Persona Intikalia

11 Sep 2014

Ketika Sulit Menemukan Driver ASUS X450C untuk Windows 7 di Google

Persaingan hasil pencarian di Google, makin hari makin memilukan. Banyak orang berlomba-lomba untuk tampil di halaman pertama pencarian di Google dengan kata kunci tertentu. Namun, bagiku itu tidak masalah ketika konten dari website tersebut sangat relevan dan membantu sang pencari dalam menyelesaikan beberapa masalah.

Namun, faktanya dengan perlombaan seperti ini banyak sekali muncul konten abal-abal yang sedikit sekali kerelevanannya. Bahkan, terkesan mengejar kata kunci saja tanpa menawarkan solusi. Sebut saja, beberapa hari yang lalu saya mencari driver untuk laptop adikku. Driver laptop bawaan dari pabrik hanya mendukung untuk Windows 8 saja. Sedangkan adikku pake Windows 7.

Karena driver bawaan yang tidak sesuai, saya harus mencari driver laptop adikku satu per satu. Seharian belum lengkap driver-nya. Capek banget lah. Apalagi cari-cari di Google dengan seri ASUS X450C menghasilkan ketidakpuasan. Hampir semuanya tidak memberikan solusi, hanya mengejar kata kunci. Sampe akhirnya ketemu salah satu thread di Kaskus yang lumayan membantu. Memang sih tidak secara langsung ngasih tahu. Tapi setidaknya dari sana ada yang menyarankan pake Driver Easy untuk ngebantu nemuin driver-driver yang perlu diinstal.

Dengan dibeli koneksi internet yang pas-pasan, pencarian ini terasa begitu menyakitkan. Agak lebay yah. Tapi faktanya emang menguras waktu, tenaga, dan kesabaran. Karena saya tidak mau repot, akhirnya saya pilih Driver Easy versi online. Sialnya ketika udah kedeteksi semua, ternyata sehari hanya bisa download satu driver saja. Nyebelin kan? Saya pun ga kehilangan akal, saya list nama-nama yang muncul di Driver Easy, lalu saya cari manual di internet.

Tapi, karena internet saya yang lemot. Download semua driver tersebut dari internet adalah kebodohan. Saya cari di DVD driver bawaan yang semisal dengan list yang disarankan oleh Driver Easy. Ketemu! Walau driver-nya out of date, ga masalah. Yang penting bisa jalan dulu.

Dengan pengalaman yang pahit seperti ini, kayaknya saya harus menulis juga cara mendapatkan driver ASUS X450C, karena di situs ASUS sendiri adanya X450CA, X450CC, X450CP. Agar orang lain ga mengalami sakit hati saat nginstal driver, hehe. Setidaknya dengan tulisan saya nanti akan membantu orang lain. Kemungkinan saya akan nulis tentang hal itu di blog Iskael saja. Karena blog ini isinya curhat mulu, hehe. Ketika artikel tentang driver ASUS X450C untuk Windows 7 sudah selesai, saya akan kasih tautannya di sini. Udah gitu aja curhat kali ini. Selamat melanjutkan aktivitas.

3 komentar:

  1. banyak yg nembak keyword john, coba deh googling jgn pakai google.co.id tapi google.com

    BalasHapus
  2. aku juga pakai ASUS tapi win 8

    BalasHapus