Persona Intikalia

16 Sep 2010

Aku Blogger, Aku Bukan PSK

Terinspirasi dari sebuah film India yang berjudul My Name is Khan (I'm not Terrorist) dan juga terinspirasi dari sebuah entri dari blogger yang sudah ga aktif lagi di dunia maya. Terima kasih untuk Mas Anis yang sudah menginspirasiku. Aku Blogger, Aku Bukan PSK adalah judul entri kali ini. Sedikit ekstrem, bukankah begitu?

Di dalam dunia blogger, sering sekali terdapat konflik yang terkadang tak terselesaikan. Apatah penyebabnya? Menurutku sih itu karena salah satu dari blogger ada yang berpikir bahwa dia bisa puas dengan entri seseorang. Jika dia tidak puas dia akan mengolok-olok layaknya seseorang yang sudah menyewa PSK dan PSK tersebut ga dapat memuaskan hasratnya.

Aku Blogger, Aku Bukan PSK adalah teriakan para pembuat entri yang sering mendapat cibiran dari pengunjung yang sok senior yang sok master. Hahah ... yang tersinggung silakan tersinggung. Saya hanya menulis. Aku Blogger, Aku Bukan PSK, jadi ga bisa memuaskan seluruh pengunjung saya. Yang ga puas, ya maaf. Memang sih ini entri sedikit ekstrem, namun ini mewakili suara para blogger pemula yang mendapat cibiran mungkin karena hanya memiliki entri yang masih sedikit dan belum begitu bisa menarik perhatian para pembaca.

Wahai para blogger pemula, yang masih memiliki sedikit entri, janganlah berkecil hati. Saya lebih menghargai Anda jika Anda tidak copas. Tidak copas adalah suatu kebanggaan terbesar buat Anda sebagai blogger pemula. Mengapa begitu? Karena saya ketika menjadi blogger pemula kerjaannya banyak yang copas, jarang-jarang bikin entri yang original.

Wahai para blogger senior, mari kita jembatani blogger pemula dengan keramahan Anda. Mari berikan nasihat kepada para blogger pemula tentang pentingnya originalitas entri. Toh, kesenioran Anda tidak akan berkurang jika Anda memberikan petunjuk-petunjuk yang positif kepada para pemula ini. Ilmu itu untuk dibagi, bukan untuk disembunyikan.

Dan saya, apa hak saya untuk menyuarakan entri seekstrem ini? Tentu saja ini adalah hak saya, karena saya membuat entri di blog saya, bukan di blog Anda. Hahaha ... jadi ya sah-sah saja aku mau nulis apa. Bagaimana menurut Anda? Anda mau marah, ngritik, ngomen, silakan di bawah ini ;-)

8 komentar:

  1. Copas tidak selalu identik buruk om, semua blogger akan mengalami sa'at posting dengan karya sendiri dan ada sa'at dimana butuh copas. Kasus yang menimpa saya, beberapa kali dicopas di situs PSK, membuat saya malas posting karya sendiri. Hanya saja copas yang beretika menyebutkan nara sumbernya. Selamat pagi, selamat beraktifitas kembali.

    BalasHapus
  2. Betul juga, tapi copas alias reblog juga kalo banyak2 juga ga baik ... cz bakal kehilangan jatidiri blog itu. Kalo blog dicopas itu biasa, blog ku juga pernah dicopas di blog yang ga ada hubungannya sama materi di entri yang dicopas. Itu kan emang pake autogenerated content. Selamat pagi juga umm.

    BalasHapus
  3. secara enggak disengaja ataupun kebetuLan, semuanya atas dasar ridho Allah. koq biasaan yah, saya menerbitkan entri serupa tapi cara penyajiannya aja yg berbeda. manteb (pake B, yah), saLing bersinergi untuk mensupport sesama bLogger agar jgn angkuh ataupun minder dgn entri yg akan atau teLah diterbitkannya. karena semua bLogger adaLah sederajat.

    andai entri saya beLum terLanjur diterbitkan akan saya edit untuk review, diharapkan kedua pembaca entri ini bisa saLing memahami makna dari bLogwaLking yg bermanfaat.

    mengenai tuLisan yg di copas (dLm bahasa saya adaLah di bajak), saya mengaLami haL serupa yg sudah disampaikan Ummi Ega.

    kasus Lainnya (seteLah di cek pada situs tertentu) ada beberapa bLogger yg sudah membajak entri saya dan menerbitkan di entrinya, sempat saya tegur "koq tuLisannya mirip dgn entri saya yah?". beLiau menjawab "itu dari teman".
    tidak Lama berseLang, saya terbitkan entri mengenai "master bajakan", eh beberapa hari kemudian muncuLah oknum (anonim). entah itu adaLah beLiau (pembajak yg saya maksud) atau justru orang Lain yg merasa tersinggung. hehehe...

    BalasHapus
  4. um ... memang itu pesan moral yang ingin saya sampaikan om ...

    BalasHapus
  5. iyah Om, sebuah pesan memang tidak harus secara gambLang dipubLikasikan, biarLah pembaca dengan persepsinya masing2. dgn demikian maka kita bisa mengukur antara "pemberi" dan "penerima", sebagai saLah satu Langkah seLektif untuk mendapatkan rekanan yg memiLiki kesepahaman persepsi untuk bisa saLing berbagi daLam perkembangan antara sesama dunia bLogger.

    BalasHapus
  6. Waduh.. jangan..jangan samakaan. blogger dengaan PSK.. *nyanyi dangdut*. hehehee.. yaa kan motivasi blogging tiap orang beda-beda John, ada yang suka bikin puisi..ada juga pembaca yang nggak suka puisi.. *semoga nggak ada yang kesindir.hehehe*...

    #seruan blogger pemula#

    BalasHapus
  7. malah berdangdut ria nih Gaphe

    BalasHapus
  8. Blog walking memang cara yang alami untuk meingkatkan trafik dari blog kita

    BalasHapus