Persona Intikalia

14 Sep 2010

Manakah Gayamu?

Terinspirasi dari entri milik om rame yang berjudul Menulis Gaya Bebas, akhirnya saya juga ikutan menulis sebuah entri yang tidak jauh dari gaya menulis. Manakah Gayamu? Um ... itulah judul entri kali ini. Dalam entri kali ini saya sedikit mengulas dan memberikan sampel tentang gaya menulis para blogger. Penting ga penting, kalo diamati gaya menulis para blogger berbeda dan memiliki keunikan tersendiri yang nantinya bakal membuat entri yang dibuatnya memiliki keanehan.

Di bawah ini saya sedikit menyebutkan beberapa gaya menulis dan mencoba memberikan hipotesis sementara tentang gaya menulis tersebut.

I. Menulis dengan posisi duduk sempurna dengan jarak mata 30 cm di depan PC
Boleh jadi gaya di atas dilakukan oleh blogger yang biasanya membuat entri yang serius. Berisi motivasi-motivasi tentang kehidupan. Blogger yang seperti ini cenderung perfeksionis.

II. Menulis dengan posisi tengkurap sambil mendengarkan musik melalui laptop
Gaya ini dilakukan oleh blogger yang santai. Namun, hampir melakukan aktivitas blogging setiap hari. Mengapa begitu? Karena blogger yang seperti ini relatif nganggur.

III. Menulis dengan posisi telentang dengan laptop ditaruh sedemikian rupa, pokoknya bisa buat ngetik
Blogger yang seperti bisa dibilang addict dengan dunia blogging dan sedikit ekstrem. Biasanya dilakukan ketika kejar setoran entri namun keadaannya lagi ga memungkinkan hingga harus melakukan hal yang seperti itu.

IV. Menulis dengan posisi duduk di atas closed dengan laptop di pangkuannya
Ini lebih parah tingkatannya dibanding blogger yang nomor III, karena ini sudah terlanjur asik dengan blogging dan melupakan segalanya. Berpikir bahwa sambil BAB pun kita bisa terus berkarya, hehehe :D

V. Menulis dengan duduk nyaman dibarengi dengan camilan dan minuman hangat
Blogger yang seperti ini mengejar kenyamanan blogging. Blogger ini biasanya sering berubah mood alias moody. Jika ia ga menemukan kenyamanan, entrinya bakal ga karuan.

VI. Menulis sambil marah-marah dan memukul-mukul keyboard
Blogger yang seperti ini biasanya berada di warnet yang fasilitasnya kurang memuaskan. Bisa saja karena salah satu huruf pada keyboardnya ga bisa ditombol kecuali dipukul dengan keras. Hahaha :D

VII. Menulis sambil garuk-garuk kepala
Blogger yang seperti ini biasanya lagi buntu ide atau kesulitan membuat permulaan entri yang cocok. Biasanya ini dilakukan oleh blogger pemula atau blogger yang lagi punya banyak masalah hidup sehingga cepat lupa tentang apa yang barusan ia mendapatkan sebuah ide.

VIII. Menulis dengan hanya menggunakan Ctrl. C dan Ctrl. V
Blogger yang seperti ini biasanya blogger pemula. Terkadang juga bisa dilakukan ketika buntu ide namun harus kejar setoran. Yang parahnya lagi jika menulis yang seperti ini terus dilakukan bisa-bisa blogger tersebut mendapat julakan blogger plagiat.

Kayaknya delapan itu dulu aja sudah cukup, kalo mau nambahin juga silakan saja komentar di bawah yang sudah disediakan.

