Persona Intikalia

26 Jan 2011

Tips Memilih Domain dan Hosting

Apalah arti sebuah nama, kata-kata itu sering kita dengarkan di mana pun. Namun, coba kita perhatikan kata-kata itu betapa sesatnya. Hahaha ... jika nama itu tidak penting, tentunya tidak ada Google.com, Facebook.com yang kalo dilelang harganya bisa milyaran dollar. Nama begitu penting, karena dengan nama dirimu dikenal, dikenang, dibenci, dan di-di yang lainnya.

Memilih nama yang baik untuk blog atau situs kita sangatlah penting. Ga mungkin kan kita mau bikin blog tentang teknologi, kita kasih nama dewabokep.com. Itu sungguh bertolak belakang. Maka dari itu saya memberikan beberapa tips tentang memberi (tepatnya, mencari dan memutuskan untuk digunakan sebagai) nama blog Anda. Berikut adalah ulasannya.
  1. Jika blog kamu isinya curhatan atau menggambarkan kekamuanmu, lebih baik gunakan namamu sebagai nama domainnya. Misalkan namaku John Terro dan aku ingin buat blog yang isinya curhatan, lebih baik aku kasih nama johnterro.com

  2. Jika kamu ingin terlihat professional dan sedikit narsis, gunakanlah namamu sebagaimana pada poin 1.

  3. Jika blog kamu berisi tentang ulasan teknologi, maka bubuhkanlah kata yang berbau teknologi pada nama domainnya. Misalkan seperti blog senior saya, dia memakai domain shirogadget.com. Namanya Shiro-apalah dan Gadget sebagai penanda kalo itu mengulas gadget terbaru. Bisa saja Anda menggunakan nama teknobaru.com, misalnya. Tanpa membubuhkan nama Anda. Hal ini lebih disukai oleh Google (katanya sih, masih rumor). Intinya bikin nama yang berkaitan dengan konten yang ada di blog kamu. Contohnya, blog-ku yang mengulas tentang Mac OS, maka aku beri nama ShoutMac.com.

  4. Pilihlah nama yang tidak terlalu panjang dan mudah dihafal oleh orang lain.

  5. Memilih .com, .org, .net, atau dot yang lainnya juga menjadi pertimbangan. [Dot] com lebih familiar oleh pengguna internet. [Dot] org lebih terlihat keren, jika blog Anda ditujukan untuk sosial dan terlihat organisatif. [Dot] yang lainnya, bisa Anda baca saat membeli domain di penyedia layanan itu.

  6. Sebelum memilih/membeli domain, hendaknya buatlah list nama domain yang kamu sukai. Buatlah sebanyak-banyaknya. Boleh jadi banyak nama dalam list-mu yang sudah menjadi milik orang lain. Dulu, ketika membeli ShoutMac.com saja, saya memiliki list nama sekitar 50 nama domain. Banyak yah?
Di atas saya rasa sudah cukup menuntun Anda untuk memperhitungkan nama yang baik. Karena nama adalah doa. Berikutnya adalah memilih hosting yang baik. Pilihlah hosting yang tidak sering down. Server terbaik di dunia adalah server milik Google. Bisa Anda ketahui, tidak ada cerita kalo blogspot seseorang down. Hahaha ... karena blogspot memakai server Google. Saya juga sering menjumpai hosting yang bermasalah. Contohnya milik senior saya, renggap.co.cc. Hosting ini sering down. Setelah aku tanya, ternyata memang harga beli hostingnya jauh lebih murah dari rata-rata pasaran. Jadi jangan senang dulu kalo dapet yang murah. Hehehe ... Berikut adalah tips memilih hosting.
  1. Kenali penyedia layanan hosting tersebut. Baca lewat About atau testimoni orang yang sudah pernah berlangganan di layanan tersebut.

  2. Jangan terkecoh dengan harga murah. Karena boleh jadi hosting itu gampang down. Kalo sudah down, bawaannya bete melulu. Pengunjung blog pun mulai berlarian karena menganggap blog itu sudah tidak eksis lagi, padahal lagi down.

  3. Jika blog Anda bertujuan untuk bisnis online, misalnya AdSense dan lainnya, lebih baik gunakan hosting yang berbayar. Hal ini sudah aku rasakan sendiri. Jika Anda masih menggunakan CMS milik blogspot, maka bisa Anda rasakan bagaimana sulitnya blog itu dideteksi oleh mesin Google di halaman search. Karena masih kalah dengan CMS Wordpress yang punya plugin-plugin sakti.

