Persona Intikalia

29 Apr 2015

Cara Membuat Donat dengan Tepung Pilihan

Kue yang satu ini memang banyak penggemarnya. Bentuk dan rasanya pun kian beraneka ragam karena banyak orang yang telah memodifikasi kue ini menjadi beragam rasa dan pilihan. Kue donat merupakan cemilan yang pas untuk bersantai bersama dan keluarga. Termasuk bisa juga sebagai pengganti makan siang untuk ukuran donat yang super besar. Nah, jika anda ingin mengetahui cara membuat donat ini, anda bisa mulai mempelajarinya dengan membuat donat dengan resep yang sederhana. Meskipun resep sederhana, namun ada satu bahan yang harus menjadi bahan wajib tiap kali membuat donat. Yakni tepung Bungasari yang merupakan tepung pilihan untuk membuat donat dengan kualitas rasa yang enak.


Bahan-bahan yang dipilih untuk membuat donat ini perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Secara umum, donat merupakan kue dengan bahan termudah untuk didapatkan. Kali ini, resep yang akan digunakan yakni donat kentang. Donat yang terbuat dari kentang dan memiliki rasa khas kentang. Untuk mulai mempersiapkan cara membuat donat diperlukan tepung Bungasari yang menjadi tepung andalan dalam setiap adonan donat, kemudian kentang secukupnya untuk mencampuri adonan tepung. Selain itu bahan selanjutnya seperti bahan membuat kue pada umumnya. Yakni ada kuning telur, gula pasir, mentega, garam, dan air. Kentang yang sudah dikupas tentunya perlu dicuci dan ditumbuk halus. Agar nanti ketika dicampur maka kentang sudah berbentuk halus.

Untuk tepung, kentang, kuning telur, mentega, gula pasir dan garam kemudian aduk hingga merata. Sambil adonan diaduk, tambahkan air sedikit demi sedikit. Tujuannya agar adonan tidak terlalu mengental namun tidak pula terlalu mencair. Mencampur adonan donat tidak begitu sulit. Justru paling sering adonan ini diaduk dengan menggunakan tangan bukan menggunakan alat bantu mixer. Kemudian bentuk donat sesuai keinginan. Namun cara membuat donat umumnya berbentuk seperti lingkaran. Ketika donat digoreng, jika menggunakan tepung Bungasari tentunya donat akan cepat matang dan berwarna kuning keemasan. Tentu serat-serat dari donat ini terasa begitu lembut dan empuk. Karena itu anda bisa mencoba membuat donat ini di rumah.

4 komentar:

  1. nah proses mengaduknya ini yang perlu di perhatikan ya supaya gak gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, bisa bantet kalo salah ngaduknya

      Hapus
    2. kayak kamu bantetnya.. :P

      Hapus
  2. Kalau ngulenin pake tangan tuh cape, enakan pake mixer :D

    BalasHapus