15 komentar:

  1. saya enggak mau nambahin Om, cuma mau ngakak aja. hakhakhak...

    kiranya (mungkin) iniLah saLah satu manfaat bLogwaLking, bisa menambah inspirasi untuk memancing inspirasi. biasanya haL seperti ini diLakukan oLeh bLogger santai, yakni yg enggak suka Loncat2. sedikit teman tapi berarti, dari pada banyak teman cuma untuk hura2.

    baru2 ini saya insyaf mengikuti gaya bLogging Om John, sehingga daLam menjaLankan aktifitas bLogging jadi Lebih santai dan bermakna. tidak jarang beberapa inspirasi tuLisan saya berasaL dari aktifitas bLogwaLking seperti ini (termasuk di bLog ini). dgn santai tapi terarah dan puLangnya bisa bawa oLeh2 untuk digunakan sebagai inspirasi update. sehingga kedua beLah pihak saLing meLengkapi satu sama Lainnya. seperti haL pd tuLisan ini, tuLisan ini Lebih Lengkap dari apa yg saya sampaikan. manteb (pake B).

    trims Om sudah bisa membuat saya bisa tertawa Lebih Lepas sampe muLes berdecak kagum, saya kaLah saing nih dan jadi Lebih tertantang untuk memperbaiki kuaLitas tuLisan agar Lebih menarik Lagi untuk di simak pengunjung.

    BalasHapus
  2. bener om ... memang ini salah satu manfaat dari blogwalking, menambah inspirasi menulis ...
    saya berterima kasih kepada om rame yang udah menginspirasi diriku yang awalnya punya ide lain tapi akhirnya prefer ke ide hasil blogwalking di blognya om rame :D

    BalasHapus
  3. saya sepaham dgn apa yg Om John sampaikan, kita sebagai mahLuk sosiaL akan saLing membutuhkan. sebagai contoh daLam tradisi bLogwaLking ini.

    nah, inspirasi awaLnya kenapa enggak dituangin aja Om. mana tau bisa memancing inspirasi, khususnya bagi saya dan umumnya bagi pemnaca Lainnya. kiranya itu Lebih bermanfaat untuk saLing mendukung antara sesama bLogger, dari pada dibataLkan. kecuaLi kaLo entri mengenai teknoLogi, nyerah deh saya. harap makLum, hakhakhak...

    BalasHapus
  4. bener banget om ... memang kita harus saling berbagi
    namun, kayaknya inspirasi itu buat entri selanjutnya (besuk saja)
    mengingat saya punya aturan kalo ga boleh ngepost 2 kali dalam sehari
    karena akan menyebabkan beban tersendiri :D

    BalasHapus
  5. gayaku... hmmm????? kurang lebih kaya di blog (baruku) ini bimacx.wordpress.com. hehe

    BalasHapus
  6. beban untuk seLaLu memonitor moderasi komentar yah Om, enggak enak kaLau enggak terjawab dgn segera.
    saya tunggu Om kabar baiknya, untuk entri berikutnya.

    BalasHapus
  7. yang harus di hindari yang ini:

    Menulis dengan hanya menggunakan Ctrl. C dan Ctrl. V

    Tutorku banyak yang kopas dan ga di beri linkback,, hiks, hiks ,hiks

    BalasHapus
  8. yang saya lakukan sekarang ini adalah gaya menulis yang kedua... hahaha.. maklum, gak ada meja

    BalasHapus
  9. hahah ... sama, aku juga lagi melakukan yang nomor 2 gaphe

    BalasHapus
  10. Saya tergantung mood hati dan suasana sekitarnya. Yang jelas tidak hanya satu gaya. Ma'af om, baru bisa berkunjung, inipun jam 2 malam. Tadi siang sudah nulis komen di posting om Jhon goes to surabaya, eh komen dah ditulis ada gangguan teknis.

    BalasHapus
  11. good info,,,menulispun ada gayanya mungkin tergantung topiknya,,,good luck friends

    BalasHapus
  12. @ummiega: ehehe .. ga masalah umm, memang gangguan teknis itu sering terjadi :D

    BalasHapus
  13. paling sering sih yang no 5...

    yang no. 6 kalo ada yang gangguin... lagi asyik ngeblog digangguin.

    dan yang no. 7 juga sering... mo nulis, eh lupa apa yang ditulis.. hahahahah!!!

    BalasHapus
  14. kalo saya kombinasi dari nomor satu dan nomor lima :D

    btw sekarang aku pakai Firefox beta 4, lebih cepat dari chrome, aku memasang FF beta 4 melalui plugin foxtester di FF 3.6.9 (default)

    BalasHapus
  15. @waroeng-ubuntu: saya prefer ke safari daripada browser lainnya, karena udah menemukan titik kecocokan :D

    BalasHapus