Persona Intikalia

20 Agt 2014

Tiga Penyebab Kegagalan dalam Segala Hal

Pernah mengalami kegagalan? Tentu setiap manusia pernah mencicipi kegagalan. Setidaknya ada tiga penyebab kegagalan yang kadang manusia tidak menyadarinya. Ketiga penyebab itu sebenarnya sudah ditulis oleh salah satu penulis novel di 5 Menara dan 2 novel lanjutannya.

Mantra dalam novelnya memang diambil dari pepatah Arab. Saya masih ingat saat dulu masih kelas 5 SD, ngaji di deket rumah. Ustadz saya juga pernah mengajarkan banyak pepatah Arab dan hadits mengenai kehidupan, tepatnya tentang semangat mencari ilmu. Pepatah Arab yang pertama kali diajarkan oleh ustadz tersebut adalah "Man Jadda Wajada", kira-kira artinya "Siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil".

Nah, itulah syarat pertama keberhasilan, yaitu sungguh-sungguh. Banyak sekali manusia yang mengira dirinya telah bersungguh-sungguh, namun itu hanya prasangka. Bersungguh-sungguh itu tidak mengenal lelah. Lelah sih, tapi ga kerasa. Kebanyakan orang yang bersungguh-sungguh itu berhasil. Contohnya? Kamu bisa melihat orang-orang berhasil di sekitarmu. Apa mereka diam saja? Apa mereka bersantai-santai? Tidak, mereka bersungguh-sungguh.

Yang kedua, ketika seseorang sudah bersungguh-sungguh itu belum jaminan tidak akan mengalami kegagalan. Karena ada syarat kedua yang harus dilakukan, yaitu "Man Shobaro Dhofiro". Siapa yang sabar, maka ia beruntung. Kebanyakan manusia yang bersungguh-sungguh akan bosan setelah ia menemui sebuah titik; di mana dia sudah merasa bahwa yang selama ini dia perjuangkan tidak membuahkan hasil. Perlu kesabaran untuk bisa konsisten pada apa yang diperjuangkan. Perlu kesabaran untuk menghadapi cobaan-cobaan yang dilalui lantaran memperjuangkan sesuatu.

Contoh yang paling gampang di dunia ngeblog adalah mendapatkan hasil dari kegiatan ngeblog kita. Betapa banyak Blogger yang tidak sabar. Mereka baru ngeblog sudah pengen dapet penghasilan dari ngeblog-nya. Ini tidak mungkin. Seandainya dia mengerahkan waktu dan duitnya untuk ngeblog, tetap butuh waktu untuk mencapai keberhasilan. Sayangnya tidak semua bisa bersabar.

Saya dulu pernah ditanya oleh teman-teman kuliah saat saya masih seneng-senengnya update nulis di blog ini. Emang saya dapet apa dari ngeblog, ini adalah pertanyaan yang sering muncul. Saya jawab, sekarang memang belum menghasilkan apa-apa kecuali kepuasan menulis. Namun, dua tiga tahun kedepan akan menghasilkan sesuatu. Jika sekarang saya ditanya dapat apa aja dari ngeblog, saya akan menjawab: Saya dapat teman, uang, bahkan istri dari ngeblog, hehe. Jangan ditiru yah, karena takdir orang beda-beda :D

Oke lanjut lagi. Yang ketiga adalah "Man Sana 'Ala Darbi Washola", "Siapa yang berjalan di jalannya maka akan sampai". Maksudnya adalah siapapun yang berjalan sesuai dengan jalan untuk mendapatkan sesuatu maka akan sampai. Jika kamu ingin mendapatkan uang dari blog, belajarlah dari orang yang sudah berhasil mendapatkan uang dari blog sebelumnya. Karena orang itu sudah tahu jalannya. Banyak sekali orang yang bersungguh-sungguh, sudah bersabar, namun masih gagal. Bisa jadi karena orang tersebut salah berjalan, bukan di jalan yang seharusnya.

Sebenarnya dari pepatah ini mengandung sebuah makna yang mendalam. Keinginan (niat) harus dibarengi dengan cara yang benar. Misalkan niat mencari nafkah, tentu salah apabila caranya dengan mencuri. Dari sini juga dapat diambil pelajaran bahwa diterimanya amal apabila niat dan caranya benar. Banyak sekali kan di luar sana orang yang hanya mendewakan niat. Mereka mendengungkan "Kan yang penting niatnya". Yah, makan tuh niat, hehe.

Niat tidak akan menyampaikan seseorang pada keberhasilan jika caranya salah. Biasanya sih cewek yang belum berjilbab bilang, "Kan yang penting niatnya menutup aurat hati dulu". Pertanyaannya, sejak kapan hati perlu ditutupi? Bukannya emang dari sananya hati itu udah rahasia yah. Di Al-Quran juga ga ada kewajiban menutupi hati, yang wajib cuma menutup aurat tubuh :D

Nah setidaknya tiga hal itu yang perlu diperhatikan dalam menjalani segala hal. Saya yakin ini adalah hal yang global dan bisa diterapkan di banyak hal, ga hanya agama saja. Dalam dunia blog, jika ingin berhasil dan mendapatkan uang ya emang setidaknya ada tiga syarat yang harus dijalani tadi; sungguh-sungguh, sabar, dan di jalan yang benar. Oke segitu aja dulu. Semoga bermanfaat :)

7 komentar:

  1. sabarnya yg agak sulit
    tp kdg klo emang bkn rejekinya mau sabar kyk apa pun gk dpt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, ya itu lah
      kesabaran menunggu rejeki yang sedang dikejar

      Hapus
  2. Masya Allah... semoga bisa mempraktekkan

    BalasHapus
  3. Aku kalo ngeblog suka sharing aja, siapa tau tulisanku bermanfaat dan dapat pahala.

    BalasHapus
  4. masuk iki tulisane..

    BalasHapus
  5. kuncinya memang musti sabar... bisa jadi sebenarnya yang kita lakukan justru tanda-tanda awal kesuksesan

    BalasHapus