Persona Intikalia

9 Apr 2012

Tips Menghapus 10 Ribu SMS

Sebuah pengalaman baru bagiku ketika aku ingin menghapus SMS yang ada di hapeku. Hape yang aku pakai adalah Nokia 5130. Hape ini udah jadul banget, aku punya ini sejak tahun 2009 atau 2010 lalu, aku lupa tepatnya. Yang jelas, dulu biasanya aku menghapus SMS secara berkala setiap sebulan sekali atau kalo rajin sih biasanya aku hapus seminggu sekali. Nah, sejak tahun 2011 awal, karena memang kesibukanku sudah menggila, jadi ga sempat kepikiran dengan jumlah SMS yang ada di hapeku. Nah pagi ini ternyata di hapeku SMS-nya lebih dari 10 ribu, dengan rincian 5 ribu lebih di kotak masuk, dan 4 ribu sekian pokoknya mendekati 5 ribu lah, jadi kalo ditotal 10 ribu SMS lebih.

Nokia 5130
Nokia 5130

SMS sebanyak itu emang isinya apa aja? Ya macem-macem lah. Yang jelas jumlah 10 ribu SMS lebih itu aku dapatkan setelah hampir setahun sama sekali aku tidak menghapusnya. Itu hal yang normal setahun dengan jumlah SMS segitu. Ga usah kaget, temenku saja sebulan udah bisa nyampe 3 ribuan. Hahah. Nah pagi ini aku berkeinginan menghapus SMS itu semua karena ada SMS masuk, tapi pas dibuka ga ada. Nah loh siapa yang nyembunyiin nih SMS. Apalagi kalo SMS nya penting, entah sih sebenarnya penting atau enggak, mana aku tahu orang pas dibuka SMS nya hilang begitu saja. Karena itu aku berkesimpulan, aku harus membersihkan SMS sebanyak ini, agar SMS yang baru bisa masuk.

Aku banyak melakukan salah langkah dalam menghapusnya. Jadi pas lagi menghapus, kan keliatan progres SMS yang terhapus tuh, trus aku coba pencet-pencet tombol lain, pengennya iseng sih, eh hapeku malah hang. Akhirnya aku matiin hapenya secara paksa. Oke, karena baterai nya udah tinggal sedikit, aku colokin ke charger. Setelah itu aku nyalain lagi. Pas udah nyala, kemudian masuk menu kan, aku masuk pesan, trus buka pesan baru, eh hapenya berontak. Hapenya bilang kalo memori belum siap. Aku coba kayak gitu lagi beberapa detik kemudian, sampe sekitar 5 kali. Eh malah nge-hang lagi hapenya. Yaudah aku matiin lagi secara paksa, aku coba lagi, eh nge-hang lagi. Bikin stress banget kan.

Namun, akhirnya dari percobaan geje yang aku lakukan itu aku mulai berhipotesis. Bahwa hape juga manusia. Upsss salah, maksudnya hape juga wanita, karena ingin dimengerti. Upss salah lagi. Yah intinya hape itu lebih lemah dari otak manusia, jadi perlu persiapan untuk melakukan apa yang kita mau, ga bisa semau kita. Apalagi kalo hape jadul dengan beban SMS sebanyak itu. Nah trus cara yang benar gimana dong John? Cara yang benar adalah:

Keadaan pertama: Hape udah nyala sejak lebih dari 2 jam
1. Hapus SMS nya
2. Jangan pencet tombol apapun saat progres penghapusan
3. Buat estimasi penantian, misalnya ada 10 ribu SMS, setiap SMS nya dihapus dengan waktu 1 detik, jadi 1 detik dikali dengan 10 ribu, ya itulah jumlah penantianmu
4. SMS berhasil dihapus

