Persona Intikalia

10 Jan 2011

Dorama Review: Tsuki no Koibito a.k.a Moon Lovers

Tsuki no Koibito ( 月の恋人 ) a.k.a Moon Lovers adalah yang saya rekomendasikan untuk kamu. Ceritanya cukup rumit, namun penuh pesan moral di dalam dorama ini. Dorama ini bercerita tentang seorang lulusan sarjana dari bidang seni khususnya furnitur yang merintis usaha hingga sukses. Nama perusahaan itu adalah Regolith (yang berarti berkas cahaya bulan) Tokoh utama tersebut diperankan oleh Kimura Takuya sebagai Hazuki Rensuke.

月の恋人 - Moon Lovers
Hazuki Rensuke menampilkan watak yang keras kepala namun apa yang ia inginkan adalah sebuah kebaikan bagi orang yang ada di sekitarnya. Rensuke, dalam dorama ini, adalah sebuah sosok yang menjadi idaman setiap wanita. Di dalam cerita ini, Rensuke disukai oleh tiga orang perempuan. Ninomiya Maemi (teman sejak kuliah), Liu Xiu Mei (seorang model yang dulunya hanya pegawai pabrik), dan Onuki Yuzuki (seorang anak pengusaha pesaing Regolith yang juga sebagai model) adalah perempuan yang menyukai Rensuke.

Lin Chi Ling as Liu Xiu Mei
Pada awal mulanya Rensuke menggunakan Onuki Yuzuki untuk mengembangkan usahanya dan menyebar gosip di entertainment tentang kedekatannya dengan Yuzuki. Rensuke berpikir dengan cara ini Regolith bisa menyaingi perusahaan furnitur nomor satu di Jepang milik ayah Yuzuki. Namun, setelah Regolith besar, Rensuke melupakannya - sedangkan Yuzuki sangat tergila-gila dengan Rensuke. Rensuke termasuk pria yang baik, karena selama tak pernah menyentuh Yuzuki sekalipun.


Kitagawa Keiko as Onuki Yuzuki
Konflik mulai muncul ketika Rensuke bertemu dengan Liu Xiu Mei yang awalnya hanyalah seorang buruh di pabrik yang sudah dibeli oleh Regolith untuk dijadikan cabang di Shanghai. Rensuke awalnya menggunakan Liu Xiu Mei hanya sebagai peredam ketegangan yang terjadi di Shanghai akibat banyaknya buruh yang dipecat setelah pabrik itu dibeli oleh Regolith. Namun, lama-kelamaan Rensuke jatuh hati dengan Liu Xiu Mei. Percintaannya dengan Liu Xiu Mei sungguh membuat Rensuke lelah. Mulai dari permintaan Liu Xiu Mei yang menginginkan kedua orang tuanya dibiayai. Selain itu, Liu Xiu Mei juga menginginkan Rensuke membantu semua orang yang dipecat di Shanghai.

Shinohara Ryoko as Ninomiya Maemi
Tak hanya itu, konflik muncul lagi ketika ada pemberontakan dari Sai Kazami, wakil dari Rensuke. Pemberotakan itu berjalan rapi hingga Rensuke menyadari bahwa ada orang dalam yang sedang melakukan pemberontakan, ternyata wakilnya sendiri. Regolith semakin berat ketika terjadi kecelakaan pada salah satu produk Regolith yang akhirnya berdampak pada penjualan yang menurun. Keadaan Regolith semakin memanas hingga akhirnya Rensuke pun lengser dari jabatannya sebagai Presiden Regolith. Di saat yang seperti itu, Liu Xiu Mei malah menghilang. Hal ini membuat suasana hati Rensuke makin kacau.

Kimura Takuya as Hazuki Rensuke
Untuk mengatasi hatinya yang galau, Rensuke melakukan perjalanan ke kampus tempat kuliahnya dahulu. Tak ia sadari, Maemi, seorang teman kuliah Rensuke yang mati-matian bekerja menjadi bawahannya karena cintanya pada Rensuke, menyusul Rensuke yang pergi ke kampus. Nostalgia lama mulai terbentuk. Rensuke tak kunjung merasakan gelagat Maemi yang suka padanya. Hingga Maemi sendiri yang menyatakan cinta kepada Rensuke. Rensuke hanya diam tak menjawabnya. Di sisi lain, Yuzuki, sudah menyerah untuk menaklukkan hati Rensuke dan memutuskan hanya menjadi adek kecil yang selalu di samping Rensuke.

