Persona Intikalia

27 Mar 2012

Keisengan di Lab B201

Cerita berawal setelah aku mengakhiri chat dengan seseorang namanya sudah dikenal banyak pengunjung blog ini. Di sela-sela waktu mempersiapkan presentasi karena ada kunjungan dari SMA di Lab B401 sembari juga persiapan berangkat kuliah Pengantar Ilmu Lingkungan. Latar belakang keisengan ini adalah salah satu temanku yang bernama lab Kaboel lupa membawa MacBook-nya yang tertinggal di Lab B201. Nah, dia memang tadi sengaja meninggalkannya karena tiba-tiba ada kuliah di Lab B201. Nah, tadi si Kaboel ini mau mengambil MacBook-nya, tapi sebelum mengambilnya ia mau memastikan kalo kuliah di Lab B201 telah berakhir.

Karena aku dan Kaboel sama-sama pengguna MacBook, akhirnya dia punya ide kalo mau melihat keadaan sekitar di dalam Lab B201 dengan cara menggunakan VNC di Mac OS X. Apa itu VNC? VNC adalah remote desktop dan berbasis GUI. Jadi kita bisa melihat dan mengendalikan MacBook dengan MacBook lain. Berikut adalah tampilan ketika VNC dilakukan di MacBook-ku.

VNC Mac OS X
VNC
Dari VNC ini, kita bisa melakukan banyak hal, intinya adalah akses penuh layaknya menggunakan MacBook sendiri. Bagaimana cara melakukan VNC? Connect to Server lalu ketik vnc://10.122.1.112 (ganti IP Address nya sesuai IP Address MacBook yang mau diremote).

Secara, untuk mengetahui keadaan di sekitar, Kaboel menggunakan aplikasi camera yang ada di Mac OS X yaitu Photo Booth. Nah, ternyata setelah dilihat dari camera itu, kuliah telah berakhir. Ternyata ga berhenti di sana saja, malah muncul ide yang sangat iseng sekali. Apa itu? Yaitu memutar lagu di iTunes melalui VNC. Dan lagu yang diputar adalah Surat Yasin. Setelah Surat Yasin sudah diputar, kami pun melihat respon dari orang-orang di dalam Lab B201. Salah satu mahasiswa S2 pun ada yang celingak-celinguk mencari asal suara Surat Yasin itu. Kami pun yang meremote desktop MacBook Kaboel (posisi di Lab B401) tertawa terbahak-bahak. Lalu kami mem-pause Surat Yasin sebentar. Setelah itu kami memutarnya lagi. Kali ini bukan mahasiswa, tapi ada salah satu dosen yang juga bingung mencari asal dari suara Surat Yasin ini.

Iseng banget yah. Karena takut ketahuan akhirnya kami men-disconnect VNC nya sebelum ketahuan sama dosen LOL. Setelah itu, tak lama kemudian semakin banyak anak-anak Lab B201 yang naik ke Lab B401. Kami pun menceritakan yang kami lakukan barusan. Kemudian, keisengan itu kami lakukan lagi. Nah, karena sudah ga ada kuliah lagi, akhirnya Kaboel mengambil MacBook nya yang ada di B201. Ternyata anak-anak masih iseng juga. Saat Kaboel mengambil MacBook-nya, ternyata masih dalam keadaan di-remote. Kaboel pun berusaha meng-quit VNC di MacBook-nya. Namun, tetap saja ga bisa. Putus asa dengan keadaan itu, MacBook-nya langsung ditutup. Kaboel pun naik dan ngomel-ngomel karena diisengi anak-anak lainnya. Padahal sebelumnya ia yang iseng.

19 komentar:

  1. wekekekek, senjata makan tuan LOL

    BalasHapus
  2. hahahaha,,, senjata makan tuan!!!!
    makanya jangan isseng,....

    untung yang di play surat yasin ya? gimana kalo jeritan alam kubur aja?

    eh habis chat sama siapa ya? LOL

    BalasHapus
  3. asyik banget ya kalo punya macbook..... hhmmmmm pengen deh

    BalasHapus
  4. wah, dikerjain balik ya.... huehue

    BalasHapus
  5. @Ngetik: begitulah :D

    @arr rian: sama siapa yah :D

    @Mas Huda: LOL

    @Yus Yulianto: begitulah

    BalasHapus
  6. Xixixi... lucu juga neh ceritanya sob, sayangnya ane gak ngerti program2 kayak gitu hehehe....

    BalasHapus
  7. ya ampun...awass kualat, dosennya kasian tuh..mahasiswa juga...
    isengggggg

    BalasHapus
  8. hehe...nih abang, nta sikerjai balik loh

    BalasHapus
  9. ternyata kegaduhan itu karena ini toh..
    =.="

    BalasHapus
  10. si Kaboel diisengi bagaimana? kok sampai marah? bukannya dia tahu itu hasil remote

    BalasHapus
  11. @Anak Rantau: ouw :D

    @Phuji: hehe .. yang jelas ga akan diulangi lagi lah :D

    @iwan: wekek ... sayangnya enggak :D

    @Arif Khumaidi: wekeke .. begitulah mas

    @R10: ada deh .. yang jelas parah :D

    BalasHapus
  12. waaah coba suara yang lebih aneh lagi bang :D hhihhi bisa pada langsung ngabur kali ya

    BalasHapus
  13. wekeke ... suara apa? suara tomcat kah? :D

    BalasHapus
  14. hahah,, kayaknya seru tuh,, apalagi kalau ngisengin dosen killer,,

    makanya kalau gak mau di isengin ya jangan iseng bener gak john ?
    wkwkwk

    BalasHapus
  15. aku tadinya mau iseng ngitung ada berapa kata iseng... tapi jadinya males... masih ruwet ngebayangin ceritanya. intinya ada yang kesel di ending ceritanya...

    BalasHapus
  16. hahah .. sepertinya rumit sekali :D

    BalasHapus
  17. Wah bisa ngintip orang juga dong! #otakstalker

    BalasHapus