Keadaan kedua: Hape start dalam keadaan mati
1. Nyalakan hapemu dulu
2. Tunggu/biarkan hingga sekitar 20-30 menit
3. Hapus SMS nya
4. Jangan pencet tombol apapun saat progres penghapusan
5. Buat estimasi penantian, misalnya ada 10 ribu SMS, setiap SMS nya dihapus dengan waktu 1 detik, jadi 1 detik dikali dengan 10 ribu, ya itulah jumlah penantianmu
6. SMS berhasil dihapus


Usahakan saat proses penghapusan, aplikasi pemutar musik jangan dibuka dulu yah. Seenggaknya mengurangi waktu tunggu kamu dalam progres penghapusan. Ya, mungkin itu dulu lah tips ga penting menghapus 10 SMS di hape Nokia 5130. Dan pesan moral yang didapat dari kejadian ini adalah "Hapuslah SMS sebelum SMS kamu ga bisa dihapus karena hape nge-hang saat menghapus SMS dalam jumlah banyak".

40 komentar:

  1. setahun g dihapus? aku pernah tuh jumlahnya lebih dari 1000 sms cuma sama satu orang....

    BalasHapus
  2. banyak banget SMS nya, aku paling 500an baru dihapus

    BalasHapus
  3. wah nyampe segitu banyaknya, kalo aku sih gak perlu nunggu nyampe bejibun kaya gitu john,,kalo di rasa gek penting ya langsunghapu,,

    tipsnya boleh ya aku copy buat temen ku yang gila sms dan sering lupa menghapusnya

    BalasHapus
  4. Wew banyak amat ampe 10ribu sms. saya aja 1000 SMS itu ngehapus nya ampe bikin hp hang... kapok deh skrg tiap inbox dah sampai 100 langsung kosongin kcuali yang penting pindahin ke draft atau saved messages (pakai nokia juga)

    BalasHapus
  5. ah kalo soal hape nge-hang gara2 sms penuh mah aku udah sampe bosen2 secara hape ku inbox nya cuma 30 biji. stres? ga usah ditanya lagi :))

    BalasHapus
  6. @YeN: haha ... kasihan sekali dirimu :D

    @Mitos: maklum lah males menghapus :P

    @Obat: silakan2 semoga membantu :D

    @Lidya: haha ... dasarnya aku aja yang malas :P

    BalasHapus
  7. Walah, 10000 @_@
    Counter smsku aja setahun aku cuma kirim 3000 sms hehehe...

    BalasHapus
  8. wakh . . .mau coba akah kuat nggk ya hape nyuah!!!

    BalasHapus
  9. @Tebak Ini Siapa: cuma 3000? sedikit sekali :D

    @Obat: silakan :P

    BalasHapus
  10. aku 30-50 sudah aku hapus :p

    BalasHapus
  11. wekeke ... sekarang mungkin udah 300 di hapeku LOL

    BalasHapus
  12. SMS yg ada di hape ku malahan ada yg berumur 3 tahunan, hahaha...
    kini jumlahnya mencapai 700an. Sayang sekali jika dihapus, isinya bagus sih.
    :P

    BalasHapus
  13. Wah ini MIRIP BANGET ama kisah gw, gw juga iseng2 nyimpen 10rbu sms lebih d hp nokia 5130 gw, tpi pas gw hapus smua lgsung HENG TOTAL!
    Ntar gw cba deh cara lu gan. Thanks ya..

    BalasHapus
  14. wekeke ... selamat mencoba yah :D

    BalasHapus
  15. Gak mau gan, malemnya gue udah coba ngapus semua pesan pas proses penghapusan gue tinggal tidur, gue jga gak tekan apa2.
    Eh paginya malah heng gan, yg kehapus cuma 200an pesan

    BalasHapus
  16. wekekek ... masa sih? :D
    berarti kondisi hapemu lebih parah dari punyaku
    aku berhasil tuh hapus semua SMS ku
    meskipun menghabiskan waktu hampir 2 jam :P

