Persona Intikalia

26 Okt 2010

Menanam Bukan Untuk Diri Sendiri

Suatu hari seorang Blogger ditanya oleh seseorang. "Ngapain kamu ngeblog?". Si Blogger menjawab, "Mencari dan memberikan kesenangan". "Kamu dapat uang dari ngeblog?". "Ya ga sih, aku 'kan ngeblog cuma buat senang-senang aja dan membagikan ilmu yang sudah aku ketahui", jawab si Blogger. "Hah ... kurang kerjaan banget loe!", seseorang itu dengan memicingkan mata pada si Blogger.



Kisah di atas pernah aku alami sendiri. Bagaimana dengan Anda yang notabene seorang blogger yang bergerak di bidang society bukan ngeblog dengan tendensi money. Sesekali picingan seperti di atas kerap kali menerpa. Karena yang berpikir begitu adalah tipe orang yang hanya memikirkan untuk dirinya sendiri. Orang yang seperti ini hanya ingin memanfaatkan saja dan tidak ingin menjadi bermanfaat bagi orang lain. Bukankah ilmu itu milik banyak orang dan tidak untuk dipendam sendiri.

Oke-oke ... keuntungan yang bakal kita dapatkan dengan ngeblog sungguh tak terduga. Aku banyak menemukan keuntungan-keuntungan lewat ngeblog dan benar-benar aku mengangguk-angguk. Ternyata banyak hal yang aku dapatkan dari ngeblog. Ilmu, kesenangan, tawa, peringatan, dan koreksi diri tentunya. Ada nilai-nilai yang tidak dipahami oleh seorang nonblogger. So, ngeblog terus, asal bermanfaat!

10 komentar:

  1. kalo gw cuma buat bagi-bagi cerita aja sih. berarti ga bermanfaat ya. ghehehe. ah, udahlah, yang penting yang ngebaca seneng, gw juga ikut seneng. :)

    BalasHapus
  2. ngeblog so pasti bermanfaat, soal uang itu urusan orang miskin sedang ngeblog wilayahnya orang kaya. kaya kan nggak mesti banyak uang, dan miskin nggak mesti nggak punya uang. juga haram hukumnya menjual ilmu.

    BalasHapus
  3. Saya juga berprinsip sama bro, meski ngga membantah juga nanti2nya bakal ada monetasi :D Yg penting skarang share aja hal2 yg bermanfaat dan asik.

    Oya, ada kejadian menarik juga. Pernah saya review buku salah satu penulis, dan saya betul2 ngga mengharapkan apa2, hanya sharing saja, titik. Ngga taunya penulis itu tau dan ngirim buku edisi lanjutannya ke rumah :D. Pernah saya posting di blog saya (http://indonesianer.blogspot.com/2010/07/surprise-dari-goodreads.html), sory klo dianggap spam hapus aja komentar ini oks.

    Intinya, ngeblog itu pasti ada manfaatnya bagi kita, entah secara langsung maupun tidak, dan itu bukan melulu tentang uang.

    Ada yg menambahkan? :)

    BalasHapus
  4. @all: banyak hal yang bisa didapatkan seperti yang udah agan2 sebutkan di atas

    BalasHapus
  5. haL yang sama pernah saya aLami, saat saya menjawab di baLas dengan nada sinis. saya tidak menanggapinya hanya diam, tetapi saya Lakukan review. LaLu Linknya, saya kirimkan ke pesan meLaLui facebooknya dan SMS.
    seteLah itu, kaLau beLiau ketemu saya enggak pernah mau bahas itu Lagi :D

    BalasHapus
  6. wekekek ... gitu yah om :D
    ane malah berhasil mempengaruhi dia sampe juga bikin blog :D

    BalasHapus
  7. untuk mempengaruhi sampai sejauh itu, beLum bisa saya Lakukan. tapi paLing tidak ia sudah mengakui manfaat dan keLebihan dari bLog yang seLama ini diremehkannya, dibanding dengan mainan2 yang biasa ia gunakan.

    BalasHapus
  8. haha ... ga mungkin lah dia mengakui kekurangannya sendiri :D

    BalasHapus
  9. biarpun enggak dikatakan tapi dengan diamnya sudah bisa menjawab pengakuan itu :D

    BalasHapus