Persona Intikalia

9 Jun 2015

Menyiasati Puasa Ramadhan

Gak kerasa yah bentar lagi udah bulan Ramadhan Biasanya kalau udah deket Ramadhan gini ibu saya suka bikin makanan yang bisa diawetin. Salah satunya sekarang lagi bikin telur asin pedas. Kalau puasa gini paling rempong adalah makan pas sahur. Karena memang gak mood buat masak jadi harus sedia makanan yang gampang bikinnya. Kalau mertua saya seneng bikin serundeng daging buat makan sahur. Karena selain rasanya enak, disimpan pun awet berhari-hari.

Banyak banget makanan awetan yang bisa jadi stok makanan saat bulan Ramadhan. Ibu saya juga dapet request dari temen-temen ngajinya buat bikin keripik kentang yang dibestak atau ada yang menyebutnya dengan kentang mustofa. Biasanya memang enak buat dicemil kadang malah ada yang dimakan pakai nasi. Kalau saya sih lebih suka kering tempe buat makan pakai nasi.

Saat sahur kadang saya lebih suka nyemil ketimbang harus makan nasi. Cuma kalau Ramadhan sekarang saya gak bisa lagi cuma makan cemilan buat sahur. Berhubung lagi hamil tua mau gak mau saya harus makan yang ada karbohidratnya juga jadi bisa kuat puasa. Pernah saya sok-sokan cuma makan krekers, hasilnya gak kuat puasa. Hamil kali ini juga saya sengaja beli susu hamil, khusus hanya diminum saat sahur. Biasanya kalau hamil saya memang jarang minum susu hamil. Saya gak merasa perlu karena dari dokter pun udah dapet vitamin dan segala macam. Lagi pula susu hamil rasanya gak enak, jadi males banget minumnya, haha.

Tapi puasa kali ini beda, saya merasa butuh minum susu hamil meski dari dokter udah dapet vitamin. Soalnya saat sahur saya terbiasa minum sesuatu yang manis. Sedangkan disarankan bagi ibu hamil untuk gak memakan atau minum yang manis saat sahur. Hal ini untuk menghindari insulin shock yang efeknya akan membuat saya merasa lebih cepat lapar dan lemas. Jadi supaya saya gak bandel minum yang manis saya siasati dengan minum susu hamil. Lagi pula minum susu saat sahur bisa menggurangi resiko anemia bagi ibu hamil. Kebetulan saya juga udah nemu susu hamil yang rasanya mirip kayak Milo. Harganya juga gak mahal-mahal amat mereknya Lovamil.

Ini pertama kalinya saya merasakan puasa dengan membawa beban yang cukup berat. Tadinya saya kira bakalan gak kuat. Tapi untung aja suami nyemangatin jadinya saya merasa lebih semangat. Aisyah juga udah bisa jalan, jadi gak perlu cape-cape nuntun dia seperti biasa. Jadi tenaga saya bisa dihemat cukup banyak.

4 komentar:

  1. Semangat mbak enny...

    Btw, telur asin pedas tuh kaya gmn? Blm pernah tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Jiah
      kyk telur asin biasa cm rasanya pedes sm asin :D

      Hapus
  2. Semangat puasa ya bumil :) Insya Allah kuat

    BalasHapus