Persona Intikalia

7 Agt 2010

Solusi Bagi Anda Yang Ga Punya Guru


Setiap manusia pasti mempunyai hasrat untuk belajar. Baik itu belajar secara formal maupun informal. Baik itu berupa belajar dari hal yang bersifat akademis maupun nonakademis. Belajar adalah kebutuhan hidup. Tanpa belajar otak kita akan semakin menumpul kian hari.

Bagi diriku sendiri, belajar adalah suatu yang menyenangkan dan harus dikemas dengan sesuatu yang menyenangkan pula. Belajar dengan media yang membosankan hanya dapat membuat kita malas belajar. Blogging adalah salah satu media kita untuk belajar. Belajar menulis, belajar membaca, belajar menghargai, dan belajar hal lain yang sesungguhnya kita ga sadar akan itu.
Terinspirasi setelah diajak temanku pergi ke festival cosplay di sebuah Mall di Surabaya, aku teringat bahwa aku memiliki hasrat untuk bisa berbahasa Jepang, namun terpendam karena tak ada medianya. Les juga ga memungkinkan cz jadwal kuliah yang tak terduga. Cara lain yang bisa aku lakukan hanyalah belajar Bahasa Jepang Online lewat e-book yang banyak beredar di internet. Aku sudah mencoba itu namun kurang efektif.

Suatu saat teman kuliahku memberiku sebuah situs yang menyediakan bagi para pengguna internet yang ingin belajar banyak bahasa. Aku sendiri juga sekarang lagi menyelesaikan program 2000 kata Bahasa Jepang. Kesabaran adalah kunci dari itu semua. Belajar sedikit demi sedikit dan tak boleh diborong sekaligus dalam sehari karena itu hanya akan menyebabkan kebosanan.

Langsung saja kunjungi situs ini, smart.fm

Skrinsyut Program Japanese Core 2000: Step 1
Seperti yang telah saya tempel di atas, saya sedang menyelesaikan program itu. Mungkin dari teman-teman ada yang tertarik belajar di sana juga. Tanpa guru, menjadi pintar bukanlah mimpi. Tak hanya menyediakan bahasa Jepang saja, bahasa Arab, bahasa Jerman juga ada. Sekian yang bisa saya bagikan info yang saya miliki. Share to Care !!!

20 komentar:

  1. waah.. thanks udah sharing linknya.. semoga menjadi amal jariyah..

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya om Jhon, saya sudah lama di smart.fm, mungkin setahun lebih, tapi jarang aktif. Oh ya, postingan om yang sebelumnya saya ga sempat berkunjung karena sedang renovasi blog. Sekarang sekalian aja....

    BalasHapus
  3. Oh ya, blog saya yang satunya Seleb Pribumi, tapi sudah jarang update karena manajemen waktunya masih belum teratur.

    BalasHapus
  4. heheh ... makasi atas kunjungannya
    saya juga pengen renovasi blog tapi lagi malas

    BalasHapus
  5. Untuk stroke penulisan katakana, hiragana, dan kanji bila om Jhon perlu akan saya kasih linknya. Rencana juga sebetulnya di Dunia Muslimah mau posting tentang Jepun, tapi lihat saja nanti. Saat ini lagi konsen ke bahasa german, karena usaha keluarga di furniture khususnya rotan banyak ekspor ke jerman dan teman blogger juga ada beberapa dari jerman.

    BalasHapus
  6. saya tunggu kiriman linknya

    BalasHapus
  7. Untuk grammar dan conversation jepang agak mudah, sulitnya di kanji. Coba ke perpustakaan The Japan Foundation Jakarta, ada buku bagus belajar stroke kanji, buku ini di Indonesia gak ada, jadi bisa pinjam di perpustakaan Jepang lalu di copy aja. Judulnya Kanji For Everybody, Master 996 Basic Kanji in 9 Languages, author: Michio Nagamatsu.

    BalasHapus
  8. arigatou gozaimasu, ummiega-san :D

    BalasHapus
  9. Kalau tempat kursus jepang dulu saya pernah di Gakushudo, Jakarta. Pengajarnya native speaker. Tapi di luar jakarta saya ga tahu Gakushudo buka cabang gak.

    BalasHapus
  10. kayaknya belum
    di Surabaya masih berupa komunitas2 yang sepertinya kurang mendapat perhatian
    setahuku komunitas di Surabaya ada Ko-J-Tsu dan Mirai yang getol banget ama yang berbau Jepang
    Sabtu kemarin aku juga baru tahu kegiatan mereka dari festival cosplay di Mall deket rumahku :D

    BalasHapus
  11. terima kasih atas sharenya, bermanfaat untuk menmbah pengetahuan di bidang bahasa asing.

    BalasHapus
  12. Iya, om Jhon. Template ganti lagi. Cari suasana baru di bulan Romadhon. Nanti saya kirim linknya, jangan khawatir ya. Kenapa langganan via email ga dipasang?

    BalasHapus
  13. langganan e-mail ga aku pasang soalnya cuma buat blog ini tambah lemot ... toh siapa yang bakal langganan :D

    BalasHapus
  14. Minimal kan teman-teman dekat, oh ya... email baru saja terkirim.

    BalasHapus
  15. um ... gtu yah ... oke lah
    btw. untuk e-mailnya makasih ya um

    BalasHapus
  16. dengan metode-metode beLajar seperti ini diharapkan dapat menefesiensikan waktu, tenaga, dan biaya.

    BalasHapus
  17. penasaran saya, langsung deh saya kunjungi markaznya

    BalasHapus