sensus penduduk 2000 dan 2010 ternyata justru JUMLAH PRIA DI INDONESIA LEBIH BANYAK DARI WANITANYA.

    “laki2 jaman sekarang biasanya mati2an menentang atau berusaha menutup2i fakta ini dengan berbagai alasan dan dalih”

    Begitu juga dengan data negara2 di dunia (CIA, Bank Dunia, dll) ternyata jumlah pria juga lebih banyak dari wanitanya (terutama untuk China, India, dan negara-negara Arab)

    Yup jumlah wanita memang sangat melimpah tapi di usia di atas 65 tahun, mauu?? hehe….kalo ngebet, silakan poligami dengan golongan wanita usia ini.

    Cek di data resmi BPS dan masing2 pemda atau coba klik di:

    http://sosbud.kompasiana.com/2013/05/16/makan-tuhh-poligami-vs-fakta-demografi-560923.html

    http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=40¬ab=1

    http://sp2010.bps.go.id/

    http://www.datastatistik-indonesia.com/portal/index.php?option=com_content&task=view&id=211&Itemid=211&limit=1&limitstart=2

    http://nasional.kompas.com/read/2011/09/19/10594911/Jumlah.Penduduk.Indonesia.259.Juta

    http://statistik.ptkpt.net/_a.php?_a=penduduk_ratio&info1=4

    http://www.census.gov/population/international/data/worldpop/tool_population.php


    http://nasional.kompas.com/read/2010/08/16/20585145/Siapa.Bilang.Wanita.Lebih.Banyak-8

    Kira2 apa ya solusi dari kelebihan pria ini?
    masih tetap POLIGAMI? Hanya akan semakin “merampas” kesempatan bujangan pria lain untuk dapat menikah

    perkiraan dan kepercayaan selama ini “turun temurun” yang selalu jadi senjata bagi pria yang ngebet ingin berpoligami bahwa jumlah wanita jauh berlipat lipat di atas pria ternyata SALAH BESAR

    Hasil Sensus Penduduk 2010 berdasar jenis kelamin perpropinsi
    Kode, Provinsi, Laki-laki, Perempuan, Total Penduduk
    1 Aceh, 2 248 952, 2 245 458, 4 494 410
    2 Sumatera Utara, 6 483 354, 6 498 850, 12 982 204
    3 Sumatera Barat, 2 404 377, 2 442 532, 4 846 909
    4 Riau, 2 853 168, 2 685 199, 5 538 367
    5 Jambi, 1 581 110, 1 511 155, 3 092 265
    6 Sumatera Selatan, 3 792 647, 3 657 747, 7 450 394
    7 Bengkulu, 877 159, 838 359, 1 715 518
    8 Lampung, 3 916 622, 3 691 783, 7 608 405
    9 Bangka Belitung , 635 094, 588 202, 1 223 296
    10 Kepulauan Riau, 862 144, 817 019, 1 679 163
    11 DKI Jakarta, 4 870 938, 4 736 849, 9 607 787
    12 Jawa Barat, 21 907 040, 21 146 692, 43 053 732
    13 Jawa Tengah, 16 091 112, 16 291 545, 32 382 657
    14 DI Yogyakarta, 1 708 910, 1 748 581, 3 457 491
    15 Jawa Timur, 18 503 516, 18 973 241, 37 476 757
    16 Banten, 5 439 148, 5 193 018, 10 632 166
    17 Bali, 1 961 348, 1 929 409, 3 890 757
    18 Nusa Tenggara Barat, 2 183 646, 2 316 566, 4 500 212
    19 Nusa Tenggara Timur, 2 326 487, 2 357 340, 4 683 827
    20 Kalimantan Barat, 2 246 903, 2 149 080, 4 395 983
    21 Kalimantan Tengah, 1 153 743, 1 058 346, 2 212 089
    22 Kalimantan Selatan, 1 836 210, 1 790 406, 3 626 616
    23 Kalimantan Timur, 1 871 690, 1 681 453, 3 553 143
    24 Sulawesi Utara, 1 159 903, 1 110 693, 2 270 596
    25 Sulawesi Tengah, 1 350 844, 1 284 165, 2 635 009
    26 Sulawesi Selatan, 3 924 431, 4 110 345, 8 034 776
    27 Sulawesi Tenggara, 1 121 826, 1 110 760, 2 232 586
    28 Gorontalo, 521 914, 518 250, 1 040 164
    29 Sulawesi Barat, 581 526, 577 125, 1 158 651
    30 Maluku, 775 477, 758 029, 1 533 506
    31 Maluku Utara, 531 393, 506 694, 1 038 087
    32 Papua Barat, 402 398, 358 024, 760 422
    33 Papua, 1 505 883, 1 327 498, 2 833 381
    TOTAL, 119 630 913, 118 010 413, 237 641 326

