Persona Intikalia

6 Nov 2010

Blog Walking = Home Schooling

Di malam minggu ini saya berpikir dalam otakku tentang konsep belajar yang efektif dan berimajinasi fenomena-fenomena yang bakal terjadi di masa mendatang. Istilah blogwalking yang sudah lama dikenal atau alias keliling kunjungan blog teman sepertinya secara tidak langsung juga melakukan home schooling secara diam-diam.

Home schooling model yang seperti ini harganya sangat murah karena hanya sebatas harga koneksi internet dan yang dibutuhkan hanya PC dan modem yang bisa terkoneksi dengan dunia maya. Mungkin ada di antara pengunjung yang masih belum tahu home schooling itu apa, silakan googling dulu, hehehe.

Intinya home schooling itu kegiatan belajar mengajar di rumah. Um ...  bukankah bagi seorang 'hikikomori' blogwalking sering dilakukan di dalam kamarnya saja. Hikikomori? Istilah apa lagi itu? Coba saja agan googling dulu, wekeke (istilah baru yang seenggaknya agan juga tahu). Hikikomori itu sebutan bagi seorang yang hidupnya di habiskan di dalam kamarnya.

Dalam sebuah imajinasiku, nanti, mungkin 20 tahun lagi akan datang sebuah masa di mana silaturahmi dan belajar tidak lagi terjadi dengan interaksi fisik langsung. Akan datang sebuah masa di mana silaturahmi hanya dilakukan di dunia maya. Kehidupan yang sungguh membuat seseorang malas bergerak karena fasilitas yang memadahi untuk membuat seorang malas keluar rumah. Bayangkan saja betapa ngerinya. Tapi bagiku itu akan mengasyikkan. Bagaimana menurut agan?

17 komentar:

  1. tapi tetap saja, kita harus ada pegangan alias kurikulum supaya materinya tidak lari2.. :)

    BalasHapus
  2. hahah ... betul juga
    tapi mengingat kurikulum pendidikan Indonesia yang juga lari2 ... ahaha, kayaknya ga perlu2 amat :D

    BalasHapus
  3. emank paling seru di kamar dengan laptop dan modem haha, sekarang aja sms dah ga guna

    BalasHapus
  4. hahah ... itulah yang sering aku dan temanku lakukan nyan

    BalasHapus
  5. hu'uh, khidupan dunia maya tu lebih enak om .. smua teman ku begitu smua, sms udah tak jaman hehe

    BalasHapus
  6. begitulah ... sepertinya persahabatan di dunia maya itu enak sekali
    jarang ada konflik :D

    BalasHapus
  7. betulbetulbetul omm .. i agree with you dahh :D

    BalasHapus
  8. Jangan2 saya termasuk yang hikikomori itu. Soalnya, saya menghabiskan sebagian besar waktu saya di kamar kosan. Jarang keluar.

    Tapi, jujur saja, tidak ada yang mengalahkan interaksi fisik. Bertemu orang lain secara langsung, bersalaman, atau hanya sekedar bertatap muka, rasanya jauh lebih menyenangkan ketimbang lewat maya. Yah, setidaknya ini menurut saya sih. :D

    BalasHapus
  9. wekek ... cek aja ke dokter, apakah agan termasuk hikikomori :D
    emang sih secara fitrah lebih nyaman interaksi langsung daripada lewat dunia maya :)

    BalasHapus
  10. kaLo sekarang, kebanyakan orang berbadan besar dan berkepaLa keciL. bisa jadi beberapa puLuh tahun ke depan, berbadan keciL tapi berkepaLa besar. bukan besar kepaLa.

    BalasHapus
  11. maksudnya om, aliean? wekeke :D

    BalasHapus
  12. wekekek ... ada2 saja nih om :P

    BalasHapus
  13. waduh berarti gue tergantung hikikomori juga dungs. serem juga tuh kalau semua orang mendekam di kamar masing-masing.

    btw yang dibilangin om rame ada bener juga tuh.... otot kita kan berkembang sesuai aktifitas. sementara manusia modern lebih banyak melakukan aktifitas fisik dengan otaknya, otot yang lain ga dipakae (iye-iye gue tw lu make otot tertentu juga, hehe).

    intinya si....dengan gaya hidup sekarang dan perkembangan teknologi sesuai ramalan loe mengenai homeschooling ntu, bukannya ga mungkin kelak spesies kita punya kepala yang super gede. (mulai deh pidato/penyakit lama neh. sorri)

    BalasHapus
  14. gue dah negtik komen panjang bgt but ga muncul
    T_T,,,

    BalasHapus
  15. tuh udah keluar ... memang harus dimoderasi dulu bang cz postingannya udah lebih dari 14 hari :P

    BalasHapus