Persona Intikalia

17 Sep 2010

Pentingnya Backlink Apa Sih?

Backlink? Apa itu? Backlink adalah menaruh balik link pada blog. Masih ga paham yah? Begini, backlink itu ketika kamu memasang link blog lain dan kamu meminta blog tadi untuk memasang link ke blog kamu di blognya dia tadi. Intinya tukeran link. Buat apa ngelakuin kayak gitu?

Menurut rumor SEO sih katanya sih bisa membuat blog mu bisa populer di mata Google. Kug bisa? Memang secara ga langsung saya mengetahui ini dari senior saya yang udah lama ngeblog tapi ga seaktif saya yang masih baru ngeblog ini. Google akan melirik link-link yang terkait di blog yang Page Ranknya udah tinggi. Kerja Google itu semacam masuk dari pintu ke pintu. Google hanya tertarik pada blog yang unik dan memiliki banyak pengunjung. Ketika mengunjungi blog itu si Google melihat update dari blog itu. Google juga bakal mengunjungi link yang ada di blog itu. Jadi, jika link ke blog kita berada pada blog yang PR (Page Rank) nya tinggi, kemungkinan besar Google juga akan rajin ke blog kita dan memperhitungkan keeksisan blog kita.

Blog Anda belum kebacklink ke blog yang punya PR tinggi? Segera lakukan backlink. Namun, biasanya blog yang udah PR tinggi jarang-jarang mau backlink karena memang kesibukan yang menggila. Karena udah punya teman BW (BlogWalking) yang banyak, jadi hampir ga sempat memperhatikan teman baru. Karena biasanya teman baru itu hanya meninggalkan jejak saja tanpa mau kembali lagi. Maka, untuk membuat blogger itu percaya kepada Anda dan melakukan backlink, ya salah satu caranya Anda harus sering BW ke blog itu dan melakukan komen yang baik, jangan menyampah.

Jika Anda blogger pemula, backlink itu sangat penting, seenggaknya biar blog Anda lebih cepat terindeks oleh Google. Bagaimana cara mengetahui blog kamu sudah terindeks? Silakan kunjungi postinganku sebelumnya, klik di sini. Dan bagaimana mengukur blog Anda sudah dibacklink oleh siapa saja? Silakan kunjungi postinganku sebelumnya juga, klik di sini. Jika Anda pengunjung setia blog ini pasti tahu hal itu sebelumnya, bagaimana mengukur backlink dan indeks yang dilakukan oleh Google.

Mungkin hanya itu saja yang bisa aku sampaikan di entri ini, kurang lebihnya bisa Anda lengkapi di komentar :D

19 komentar:

  1. mhh...jd sebenernya ini ya gunanya backlink..hihi..
    selama ini, aku hanya tau diajak tukeran doang..dan blm tau kegunaannya...
    trus akhirnya hanya satu dua saja yg aku ajak tukeran, krn aku suka sm blognya...:) dan, itupun aku blom ngeuh bener..hehehe..

    *mmhhh blognya cantik mas...:)

    BalasHapus
  2. Selain backlink, rasanya kita harus teratur mengupdate dan bw. Oktober tahun lalu, baru dua bulan ngeblog PR saya sudah 3, Januari menjadi 4, tapi karena kesibukan blog kurang terurus, PR kembali ke 0 lagi pada bulan April. Pada waktu itu Alexa rank sudah 250 ribuan. Bulan Mei PR-nya naik jadi 3 dan Alexa rank terus melorot sebelum lebaran kemarin 365 ribuan.

    Linknya sudah terpasang di http://abdaz.wordpress.com/links/

    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. @windflower: makasih atas kunjungannya, blognya emang cantik, tapi yang punya ga cantik cz laki2 :D

    @abdul aziz: makasih atas pemasangan linknya, saya sudah backlink Anda om :D

    BalasHapus
  4. Hehe...

    Saya masih 17 tahun bang...
    PAnggil Aul aja...
    Nggak enak dipanggil Om...

    Ntar dikira Om-Om...
    Hoho...

    BalasHapus
  5. @Aulś Home: hahah ... gapapa lah, biasanya kan emang gtu om ... :D

    BalasHapus
  6. sob , minta tips nya supaya blog yang ber page rank tinggi ngasih backlink ke blog kita. .
    biasanya kn agak susah klo minta backlink nya. .
    :)

    BalasHapus
  7. @atha andriana: hahah ... itu tips yang sulit om ... cz itu menyangkut psikologis masing2 blogger dan keegoan setiap individu :D

    BalasHapus
  8. saya udah kecoLongan entri nih, tadinya juga mau mengungkap haL yg sama mengenai peLurusan maksud dari tuker guLing. tapi udah di bahas duLuan disini.

