Persona Intikalia

30 Mar 2014

Tip Memilih Calon Istri

Tip memilih calon istri; dari judulnya saja udah nembak keyword banget. Percayakah kamu, bahwa banyak orang yang menyerahkan urusannya pada Google? Hehe, lucu sih. Tapi itu ada. Jika kamu membaca artikel itu, secara tidak langsung mungkin kamu akan terpersuasi dan percaya tentang artikel ini. Itu adalah hal yang wajar.

Tidak semua yang ada di internet itu benar, namun juga tidak semua yang di internet itu salah. Kamu harus selektif. Selektifnya harus benar juga sih, kalo ternyata yang diseleksi dan diterima malah yang salah semua gimana? Hehe, itu sih emang kamu yang lagi ga beruntung.

Berbicara mengenai tip memilih calon istri, maka yang kamu akan berdebat panjang. Nah, karena saya tahu ini bersifat personal, opsional, dan kondisional. Jadi tidak semua permasalahan itu sama, maka tentu tidak mungkin diselesaikan dengan cara yang sama. Bijaklah dalam membaca artikel ini.

Berikut ini adalah tip memilih calon istri ala saya. Tentu yang lainnya boleh bikin juga tip memilih calon istri ala kalian.

Pertama, yang paling penting adalah calon istri adalah perempuan. Takut aja sih kamu bukan orang mementingkan jenis kelamin :D

Kedua, tidak harus cinta dulu kepada calon istri. Cinta itu bisa nyusul kug. Tiap hari ketemu aja bisa bikin cinta kug, karena cinta itu sederhana. Yang rumit, hanya orang yang suka bikin rumit cinta aja; biar berasa greget.

Ketiga, cantik. Kenapa harus cantik? Faktor ketiga ini memudahkan kamu untuk mendapatkan faktor yang kedua di atas, yaitu cinta. Normalnya (beda lagi kalo kamu ga normal), lelaki itu akan mudah kagum dengan perempuan yang cantik. Kagum itu asal dari suka. Kalo udah suka, tidak senggol dikit udah jadi cinta.

Keempat, agamanya. Karena saya Islam, tentu saya sebisa mungkin menaati aturan-aturan Islam. Di Islam, memilih istri diprioritaskan karena agamanya. Oleh karena itu, kalo mau pilih calon istri harus liat cantik apa enggak, menarik apa enggak. Setelah menarik hatimu, lalu lihat agamanya gimana. Agama adalah penentu lanjut atau tidaknya hubungan. Agama di sini bukan sekedar keyakinan aja loh. Agama yang dimaksud di sini adalah agama secara keseluruhan, mencakup akidah, akhlak, ilmu dan banyak aspek lainnya.

Beda banget perempuan yang agamanya bagus dan enggak. Bedanya keliatan saat nanti kalo lagi berseteru. Kalo orang yang tahu agama, walau lagi marah, tetap ga ngelakuin hal-hal bodoh.

Kelima, mau dengan kamu. Ini kayaknya poin yang cukup mutlak. Walau keempat poin yang ada di atas terpenuhi, kalo dianya ga mau, ya ga jadi nikah. Kadang ada pepatah mengatakan kalo lelaki itu bisa memilih, perempuan bisa nolak. Padahal ini ga mutlak, cewek juga bisa milih, lalu nolak :D

Keenam, jika dia udah mau; coba cek kejelekan-kejelekan yang dia punya. Tanya aja langsung ke orang terdekatnya, misal saudaranya mengenai kejelekan calon istrimu ini. Fungsinya apa? Dengan mengetahui kejelekannya, seenggaknya kamu udah nyiapin mental kalo saat di tengah-tengah pernikahan, kejelekan ini muncul. Kalo kamu emang udah bisa nerima kejelekannya, aku yakin kamu akan gampang menerima kelebihannya.

Nah, itu enam poin yang bisa utarakan mengenai tip memilih calon istri. Sebenarnya banyak faktor yang bisa jadi pertimbangan, misal faktor keturunan. Semoga ini membantu buat kamu yang lagi galau mau ngelamar cewek. Hal yang perlu ditekankan adalah perempuan itu manusia, tidak sempurna. Begitu pula dengan kamu. Untuk itu Islam juga mengajarkan doa ketika pertama kali kamu bertemu istrimu di kamar. Emang ada? Ada, coba cek di sini. Udah ah, cukup sekian entri kali ini :D

14 komentar:

  1. jujur aja, setiap pacaran saya tentu lihat paras dulu.. selain itu harus ada rasa suka dulu.nah rasa suka asalnya dari paras dan tingkah laku yang harus bernilai "good" kalau gak suka ya gimana yaah..

    sementara diatas ada kalimat, tidak harus cinta dulu.. apa akan work menjadi cinta ? apa sudah benar-benar valid ?

    pertanyaan ABEGEH

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, akan work :)
      tidak harus cinta dulu, yang penting cantik/menarik dulu :D
      cinta itu juga bisa muncul karena sering bercinta kug, hehe #apasih

      Hapus
  2. wow milih istri...?
    gak boleh salah ni...

    BalasHapus
  3. tipsny auah dipraktekkan pastinya ya waktu memilih calon istri :)

    BalasHapus
  4. tips nomer lima susah john

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya yo :D
      kayaknya itu yang paling susah di zaman ini

      Hapus
  5. yay, topik bikin galau

    BalasHapus
  6. Banyak kok temen2 sy yg dijodohkan dan yg dilihat pertama adalah agama yg lain2 menyusul...dan sy lihat mrk lbh bahagia drpd psngan2 yg terlbh dl pacaran....itu artinya apa yg Rosulullah katakan benar bahwa dilarang mencuri kenikmatan ( pacaran ) kr akan mengurangi kenikmatan pernikahan...wallahu a'lam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, banyak yang pacaran sama siapa nikahnya sama siapa :D
      banyak yang nikahnya ga sama pacarnya

      Hapus
  7. Manggut2. Saya terjemahkan calon isteri menjadi calon suami. :P

    BalasHapus
  8. tipsnyabnyk dan bikin ane berfikir lagi mas, hehe tpi skrg msh fokus kuliah dulu deh
    salam kenal mas

    BalasHapus