  4. Jika Anda hendak membeli, pilihlah paket yang realistis. Jangan terlalu besar juga jangan terlalu kecil. Sesuaikan dengan kebutuhan. Jika blog Anda isinya cuma tulisan dan gambar yang sedikit, hosting dengan kapasitas 50 MB saja sudah cukup. Dengan catatan, file gambar dihosting ke penyedia gratisan seperti blogspot, photobucket, atau yang lainnya. Hal ini akan menghemat pemakain hosting Anda, tentunya juga uang Anda.

  5. Penyedia hosting yang selama ini saya pakai adalah idwebhost.com untuk ShoutMac.com saya. Dari segi harga, masih termasuk rata-rata. Dari segi layanan, saya terpuaskan. Pernah dulu ada masalah dengan hosting saya yang tidak bisa diakses dari Indonesia. Saya laporkan melalui kontak YM yang tersedia dan selalu online. Dalam waktu kurang dari 24 jam, hosting saya dialihkan ke server lain dan bisa diakses lagi dari Indonesia. Hingga saat ini belum ada masalah lagi. Anda juga bisa meminta saran lain ke pengguna yang menggunakan penyedia lainnya.
Saya rasa sudah mewakili semua penjelasan tips memilih domain dan hosting. Bila ada pertanyaan, silakan ajukan di kotak komentar. Saya akan menjawabnya sesuai apa yang saya ketahui.

27 komentar:

  1. mksh sob atas tipsnya sob, wah ini bnr2 bermanfaat bwt saya nih...

    BalasHapus
  2. belum ada rencana beli si....

    kalau urusan nama, sebenarnya blogku rada ga nyambung. awalnya emang niat bikin blog yang khsusus mereview buku dan film.

    ke sini2nya malah berisi curhat. mau bikin lagi, malas juga..heheheh.

    BalasHapus
  3. klo saya kemaren polling dulu ke beberapa teman akrab untuk memilih list2 domain yg sudah kutentukan, dan akhirnya pilihan jatuh ke Domain sesuai dg nama blognya, hhee :D

    BalasHapus
  4. @Penghuni 60: sama2

    @Huda Tula: hahah ... blog ini juga gitu kug
    dulunya bukan berisi hal2 yang kayak gini :D

    @Blog Santai: baguslah, memang paling berat adalah saat memilih nama :D

    BalasHapus
  5. thx tipsnya ..
    saya jadi mikir berkali kali buat beli domain .. karena isi di blog juga jadi peryimbangan ..
    hehehe .. maklum blog amatiran ..
    hehehehe ..

    BalasHapus
  6. wah ,,, gapapa om
    belajar dari blog amatir, nanti juga bakal jadi pro

    BalasHapus
  7. sip. nih tipsnya mantep. saya setuju dan gambarannya juga jelas. :)

    BalasHapus
  8. Wah keren..
    Ga begitu paham sih, tapi bisa disimpan ilmunya
    hehehe :D

    BalasHapus
  9. @Andi Sakab: makasih om atas kunjungannya :D

    @YeN: hahah ... kalo beli pasti nanti kamu bakal paham dan memang dituntut untuk paham :D

    BalasHapus
  10. Aku paham, tapi ada sedikit yang ku ragukan...nanti lah aku tanya2 John.


    Aku pikirin dulu, minat apa nggak terjun langsung ke domain-hosting tadi ;)

    BalasHapus
  11. Repotnya kalu ngasih nama, namanya tidak tersedia.
    kalu udah beli domain dan hosting harus di bawa keseriusan, aku pakai blogspot, drupal garden aja sama drupal 6.0, 7.10 udah nyaman hosting di server gratisan di ,co.uk.

    BalasHapus
  12. kang saiia ada pertanyaan.. knp tuk bbrpa tempat, ketika saiia nyoba masuk, tapi tanpa http itu gag bisa masuk (gag ada akses) tp di bbrpa tmpt, ttp bisa... saiia uda coba liatin di webmaster tool googlenya... katanya verifikasi blm kelar, padahal saiia uda pasang meta nya di bawah head... apa klu dot kom itu harus di setting di cpanel nya kang (gag cukup pasang meta ajja di blog redirect)?!?!?!

    moga gag bingungin bahasanya kang :(

    BalasHapus
  13. Haha... Nice tips boz... Ane udah ngerasain punya web sendiri... Asik!! Sayang duitnya yang kuat..

