Persona Intikalia

9 Okt 2014

Pengalaman Perpanjangan SIM di Tunjungan Plaza Surabaya

Cerita berawal dari kemarin mencoba mengurus SIM tidak di SAMSAT-nya langsung. Nah, biasanya saya memperpanjang STNK di ITC Mall Surabaya; kemarin saya ke sana eh ternyata cuma bisa buat ngurus perpanjang STNK saja, untuk SIM ga bisa.

Saya pun kemarin nanya ke petugas SAMSAT Corner yang ada di ITC kalo mau memperpanjang SIM di mana. Petugasnya bilang kalo mau ngurus perpanjangan SIM di TP 1. Karena saya tidak tahu jalan ke TP 1 dari rumah saya, jadinya saya batalkan hari itu; besok saja, pikirku.

Tunjungan Plaza atau yang akrab disingkat jadi TP, itu sih tiap 2 minggu aku lewat di depannya. Lah kug sampe ga tahu toh? Bagi yang hidup di Surabaya hal itu sangatlah wajar. Karena eh karena jalan di Surabaya itu cuma satu arah. Jadi saya bener-bener ga tahu jalurnya kalo dari rumahku. Hal ini pernah terjadi saat saya ke BG Junction 2 tahun yang lalu. Jalan berangkatnya muter-muter nyasar beberapa kali. Jalan pulangnya lurus aja ikutan jalan nyampe rumah.

Jadi hari ini saya sengaja mengajak adik saya yang lebih melek jalan daripada saya. Itu aja tadi kebablasan, akhirnya nyari puter balik buat bisa ke TP 1 lagi. Melelahkan memang kalo serba jalan satu jalur doang.

Oke, jadi ceritanya saya masuk di TP 1, lalu saya bingung. Terakhir masuk TP tahun 2008 lalu. Udah 6 tahun ga pernah ke TP. Maklum lah, saya kan bukan anak yang suka keluyuran di Mall. Nah, pas di sana bingung nyari SAMSAT CORNER. Biasanya kalo di ITC itu SAMSAT CORNER terlihat dengan jelas. Namun, sangat berbeda di TP. Letaknya nyelempit bingit. Dari luar ga bisa keliatan.

Awalnya saya nyasar mondar-mandir ga jelas selama 15 menitan. Akhirnya aku putuskan untuk langganan internet satu hari ini saja. Kemudian saya Googling letak SAMSAT CORNER di TP 1. Dan ternyata ada di dekat Bank BCA. Saya lihat dari jauhan kug ga ada SAMSAT CORNER. Eh ternyata kawan, SAMSAT CORNER-nya nyelempit di dalem. Pantesan namanya CORNER, nyelempit bingit.

Oke, akhirnya saya masuk ke sana. Saya tanya ke petugasnya kalo saya mau memperpanjang SIM. Petugasnya ngasih tahu suruh urus surat kesehatan dan asuransinya di depan. Saya pun ngurus, kirain bakal diperiksa atau apa. Eh ternyata cuma dilihat saja, lalu ditulis sehat :D

Untuk biaya kesehatan dan asuransi ini dikenakan 50 ribu (kesehatan 20 ribu, asuransi 30 ribu). Saya sebelumnya baca-baca di internet mengenai biaya asuransi yang 30 ribu katanya sih ga wajib. Cuma saya kan bukan orang yang iseng mau mempermasalahkan wajib atau tidaknya. Saya sih sesuai prosedur aja.

Setelah itu saya ke petugas dikasih formulir lalu disuruh bayar di petugas BRI yang udah siap siaga. Untuk SIM C dikenakan biaya 75 ribu. Oh ya ada yang lupa, kalo bisa sih siapin bawa fotocopy SIM dan KTP masing-masing 1 biji. Tadi kena charge fotocopy 2 ribu gara-gara ga bawa fotocopy SIM dan KTP. Ya udah terlanjur di sana, masa mau keluar cari fotocopy-an, males bingit lah.

Setelah itu isi formulirnya. Udah ada contohnya kug, tinggal ngisi sesuai data diri kamu. Dan yang paling penting, jangan nyontek data orang lain yah :P

Setelah ngisi formulir, langsung serahin ke petugasnya. Tunggu beberapa menit (paling 10 menitan) kamu akan dipanggil buat foto. Ingat, kalo bisa pastikan wajah kamu ganteng dulu. Tadi rambut saya sih agak acak-acakan. Jadinya yah ga ganteng-ganteng srigala amat. Tapi emang takdir sih, selalu ngurus surat yang resmi, ga pernah dalam keadaan ganteng. Mungkin karena kurang fotogenit.

Setelah foto, tunggu sekitar 3 menitan, dan TARAAAA!!! SIM baru kamu sudah jadi. Ya kalo dihitung-hitung sih total semuanya ga sampe 30 menit. Cepat bukan dibanding jika harus ngantri di SAMSAT-nya sana.

Itulah perjalanan sana mengurus perpanjangan SIM di TP 1 Surabaya. Jika kurang berkenan, saya mohon maaf. Jika ada lebihnya semua itu dari Alloh. Kalo ada yang tanya, silakan sudah ada kotak komentar di bawah ini. Saya jawab sepengetahuan dan sebisa saya.

14 komentar:

  1. Klo Iska GGI (ganteng2 imut)
    :-D

    BalasHapus
  2. Ternyata tidak perlu waktu lama untuk menurus perpanjangan SIM ya kang, dan waktunya pun singkat.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kang, sekarang semuanya serba mudah dan instan
      Salam :)

      Hapus
  3. Nambahi mas, Kalau tidak salah, di Taman Bungkul juga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Gar, banyak
      cuma kalo di tempat kayak Bungkul itu cuma hari dan jam tertentu
      kalo di TP 1 ini, Minggu aja ada

      Hapus
  4. waah cepet ya, pulangnya bisa lanjut jalan2 ke mall dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih emang
      saya juga habis ngurus SIM ke gramedia dulu

      Hapus
  5. Tanya petugas security ato informasi kn bisa john.. -.-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. bertanya ke manusia itu setelah dari Google ga nemu din :P
      membiasakan mandiri dan tidak merepotkan orang lain itu penting #alesan

      Hapus
  6. thanx infonya kang is..tapi klo bikin SIM C baru ga bisa d TP1 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ga bisa
      ga ada lapangan ujiannya :D

      Hapus
  7. Kalo KTP luar surabaya kira2 bisa g y?
    Kan udah jamannya online neh,sp tau aja bisa kn...
    Tlg infonya kalo tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tahu jg yah
      coba aja, mungkin aja bisa :D

      Hapus