Persona Intikalia

4 Okt 2014

Anakku Mirip Siapa?

Bayi ini memang ajaib. Beberapa bulan yang lalu sangat mirip dengan saya. Kini, dia agak mulai mirip dengan emaknya. Sebenarnya saya sih sangat bangga jika anak saya wajahnya mirip dengan saya. Karena tidak perlu ada pertanyaan ini anak siapa; ya jelas anak saya lah, hehe. Sampe-sampe saking posesif-nya, nama anak ini saya kasih embel-embel nama saya. Aisyah Iskandar.

Sebenarnya sih emang dari dulu pengen banget punya anak, tapi berhubung dulu belum nikah jadi mana mungkin saya melahirkan layaknya picolo yang melahirkan dengan cara muntah. Alhamdulillah tahun 2013 lalu akhirnya saya menikah juga. Padahal saya pesimis ada cewek yang mau dengan saya. Selain saya ganteng, saya tidak punya apa-apa yang dibanggakan, hehe.

Kembali ke anakku mirip siapa, sampe saat ini masih belum bisa dipastikan mana yang lebih dominan. Saya sih berkeyakinan bahwa akan mirip dengan saya yang ngganteng. Namun, ada sebuah dilema yang berkepanjangan jika ternyata anak saya ngganteng. Mana mungkin seorang cewek bisa ngganteng? Ini yang sangat mengkhawatirkan.

Dengan dibekali istri yang cantik, seharusnya saya juga bisa menghasilkan anak yang cantik. Saya sih hanya bisa berharap nantinya anak saya mirip dengan saya, tapi versi cantiknya. Bingung kan ngebayanginnya gimana? Hehe. Jangan terlalu serius membacanya.

Mungkin saja dulu mirip saya banget, dan hampir kayak cowok, karena bayi ini dicukur gundul. Namun, beberapa minggu yang lalu udah tumbuh banyak rambutnya dan mulai terliat ceweknya.

Itu sih dari segi wajahnya. Sangat unik lagi kalo ditelusuri dari segi perilaku dan kecerdasan. Yang terlihat hingga saat ini, secara perilaku menggabungkan keduanya. Tapi yang lebih dominan lebih ke perilaku emaknya. Maklumlah, dalam 24 jam, Aisyah lebih sering di tangan istri. Tapi kalo kecerdasan belum ketemu. Kalo niru bapaknya, umur 13 tahun dia udah bisa bikin sandi yang rumit, hehe.

Ada yang bilang kalo kecerdasan anak itu tergantung dari kecerdasan istri. Padahal faktanya emang sebagian besar kayak gitu. Kadang cerdas itu tidak harus lulusan sarjana, ibu dari Imam Syafi'i yang cerdasnya ga ketulungan itu juga bukan sarjana. Ingat, sarjana itu hanya masalah takdir. Beberapa orang yang kukenal dia memilih untuk tidak menjadi sarjana padahal saya tahu dia cerdas, hehe. Masih ingat dengan Thomas Alfa Edison sang penemu lampu pijar? Apakah ibunya lulusan sarjana? Saya kira tidak.

Saya sering berpesan pada istriku kalo sama anak harus sabar. Kebanyakan anak kecil itu emang bandel. Tapi itu adalah hal yang lumrah. Yang ditekankan dalam mendidik anak adalah jangan biasakan dia berbohong. Jangan biasakan dia takut mengakui kesalahannya. Salah itu biasa, tapi meminta maaf itu luar biasa. Banyak sekali orang yang takut salah, sehingga ketika dia salah dia juga takut meminta maaf.

Banyak sekali anak-anak di Yaman sana, ketika kecil mereka sangat bandel. Bahkan gurunya pun sampe harus kejar-kejaran saat mengajar mereka. Namun, kelebihan dari anak-anak yang bandel adalah mereka itu jujur dan memiliki daya pikir yang mengagumkan. Maka, dari anak-anak bandel Yaman tersebut tidak sedikit yang ketika dewasanya mereka menjadi seorang ulama. Dan masih banyak lagi cerita-cerita kebandelan orang-orang sukses di dunia ini ketika mereka masih kecil.

Entah ini nanti Aisyah kalo udah gedean dikit bandelnya kayak apa. Saya juga penasaran dengan anak pertama saya ini. Kalo sekarang sih yang paling keliatan dia suka banget dengan hal-hal yang bercahaya. Apakah mungkin ketika dewasa Aisyah akan menjadi pengembang teknologi Tesla? Entahlah, ini masih misteri :D

4 komentar:

  1. Akhirnya aisyah mirip enny juga :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya gara2 Aisyah jarang Iska ketekin :D
      kalo dulu kan sering nyundul keteknya Iska kalo lagi bobo

      Hapus
    2. untung aja jarang diketekin ntar malah mukanya mirip ketek iska :D

      Hapus
    3. wekeke ... bahaya juga kalo muka bisa mirip ketek :D

      Hapus