    BalasHapus
  14. @blogger admin: pake CMS nya Wordpress lebih enak om, banyak plugin saktinya :)

    @genial: emang begitu om, saya juga mengalami ketika membuat link langsung dari edit HTML di design blogger, ya juga gitu jika tanpa http://
    hal itu malah dianggap bahwa link itu merupakan path dari blog om

    misalkan blog saya ini kan, intikali.blogspot.com
    jadi kalo memasukkan link, misalkan link untuk home, kita menuliskannya intikali.blogspot.com juga tanpa http://
    maka akan dideteksi sebagai path intikali.blogspot.com/intikali.blogspot.com
    entah mengapa itu terjadi, saya masih belum mengetahui alasannya
    hingga saat ini saya masih menggunakan http:// untuk lebih amannya ketika memasang link di edit HTML blogger

    setahuku, btw, untuk masalah redirect, blogger kan udah menyediakan fitur itu, dan biasanya di provider .com nya sendiri juga sudah menyediakannya
    contohnya saja, saya juga meredirect blog ini yang versi mobile ke intikali.co.cc dan itu selesai tanpa masalah

    memang sih kalo memakai .co.cc biasanya harus disertakan dengan awal www jadinya, www.intikali.co.cc

    mungkin penjelasan itu saja yang bisa saya jawab dari pertanyaan om yang saya cerna.

    @Renaldy: emang kalo bikin blog yang serius itu harus ngeluarin sedikit uang jeh :D

    BalasHapus
  15. sangat suka tip ini bro...bisa saja jadi panduan aku untuk memiliki domain sendiri nich.merci JT.

    BalasHapus
  16. John, sekali-kali liburan dong...real itu lebih menyenangkan tau' ! :D


    Btw, kamu nggak tertarik ya John sama iklan2 yang online itu ...kok di blog mu nggak ada iklannya :)

    BalasHapus
  17. @John Terro
    Wordpress tidak sakti, saya dari dulu pake wordpress, akhirnya saya tidak suka CMS tersebut,, saya lebih suka drupal dan joomla

    BalasHapus
  18. hihihi, pake .co.cc aja yang gratis..hehe

    BalasHapus
  19. @biskut: sama2

    @Ajeng Sari Rahayu: haha ... ya emang sih liburan real itu nyaman :)
    tapi ga ada yang ngajak ke mana-mana, ya akhirnya liburan di dunia maya aja
    btw. untuk memasang iklan di blogku, aku masih mikir2, kira2 iklan itu efektif atau nggak, kalo ga ada untungnya buat aku ya ngapain masang iklan, toh malah memperberat daya muat blogku

    @blogger admin: wah saya belum mencoba drupal dan joomla
    Wordpress sakti dalam bidang SEO nya om, banyak plugin SEO di sana
    jadi untuk terindeks di Google lebih mudah dengan CMS Wordpress :)

    @anak betawa: haha, saya juga pernah memakai .co.cc
    tapi .co.cc sekarang sudah ga bisa lagi buat daftar ke Google AdSense

    BalasHapus
  20. Wah. Kalo domain berbayar saya masih pake hosting gratisan bung. Maklumlah, belum punya penghasilan sendiri. Hehe

    BalasHapus
  21. Tnx atas ulasannya, lg kepikiran bikin blog u jualan kue soalnya..hehhehe, success 4 u sob..!

    BalasHapus
  22. @kimsanada: bukannya hosting yang 50MB itu lumayan murah cuma 60 ribuan per tahun, setahuku masih lebih mahal harga domainnya :D

    @tiwi: ouw begitu yah mbak, kalo untuk itu sih bisa pake hosting gratisan, cz kan ga seberapa mementingkan traffic pengunjung :D

    BalasHapus
  23. domain co.cc tidak disukai google, apalagi suka down domain ini (ga bisa dibuka)

    di browser chromium sering ada peringatan malware, kemungkinan krn si empunya blog memasang banner co.cc

    BalasHapus
  24. haha bener sekali
    emang .co.cc agak menjengkelkan :)

    BalasHapus