Persona Intikalia

12 Jun 2014

Ngeblog Harus Ikhlas?

Pagi ini saya digelitik dengan seorang pengunjung yang komentar di salah satu blog saya, Belajar Ngeblong bersama Iskael. Pasalnya dia kayaknya sebel dengan fitur di blog Iskael karena ga bisa copas. Ya, saya sih emang ngatur blog itu biar ga bisa dicopas, padahal bisa dicopas kalo mau agak ribet dikit. Dan hal yang menggelitik saya adalah saya dikatakan tidak ikhlas.

Saya akui, saya tidak pernah ikhlas dalam ngeblog. Ngeblog itu tidak harus ikhlas. Ngeblog bukanlah ibadah layaknya sholat atau puasa yang mensyaratkan keikhlasan. Ngeblog ya ngeblog, setengah-setengah, ga ikhlas, acak-acakan pun boleh; karena memang tidak ada syarat ikhlas agar ngeblog itu diterima oleh Yang Maha Kuasa.

Hemat saya, ngeblog itu layaknya ngajarin anak les di Bimbel. Apakah saya harus ikhlas? Tidak, saya juga ga mau disuruh ngajari anak les ga dibayar. Ngeblog juga kadang harus dibayar loh. Jangan kira ngeblog itu gratisan, toh kita ngeblog-pun tidak 100% gratis. Butuh internet, beli domain dan hosting kalo memang dibutuhkan. Bayangin aja apa kamu mau nulis tentang sebuah produk yang intinya ngebaik-baikin tanpa bayaran? OMG Hellooo!! #korbansinetron

Di luar sana, saya yakin pasti ada orang yang ngeblog dibayar. Tak tanggung-tanggung, ada yang dibayar 1 juta per artikel product review. Jika kamu masih merasa kaget dengan fakta ini, cobalah berkenalan dengan mereka yang berhasil dalam bidang menulis ini. Wawasan kita akan terbuka, bahwa menulis itu ternyata tidak gratis. Hanya saja menemukan mereka yang produktif di bidang menulis memang agak susah, bukan karena sedikit tapi karena mereka lebih suka tidak gembor-gembor.

Memang mencari seorang yang ikhlas itu sulit. Bukan karena sedikitnya orang yang ikhlas, tapi karena tidak semua hal itu mensyaratkan keikhlasan. Jika kamu sudah pada fase mencari nafkah, tidak ada kata ikhlas dalam mencari nafkah. Jika ada orang yang bilang ke kamu, "Kamu kerjain ini yah, tapi ga aku bayar, biar kamu bisa tahu apa itu makna ikhlas", tinggal jawab aja, "Gini aja pak, bapak bayar saya tanpa saya ngerjain apa pun, biar Bapak juga tahu artinya ikhlas itu apa", hehe. Udah ah gitu aja.

6 komentar:

  1. Hahaha, ada-ada aja. Itu mungkin blogger newbie yang lagi nyari bahan copas, John. Kalau mau ngemeng ikhlas, harusnya dia juga ikhlas dong, waktu nemu blog yang gak bisa di-copas. Gak usah ribut. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, kayaknya sih gitu
      tapi kalo blogger newbie enggak juga, dia pake TLD kug
      mungkin dia cuma pengen copas aja :D
      haha, iya aku tadi lupa ga balesin komen dia dg itu

      Hapus
  2. Susah ikhlas bagi Blogger yang nulisnya dari hati dan pikiran sendiri. Sekian dan terima kasih. :D

    BalasHapus
  3. hihihi sesekali matre gak apa-apa dong dalam ngeblog ya :)

    BalasHapus
  4. wekeke, aneh2 aja,
    aku juga dulu ngeblog gak ikhlas pengen dapet suami eh sekarang udah dapet :P

    BalasHapus
  5. Hahaha ada2 aja yg komen ga ikhlas tu. Ngeblog jg pasang surut, kdg males kdg rajin hahahaha

    BalasHapus