Persona Intikalia

18 Apr 2011

Manunggal Kawula Tresnan

Pasti Anda berpikir apa itu yang dimaksud dengan Manunggal Kawula Tresnan. Biasanya Anda lebih sering mendengar Manunggal Kawula Gusti, bagi orang yang sering membaca kisah Wali Songo, atau orang yang terjerembab dalam ilmu Sufi. Berbeda dengan Manunggal Kawula Gusti, Manunggal Kawula Tresnan ini lebih masuk akal.

Manunggal Kawula Tresnan adalah bersatunya dirimu dengan orang yang kamu cintai. Apakah ini tidak mungkin? Sangat sangat sangat sangat sangat mungkin. Ketika kita menemukan cinta sejati kita, maka dengan mudahnya kita akan menyatukan diri kita, entah itu dalam artian bahasa ataupun istilah. Dan ini sebuah paham yang diusung oleh para intikalis. Meskipun awalnya paham ini tidak bernama Manunggal Kawula Tresnan, namun dahulu masih dikenal dengan Bersatu dalam Dua.

39 komentar:

  1. mmph kapan yah saya menemukan cinta sejati saya? *curhatonthespot*

    BalasHapus
  2. wah aku ingin juga itu... saat ini sedang jatuh cinta... dan benar2 ingin manunggal kawulo tresnan. like
    infinitif thumb for u

    BalasHapus
  3. Artikel yang menarik, dan semoga akan mengurangi angka kejadian perselingkuhan, he he he

    BalasHapus
  4. secara simple mungkin bisa disebut... kawin (?) ghehehehe. ah, saya jadi ingin Manunggal Kawula Tresnan. buahahahaha. :D

    BalasHapus
  5. aih aih... si John lagi naksir cewek ya??hehheh kaburrr

    BalasHapus
  6. eh... kok aku jadi mikir..................................??? hehe... bersatu dalam dua..

    BalasHapus
  7. @Noeel-Loebis: serahkan pada yang di atas :P

    @Cay's: saya juga ingin om

    @Rubiyanto Sutrisno: semoga saja begitu

    @ReBorn: haha ... akhirnya ada yang nyambung juga

    @tiwi: ya ga lah ... ya ga salah :P

    @affie9: haha ... mikir apa jeh?

    BalasHapus
  8. huahhhhhh, keren John! Iskandar & Lexy manunggal kawula tresnan, gitu ya?!
    kapan ya aku bisa gitu, haha.
    Ku kira itu tadi istilah Jawa, ternyata nyantolnya ke Sufi2 gitu ya...Kisah Wali Songo, dulu pas SMP tau ceritanya, saiki wis lali -.-"

    BalasHapus
  9. Jadi ingat lagunya Vina P "dua cahaya bersemi dan menjadi satu di dalam cinta... Semoga kan abadi selamanya"

    BalasHapus
  10. wow, bikin istilah sendiri, cool.hehehe :D

    BalasHapus
  11. ky legenda pewayangan
    ambil awardny disini
    http://rahmanelegypt.blogspot.com/2011/04/result-kolomnis-rahman-award-spesial.html#comments

    BalasHapus
  12. Ikutan pengen jg nech saya...kpn ya ??

    BalasHapus
  13. kalo manunggaling kawula gusti sering banget denger,terutama pas dulu kuliah MK Islam dan Budaya Jawa... tapi Manunggaling Kawula Tresnan baru sekali ini denger, tapi bener juga sih...kalo uda nemuin cinta sejati kita, maka dialah separuh jantung, separuh nafas, separuh tubuh, separuh jiwa kita...dalam dua raga...
    "two body one soul..."

    BalasHapus
  14. dua hati menjadi satu.. *gitgut..

    BalasHapus
  15. cinta sejati hanya untuk Allah penguasa hati kita..

    BalasHapus
  16. semoga bener2 disatukan dengan orang yang memang dicintai*halah!

    BalasHapus
  17. @Ajeng Sari Rahayu: ndzeh ... ya ga gitu lah

    @Ami: wah ... mbak Ami tahu juga yah

    @rabest: haha ... ya sudah jelas lah
    John Terro gitu :P

    @Rahman Raden: haha ... ya gitu lah

    @Ancorez: ya ga tahu lah :)

    @Aina: wow ... two bodies one soul :P

    @Adryan Nurdien: haha ... gita lovers juga yah :P

    @Yudi Darmawan: wow ... bagus tuh :D

    BalasHapus
  18. @Nova Miladyarti: semoga saja :)

    BalasHapus
  19. bersatunya dirimu dengan orang yang kamu cintai << mudah2an saya seperti ini....amin...(berharap banget)...

    salam :)

    BalasHapus
  20. ooh baru denger istilah itu. setahu saya emang manunggal kawula gusti.. tapi kalo gustinya diganti tresnan.. nah itu saya yang belom punya. hahaha..

    kamu kapan?.
    #halah

    BalasHapus
  21. @Nufri L Sang Nila: wow ... begitukah
    apakah Anda juga ... ???

    @Gaphe: loh ... bukannya om dulu yang harus lebih dulu
    saya mah nanti aja, sekarang masih belum saatnya

    BalasHapus
  22. saya rasa iyaaaa...saya begitu...mudah2an sampai akhir... amin .... (terharu saya nulisnya)

    BalasHapus
  23. wah ... saya iri dengan Anda bisa seperti itu :)

    BalasHapus
  24. manunggal kawula katresnan.... istilah baru, tapi kedengarane aneh, setelah dapat penjelasannya jadi tau... hehehehe mirip-mirip Dwi Tunggal kali ya...

    BalasHapus
  25. jadi inget Syeh Siti Jenar ... *APA KABAR?

    BalasHapus
  26. sing pasti gak segila si 'vernant' koncomu.. hahaha..

    BalasHapus
  27. @Adryan Nurdien: emang vernant lapo?
    gitgut a? hahaha :P

    @blogdangkal: baik2 saja

    @Mas Odjie: ya ya seperti itulah :)

    BalasHapus
  28. aku suka istilahmu jon

    BalasHapus
  29. begitukah? makasih :)
    kalo sama orangnya?
    suka tidak? haha :D

    BalasHapus
  30. ketawa boleh sih
    toh ga kedengeran suaranya dari sini :P

    BalasHapus
  31. nah pinter gitu lo.. :p

    BalasHapus
  32. kan sejak dulu aku pinter #geermodeon

    BalasHapus
  33. uhukk!!uhukk!!uhukk!!! *keselek baca komenmu

    BalasHapus
  34. aku kok gak paham ya..

    apanya yang bersatu ??

    BalasHapus