    daLam persepsi saya, tuker guLing cuma untuk mempermudah mengunjungi sebuah bLog (teman). haL Lainnya untuk tujuan backLink masih dipertanyakan keabsahannya, karena banyak tuh guLing saya yg nganggur cuma berat2in Load ada. pingin dibongkar takut yg punya guLing pada marah. karena untuk menyimpan guLing spesiaL saya sudah punya tempat tersendiri dan tersusun rapi di hardisk dan fLashdisk.
    saya sepaham dgn komentar yg bermutu bisa mendapatkan backLink dari situ, karena haL itu pernah menjadi bahan eksperimen saya sampai sekarang (berupaya memberikan komentar yg bermutu). tidak jarang komentar2 saya banyak nyangkut di konten bLog Lain saat saya cek di googLing search.

    pada dasarnya kaLo cuma bLog personaL dan enggak menghasiLkan uang buat apa yah nguber2 begonoan. hihihi...

    BalasHapus
  9. bener juga sih om ... tuker link kalo buat blog personal kayaknya ga ngaruh yah, kecuali "GENGSI" ... hehehe :D

    BalasHapus
  10. Lah iyah Om, kaLo cuma mau siLaturahim2 aja enggak kudu tuker guLing juga bisa diLakonin koq, banyak jaLan untuk menyimpan guLing.
    faktanya, hanya 10 persen guLing bLog di sidebar saya yg adminnya aktif. seLebihnya enggak tau pada kemana. tapi saya perhatikan bLognya masih pada update entri dan jejaknya terLihat banyak di bLog2 Lain.
    nah kaLo saya kunjungi mereka, baruLah mereka pada muncuL ke bLog saya (itupun cuma setor muka aja) tapi kaLo saya gak kunjung yah mereka pada cuek bebek, padahaL saya beLum pernah minta yg namanya tuker guLing. jadi seoLah kunjung mengunjung harus pake undangan. hakhakhak...

    mengenai guLing yg ada diheader itu memang guLing spesiaL, karena saya enggak bisa dakwah jadi cuma bisa kasih fasiLitas dakwahnya aja. kaLi aja dgn begitu bisa ikutan kecepretan pahaLanya dari Ummi Ega.

    BalasHapus
  11. hhaha ... itu memang fakta yang terjadi om ... saya juga memaklumi hal yang demikian, semakin banyak teman maka semakin banyak pula beban ingatan dan beban BW, jadi kadang2 ada yang kelupaan :D

    BalasHapus
  12. sejujurnya saya sampai sekarang suka kebingungan untuk cari aLasan noLak tawaran tukar guLing, kecuaLi ada bLogger yg secara diam2 udah pasang guLing saya baruLah saya sikapi guLingnya beLiaupun saya pasang di sidebar. karena haL itu berdasarkan keinginannya sendiri tanpa mengajukan tawaran, maka saya hargai usahanya beLiau.

    padahaL yg Lbh spesiaL adaLah tanpa saya memajang guLing sebuah bLog di sidebar tapi saya tetap bisa terus mengunjungi bLog tsb, tanpa memikirkan yg bersangkutan mau mengunjungi baLik atau tidak. rupanya carut-marut makna tukar guLing itu udah meLuas ke berbagai kaLangan bLog personaL, aLhasiL kaLau saya niLai cuma ikut2an aja biar dapet backLink (katanya).

    yah ituLah Om faktanya, suLit untuk di ungkapkan dgn kata2. hakhakhak...

    BalasHapus
  13. hahhah ... itulah dilema om :D

    BalasHapus
  14. Memang pernah baca kalau memasang link yang ber-PR tinggi ke blog kita akan menambah PR kita.Tapi jarang mendapat respon dari blog yang PR tinggi tersebut.Sebanrnya apa sich manfaat PR tinggi?Saya juga masih bingung membedakan komentar yang berbobot dengan yang tidak.

    BalasHapus
  15. jelas ada pengaruhnya jika backlick dengan blog PR tinggi, salah satunya adalah blog Anda bisa dengan mudah terdeteksi oleh Google ketika pengguna sedang melakukan pencarian.

    btw. komentar yang berbobot adalah komentar yang berhubungan dengan entri yang sedang dibahas dan efektif :D

    BalasHapus
  16. mmhhh..PR tinggi? pengin juga.Nah,kalao memasang link yang berada didepan (wifget di sidebar) atau halaman page sendiri mana yang baik?

    BalasHapus
  17. itu terserah Anda, ada beberapa pertimbangan;
    jika linknya berjumlah sedikit sekitar 5 link saja, maka dianjurkan untuk ditaruh di sidebar, karena itu mempengaruhi pencarian di Google
    namun, jika link berjumlah banyak, maka lebih baik ditaruh di page sendiri, dilihat dari segi penampilan kurang menarik jika sidebar lebih panjang daripada main page-nya, namun itu terserah pengguna masing2

    BalasHapus
  18. jadi lebih paham ni maslah backlink,thks infonya gan

    BalasHapus