Persona Intikalia

28 Agt 2013

Semua Serba Kena Pajak

Ternyata hampir seluruh elemen kehidupan ini sudah mulai kena pajak. Kalo kamu cek, beli barang di gerai Indomaret, Alfa, dan sejenisnya; pasti kena PPn 10%. Makan di McD dan KFC juga kena PPn 10%. Dan terakhir kali, berlangganan internet pun kena PPn 10%. Bilangnya ketik INDI 20000, eh ketika pulsa tinggal Rp21.900 ga bisa berlangganan. Gara-gara kurang Rp100 doang. Akhirnya terpaksa isi ulang Rp5.000 lagi supaya bisa langganan. Sepertinya memang perusahaan mana pun membebankan PPn ini pada konsumennya. Ketahuan banget kalo ga mau rugi, hehe. Ya iyalah, mana mungkin orang jualan mau rugi, adanya mau untung aja.

Mungkin suatu saat orang yang nyairin pendapatan dari Google AdSense dan orang-orang yang punya toko online, bakal kena UU yang mengikat untuk bayar PPn 10%, sayangnya sekarang masih belum. Tapi tetep diingat, DPR udah mati-matian bikin UU itu, meskipun belum goal. Mungkin nantinya semua yang jualan online, harus digiring ke domain .id, biar pengaturannya mudah. Meskipun susah untuk memaksa orang berganti ke domain .id, sudah mahal (untuk .co.id) dan repot (karena harus punya ijin usaha). Orang lebih suka .com, hehe.

6 komentar:

  1. Aku kok kelingan jaman biyen.. TV, Sepeda, Radio yo enek pajak e mas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku dulu juga pernah diceritain sama bapakku
      katanya sepeda ontel dulu kena pajak :D
      ada2 aja

      Hapus
  2. makan di kfc mahal john

    paket super 2 hampir habis 50 ribu -_-

    sepertinya selain ppn ada biaya pelayanan juga -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku aja 1 orang habis 31 ribu yo :D
      padahal belum kenyang LOL

      Hapus
  3. PPN memang dibebankan pada konsumen jadi tidak benar apabila anda mengatakan perusahaan tidak mau rugi karena membebankan ppn pada konsumennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, terima kasih atas infonya
      saya baru saja juga cari2 dan nemu di sini
      http://www.bppk.depkeu.go.id/webpajak/index.php/artikel/ok-ppn/1034-tanggung-jawab-secara-renteng

      Hapus