Persona Intikalia

26 Mar 2014

Yang Berharga Yang Tersembunyi

Kebanyakan sesuatu yang berharga itu tersembunyi dan dilindungi. Mutiara berharga dan berada di laut yang dalam, di dalam sebuah cangkang yang kuat. Otak berharga, tersembunyi di balik tempurung kepala. Jantung berharga, dilindungi dengan tulang rusuk. Surga berharga, tersembunyi. Surga, dalam bahasa Arab jannah artinya tersembunyi, tertutupi. Seperti seorang dikatakan majnun (gila) karena akalnya yang tertutupi.

Privasi itu berharga, dan selalu berusaha untuk disembunyikan. Lantas, bagaimana dengan kamu yang mengobral privasimu di Facebook? Jika itu berharga, maka sembunyikanlah segera. Beberapa Blogger juga menyembunyikan identitasnya, wajahnya, asalnya; karena privasi bagi mereka adalah harga mati. Sungguh tidak menyenangkan apabila kita berjalan ke mall, tiba-tiba ada yang menyapa dan mengatakan privasi-privasi kita karena dia tahu dari Facebook atau jejaring sosial lainnya.

Aku pun di blog ini juga meminimalisir penyebaran info tentang diriku. Bukan pelit, namanya saja internet, aku tidak suka jika info yang sensitif tersebar. Sampe sekarang aku juga masih penasaran dengan beberapa blogger yang menutupi identitasnya. Sebut saja Huda Tula dan Hoeda Manis, sampe sekarang saya tidak tahu nama aslinya. Namun, itu tidaklah terlalu penting bagiku. Dulu aku juga memakai nama pena John Terro. Awalnya aku tidak ingin membuka ke umum siapa namaku sebenarnya, tapi tak apalah. Kadang memang harus dibuka untuk kepentingan tertentu.

10 komentar:

  1. sekarang tau, namanya bukan jhony iskandar kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan om :P
      jhony iskandar kan penyanyi

      Hapus
  2. aku juga menutup informasiku di blog, takut kalau diculik hehe.....

    BalasHapus
  3. namanya privasi ya jangan sampai diobral di sosial media. Tar kalau sudah banyak yang tahu namanya bukan privasi lagi tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi untuk beberapa orang kurang peduli dengan privasi mereka

      Hapus
  4. oh yang namanya Jhon Terro yak ? siapa pun namanya, orgnya ttp sama kan? g pake 2 kepribadian kan?
    Btw, saya baru mampir lagi setelah lama sekali tidak blogwalking :D

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu nama penaku dulu :)
      ga lah, 1 kepribadian doang
      iya mbak Rosa, saya tahu mbak Rosa blogger lama

      Hapus
  5. Aku juga mulai mengerti kenapa banyak netizen suka make profile picture atau ava dari pict2 seleb atau anime (Padahal juga pakai nama asli)... Mungkin alasannya karna privacy juga kali yak? Hmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juga :D
      tapi bisa aja dia ngefans sama tokoh yang dipake itu nuel

      Hapus