Regolith kini dipimpin oleh Kazami, wakil presiden Regolith dulunya. Tiba-tiba Liu Xiu Mei datang lagi ke Regolith dan menjadi model produk Regolith. Rensuke masih menyukai Liu Xiu Mei tapi dia tidak bisa merubah tabiatnya. Hingga suatu saat Liu Xiu Mei datang ke Rensuke lalu mengutarakan perasaannya yang suka dengan Rensuke, namun tak mendapatkan respon positif dari Rensuke. Akhirnya Liu Xiu Mei memutuskan untuk kembali ke Shanghai. Di bandara, Rensuke mengantar kepergian Liu Xiu Mei berharap agar tidak pergi, namun Rensuke gagal mencegahnya pergi. Setelah itu, Rensuke pergi ke tempat kerja Maemi. Di sana Rensuke menyatakan cintanya pada Maemi. Maemi menunggu hal ini datang hingga 15 tahun lamanya. Kemudian keduanya menikah. Hanya Maemi yang mengerti keinginan Rensuke.

Tak hanya itu, dorama ini memiliki beberapa punch line yang menurutku unik. Punch line yang aku suka ketika tebak-tebakan empat koin yang disusun menyerupai persegi. Awalnya di episode awal-awal empat koin itu dianalogikan seperti laba-laba air. Namun di akhir cerita, teka-teki itu diungkap, empat koin itu sebenarnya adalah lambang "LOVE". Selain itu, di sana juga ada kalimat "Aku tidak mungkin menolong semua orang miskin di dunia ini, jumlah mereka terlalu banyak". Kalimat itu memang benar. Tak mungkin kita mengubah sesuatu yang besar hanya dengan seorang saja. Kita butuh banyak orang. Intinya kita tak mungkin mengubah negeri kita yang kocar-kacir ini dengan tanpa orang lain yang ikut mendukung.

19 komentar:

  1. Hem... klo baca reviewnya kayanya ini Film yang mesti ditonton Sob... cuma yg mau aku tanya ini Drama seri atau Film Bioskop ya???

    Semangat N happy blogging :P

    BalasHapus
  2. punya VCDNya John?.. minjem donk.. pengen liat yang bening-bening niiih

    BalasHapus
  3. @Ferdinand: itu drama seri om ... baru keluar tahun 2010 kemarin :D

    @Gaphe: nanti aja pas kopdar, om bawa laptop, nanti saya copy kan :D

    BalasHapus
  4. Wah, udah lama gak nonton film. Apalagi di bioskop. Terakhir nonton Sang Pencerah.

    Tapi usahanya buat mereview film oke juga, siapa tahu ntar sekolah ke Jepang kayak adikku sekarang...

    BalasHapus
  5. pengennya sih nanti ke Jepang ... tapi ga tahu lagi kesampaian atau ga nya :P

    BalasHapus
  6. kalau saiia pribadi kang.. pasti langsung buru2 cari yg lain jika harus berhadapan sama visualisasi2 seperti yang akangnya riview :( gpp kan kang!?!! :(

    BalasHapus
  7. maksudnya? saya kurang paham maksud om genial :D

    BalasHapus
  8. hmm.. kayaknya bagus juga...
    thx ya reviewnya...

    salam kenal :)

    BalasHapus
  9. Owg Drama seri toh haha... OK klo gitu langsung ke lapak bajakan buat nyari Tsuki hhe... soalnya klo beli ori bisa lebih dari 5 DVD nie.. klo Bajakan kan udah nyatu sampe ending... Makasih ya Sob.. :P

    aku pamit dlu.. semangat n happy blogging :P

    BalasHapus
  10. boleh dilihatin di youtube apa ngga drama ini sob...

    BalasHapus
  11. waah dah bisa di donlot ga sih? lagi jenuh sama film hollywood...

    BalasHapus
  12. @biskut: coba cari aja di YouTube mungkin ada :D

    @Huda Tula: kurang tahu, aku bisa sih download di Indowebster :)

    BalasHapus
  13. maksudnya... gag suka sama pilem yg di maenin sama pemeran2 bermata sipit itu kang :(

    BalasHapus
  14. @genial: ouw .. begitu yah :D
    gapapa kug :)

    @biskut: hehehe ... aku punya, tapi ukurannya bergiga-giga, kalo kopdar baru bisa aku kasih, kan ga mungkin aku upload segitu besarnya :D

    BalasHapus