Persona Intikalia

12 Agt 2013

Apa itu Iri Dengki?

Apa itu iri dengki? Sebenarnya ini dua kata yang terpisah, iri dan dengki. Iri dengki adalah rasa tidak senang yang timbul di hati karena melihat orang lain lebih unggul, lebih bahagia darinya. Ketidaksenangan ini menimbulkan keinginan untuk pindahnya nikmat yang didapat orang lain pindah kepada dirinya. Ya itulah sekilas definisi iri dengki. Faktanya? Banyak sekali perasaan iri dengki itu tersebar.

Awalnya aku menganggap bahwa iri dengki itu hanya ada di dunia nyata. Eh ternyata saya salah. Di dunia maya pun banyak tersebar. Banyak blogger yang merasa iri dengan blogger lainnya yang sukses. Tadi sempat liat blog isinya rasa protes terhadap seorang blogger di sebuah forum. Anehnya kenapa dia ga langsung bilang aja ke orangnya? Atau nunjukin jadi dirinya sebagai yang protes. Aku cek blognya pake akun Anonim. Pengecut banget yah :D

Lucu sih ngeliatnya. Sampe segitunya kebencian itu hingga menyempatkan diri bikin blog buat ngejelek-jelekin orang, tertarget pula. Kadang sih emang dilema banget jadi blogger yang udah lama. Kadang blogger pemula merasa diremehin oleh blogger lama gara-gara ga digubris kata-katanya. Pertanyaannya adalah apakah wajib aku menggubris kamu? Tidak wajib. Karena tiap blogger punya kesibukan masing-masing. Apalagi buat beberapa blogger, ngeblog adalah sekedar bersenang-senang menghilangkan penat kerja di dunia nyata.

Tapi itulah fenomena dunia maya. Kalo ga gitu kayaknya ga seru. Emang sih kalo masalah hati itu sensitif. Kadang ada yang emang dari orangnya dikit-dikit iri. Ga bisa liat orang lebih jago dari dirinya. Pertanyaannya adalah apa ga boleh orang lain lebih jago dari mu? Siapa elo? Loe bisa apa? Sok-sokan banget ngatur orang biar ga lebih unggul dari kamu. Belajar dong, kalahin gue! Mungkin itu yang akan dikatakan blogger yang diiri sama blogger pengiri, hehe.

Kadang ngerasa banyak blogger pemula yang manja. Maunya dimanja mulu. Dikasih gratisan trus minta dibaikin. Untung aja ga minta dicium :* #huekksss. Jangan dibuat serius. Entri ini hanya mengulas fenomena yang terjadi di dunia blogger. Ternyata masih ada dan mungkin banyak rasa iri di kalangan blogger. Sebenarnya sih gampang caranya ngilangin rasa iri ini. Belajar dan belajar. Entar kamu akan tahu rasa capek akibat belajar. Kamu akan tahu berapa waktu yang diinvestasikan untuk menjadi pro. Kamu akan tahu berapa duit yang diinvestasikan untuk sebuah riset. Emang ngeblog ada risetnya? Kamu baru tahu? Berarti kamu masih pemula, hehe. Udah gitu aja :P

6 komentar:

  1. hmmm... kalo sy gak ngeliat sebagai iri dan dengki, sob. karena ada kan pakem blogging BW, follow dan folbek, mengomentarin dan dikomentarin. jadi kalo kata2nya gak dianggap, gak balik komentar, bisa jadi kesel kan blogger yg digituin. walau sy juga gak sepakat juga kalo ada yg sempat2in untuk buat akun anonim dan saling menjatuhkan. dan kesibukan sy pikir bukan pembenaran untuk gak memberi perhatian. ah gitu kali ya. soalnya saya blogging buat hepi2. belum pernah ngerasain masalah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga belum pernah ngerasain
      cuman melihat fenomena blogger2 di forum

      Hapus
  2. bloger pemula atw yg sdh 'Ubanan' hrsx saling mendukung bukan malah saling menjatuhkan cz keduax saling trkait, gk ada lo gk ada sy dan ada sy cz ada lo, atw sebalikx kan gitu!
    hrs sama2 trus belajar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga gitu juga :D
      sebenarnya bisa juga dibuat tidak ada keterkaitan :P

      Hapus
    2. iya mas benar jg, sy ngeblog bukan cz sobat Iskandar Dzulkarnain atw Pak Rusydi Hikmawan ngeblog bukan cz sy tp pd hakekat sesama blogger hrs ada keterkaitan apalg blogger yg muslim tuh :)

      Hapus