    BalasHapus
  17. Waduh, bener2 gan.. gw juga punya nasib yg sama kaya lu. #nahlo jadi curcol gw. haha yaa begitu lah pokonya mah. kalo gw kotak masuknya 7000, terkirimnya 3000.. di jumlah kan sama tuh 10rb, sampe setres gan gw ngapusnya. hahahaha kalo di apusin satu2 kan kga mungkin. haha ampe sekarang nih gan ga bisa2 kehapusnya.. ngeheng gitu. apa gw install ulang aja x ya? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelan2 gan :D
      ditandainya 300-300 dulu atau 100-100 lalu dihapus :D
      kalo langsung semua, kebanyakan akan ngehang :-)

      Hapus
    2. hehe cari informasi aja nih gan, maklum awam.. yg lu maksud ini "Buat estimasi penantian, misalnya ada 10 ribu SMS, setiap SMS nya dihapus dengan waktu 1 detik" maksudnya estimasi apaan tuh gan? haha kaga ngerti gw. pengaturannya dimna dah? :D

      Hapus
    3. estimasi = perkiraan :D
      ga ada pengaturan, itu hanya gaya bahasa saja :D

      bersabarlah ngapus sms sebanyak itu :D

      Hapus
    4. ohh haha gw kira apa gan.. maklum kuper :P oke deh thanks gan bwt infonya. hehehe :D

      Hapus
  18. ka sama nih hape aku juga ngehang gara gara ada 10.000 sms. tapi hape aku itu udah gabisa ke pesan lagi, mau aku hapus tapi memori pesan belum siap. udah 2 hari aku restart terus, tapi gabisa juga. tau cara lain gak ka? hape aku nokia 2700 klasik. bantu ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis direstart jangan diapa2in dulu
      biarin dulu setengah sampe satu jam biar memorinya siap
      baru dihapus pelan2
      100 - 100 aja dulu
      jangan langsung sekalian

      Hapus
  19. hp.ku nge hang nih...... kotak masuk 8000 sms , berita terkirim 9000 sms . . . . hpku nokia 2730 classic

    BalasHapus
  20. setiap ngapus sms slalu ngeheng pdahal gak dipencet apa dan udah ku tinggal tdur nih gan -_- gimana gan cara lain?? tolong dong :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya sih pilih SMS nya jangan semua
      centang 100, hapus dulu lalu 100 lagi nantinya
      gitu seterusnya sampe abis :)

      Hapus
  21. Udah di coba gan, tapi tetap aja hang terus.
    Hp ku nokia 2330c-2b .
    Jumlah sms masuk 450
    jumlah sms keluar
    390

    saya pake cara menghapus 10 atau 20 sms supaya tidak hang. Ya walaupun lama tapi tak apalah

    BalasHapus
  22. hp ku jumlah pesan ny dah 17rb..
    bikin berat tiap mo start..
    tp klo hapus sms 100 biji ajah,, hang ny lama...
    gmn yah,, da yg punya tips T_T

    BalasHapus
  23. Pesan d hp ane klo d total lbh dr 17rb (nokia jg)
    jd berat tiap start,, klo hapus kebnyakan hang ber-jam"..
    cm bs d akalin ny hapus 10-20 pesan,, tu jg mesti d kasih jeda yg lama klo mo hapus lg T_T
    ampe bt nihh..
    da yg bs kasih ane saran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya hapus 20 demi 20 SMS aja dulu :D
      ya gitu lah kalo kebanyakan
      nyusahin, hehe

      Hapus
  24. Aduh punya saya udah gak bisa buka pesan lagi, memori.belum siap, gimana gan solusinya

    BalasHapus
  25. Gimana gan, gak bisa lagi buka pesan, memori belum siap terius tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo memory belum siap tunggu dulu jangan langsung buka pesan
      sabar aja, ngurusi masalah ini emang harus pelan2
      ngapusnya pun harus pelan2, kalo ga gitu hapenya jadi ngehang

      Hapus