    Wasslmkm wrwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. poligaminya bener ga? :P
      kalo dengan cara yang benar dan niat yang benar
      ketakutan yang kamu ucapkan itu hanyalah sebatas ketakutan belaka :D

      merampas kesempatan bujangan lainnya?
      tentu saja tidak, jodoh itu sudah ditakdirkan :P
      apakah kemudian ketika jumlah laki-laki lebih banyak, poligami lantas ga boleh?
      tentu saja tidak

      kenapa Rosul melarang? coba liat, itu hanya kasus kecil dari keumuman dibolehkannya poligami
      setiap yang general, pasti punya pengecualian
      dan hal itu wajar jika kamu paham kaidah alam ini

      ketakutan apa yang membuat kamu menolak poligami?
      ekonomi? bukankah rejeki udah diatur sebelum kamu lahir?
      psikologi? itu hanya perkara otak kamu saja :D
      buktinya wanita2 yang dipoligami enjoy2 aja :P
      kasih sayang pada anak2?
      itu juga tergantung tingkat pemahaman orang tuanya terhadap agama dalam membimbing anak :)

      serahkan semua pada Alloh, semua kalo dipikir sulit ya jadi sulit
      dan sebagai muslim yang baik, harus tunduk dan patuh pada perintah Alloh dan Rasul-Nya
      tidak mengharamkan yang halal, dan tidak menghalalkan yang haram

      saya rasa ini hanya permainan cara pandang saja
      nah biasanya juga ada saja orang yang membela pelacur, padahal jelas2 haram pelacuran
      dan biasanya orang yang membela pelacur sangat mencela poligami, yang katanya bikin cewek sakit hati
      sebenarnya mana yang bikin sakit hati sih? pelacur atau poligami?
      pelacur loh ga dinikahin (ga ada pertanggungjawaban), sedangkan poligami dinikahin (bukti tanggung jawab)

      Hapus
    2. yup...memang gak ada yang melarang atau menggugurkan hukum poligami dengan alasan apapun.

      Namun perlu diingat, tidak ada perintah dan larangan dalam poligami karena hukumnya mubah (boleh), bukan sunnah apalagi wajib. dalam arti dilaksanakan monggo, enggak juga sah-sah saja, selama semua syarat dan kondisi terpenuhi, serta tidak ada pihak yang terdzolimi.

      namun tentunya juga musti ditinjau lagi, di jaman sekarang, dengan kondisi sosial dan fakta demografi yang ada lebih banyak mana ya manfaat dan mudzorotnya dari poligami? sebagai catatan, kita semua tahu Allah SWT membenci kemudzorotan.

      Notes: mohon jangan digampangkan sisi psikologis anak, karena kondisi sosial jaman sekarang (yang tentunya berbeda dengan jaman Rosul), secara kajian psikologis, dampak poligami ortu bagi anak bisa disetarakan dengan dampak psikologis ketika ortu bercerai, walaupun iya tingkatan pengaruhnya beda2 pada setiap anak. Syukron

      Hapus
    3. "secara kajian psikologis, dampak poligami ortu bagi anak bisa disetarakan dengan dampak psikologis ketika ortu bercerai, walaupun iya tingkatan pengaruhnya beda2 pada setiap anak"

      itu pendapat yang ngaco banget, mana mungkin sama
      coba cek berapa variable yang kamu masukkan
      apakah dimasukkan variable tingkat pemahaman agamanya?

      "namun tentunya juga musti ditinjau lagi, di jaman sekarang, dengan kondisi sosial dan fakta demografi yang ada lebih banyak mana ya manfaat dan mudzorotnya dari poligami? sebagai catatan, kita semua tahu Allah SWT membenci kemudzorotan."

      manakah yang lebih tahu antara kamu dan Alloh?
      apakah kamu ga yakin bahwa syariat Islam ini relevan hingga akhir zaman?
      jika ga yakin, ya itu karena ketidakyakinan kamu aja, jadinya muncul kekhawatiran

      apakah kamu sudah mengadakan penelitian kepada orang2 yang sudah berpoligami?
      jangan2 kamu hanya mengambil sampel yang sedikit lalu melakukan generalisasi

      "yup...memang gak ada yang melarang atau menggugurkan hukum poligami dengan alasan apapun. "

      jadi apa yang mau diperdebatkan? bukankah kamu juga sepakat bahwa poligami itu mubah
      kenapa kamu salahkan orang yang mau poligami/dipoligami?
      itu kan terserah kemauan masing2
      bukankah setiap orang tahu tentang kebutuhannya sendiri2?

      Hapus
  25. sepertinya yang posting ini iri banget ya sama wanita, hehehe.. udah deh, kalau iri bilang aja ya.. wanita emang udah seharusnya seperti itu, karena wanita lebih lemah ketimbang pria, jadi sudah seharusnya pria ngalah banyak sama wanita.. yang lebih lemah emang udah seharusnya lebih egois, karena kalau tidak, yang lebih kuat bakal semena mena.. kalo soal poligami, ayo kita balik, misalnya aja ya, di dunia ini lebih banyak lakinya daripada wanitanya, masak para laki laki mau kalau istrinya punya banyak suami selain dia? jadi kesimpulannya, wanita memang seharusnya egois, dan itu enak nya jadi wanita.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain iri :P
      jadi cowok loh enak

      yang lemah harusnya egois? ga salah tuh? :P
      lelaki lebih banyak dari wanita? ga mungkin, hukum alam tak seperti kemauanmu :D

      kalo kamu wanita egois silakan :P
      ga ada yang ngelarang kug
      toh juga kamu nanti yang akan merasakan akibat dari keegoisanmu itu

      feel free :D

      Hapus