Persona Intikalia

12 Jan 2011

Keasyikan Blogging, Lupa Facebook

Di saat panas-panasnya rumor mengenai Facebook bakal gulung-gulung di Maret 2011 nanti, saya tenang-tenang saja bagaimana tidur di tengah sawah yang sedang dilanda hujan deras. Apakah ini yang disebut dengan blogging effect. Rasanya tidak ada kekhawatiran lagi kalau Facebook benar-benar tutup.

Segaris dengan itu, saya juga merasa bingung apa yang harus lakukan di Facebook. Awalnya sih ga sebegitu ngerasa. Tapi lama-kelamaan aku merasa muak dengan Facebook. Hal ini disebabkan status di Facebook ga lagi berada di samping nama. Tampilannya yang sekarang bikin bete.

Tak hanya itu, mencari teman-teman dunia nyata di Facebook juga semakin sulit. Hal ini karena adanya sindrom alay di Facebook. Masa nama saja dialay-alaykan kayak "Shita Shikodogk Ngokngokngok", hah ... bikin bete banget gitu loh *mengibaskan selendang. Apalagi ketika aku mau ganti nama Facebook ku ga bisa. Ada pemberitahuan bahwa nama Anda ga bisa diubah lagi karena melampaui batas perubahan. Ah, tapi biarkan, aku ga seberapa peduli.

Pernah suatu saat aku lupa cara ngetag foto ke temen-temen saking jarangnya buka Facebook. Gimana ga jarang, dunia ku sekarang ada di Plurk dan Blog aja. Di Plurk temen-temen ku lebih jelas, temen-temen kuliah banyak yang pakai Plurk. Di blog banyak pengetahuan baru setiap detiknya, asalkan kita mau blogwalking dan cari ilmu. So, kalo Facebook hanya membuat otak kita berkarat saja. Ga ada kreativitas yang signifikan dan juga ga ada target.

So, bagaimana dengan Anda, apakah Anda juga mengalami blogging effect?

20 komentar:

  1. Ah tetap berprasangka baik sama Facebook biarpun pernah diblokir massal temen-temen akrab (tadinya) dengan alasan gak jelas,

    Soalnya di usia uzur yang tinggal menanti kematian ini teman-temanku males mikir buat bikin blog, dan terlalu sibuk kerja (tapi selalu ada waktu buat BBMan dan kirim gambar gak penting yang dihebohkan sama Menkominfo).

    Apa saja diikhlaskan, dimaafkan dan berprasangka baik sajalah (walau tetap ada yang kabur dikasih status ayat Al Quran *prihatin*)

    BalasHapus
  2. hahah ... betul2 mbak
    ga semua orang suka dan bisa ngeblog
    blog itu sulit memeliharanya :)

    BalasHapus
  3. yup.. uda bosen sm facebook, lebih interest blogging sekarang
    hehehhe ditutup ngk ditutup tetep nyantai deh..

    BalasHapus
  4. berarti senada dengan aku :)

    BalasHapus
  5. yeaaah.. sekarang lagi blogging effect. enggak pernah lagi ngurusin FB kecuali kalo mau uplot foto doank. wkwkwk

    BalasHapus
  6. ternyata om Gaphe juga kena blogging effect

    BalasHapus
  7. ooo... ini tuh yang dimaksud dengan dampak buruk dari bLogging, berarti kaLo beg beg begono saya sudah termasuk daLam kategori tersebut. :))

    BalasHapus
  8. kayaknya sih om juga kena dampak itu juga :D

    BalasHapus
  9. kayaknya sama nih kita Kang, sudah setahun terakhir saya jarang main ke fb sejak blogging. Fb paling paling untuk promosi postingan thok

    BalasHapus
  10. hahahah ... kebiasaan yang sama, jejaring sosial hanya untuk promosi blog :D

    BalasHapus
  11. saya menggunakan facebook buat promo blog, karena di blogget stats terlihat ada trafik dari facebook, jadi aku tetap rutin buka facebook

    BalasHapus
  12. ouw gtu yah ... aku malah sering dari Plurk :D

    BalasHapus
  13. ealah...pake selendang to jeng? wkwkwkwkwkwk.......

    BalasHapus
  14. hahah .... itu hanya perumpamaan saja om Huda :D

    BalasHapus
  15. oh y6a, kamu orang SBY y? kirain selama ini kamu sunda... hehehe

    BalasHapus
  16. adaLagi nih yang Lucu, pernah tanya; "om kok enggak pernah update status?".

    saya jawab; "itu update statusnya (tautan apLikasi NetworkedBlogs) sehari minimaL satu kaLi, dibaca aja terus komentarin".

    kata dia; "itu sih updatenya kepanjangan om...".

    saya; "wkwkwkwk...."

    BalasHapus
  17. sama, saat ini juga udah jarang buka fb...

    BalasHapus