Persona Intikalia

3 Jun 2015

Saat Aisyah Meniru Gerakan Sholat

Setelah bisa berjalan Aisyah memang sering banget ngerecokin orang sholat. Memang sih niatnya dia cuma pengen ikutan sholat. Tapi ya gitu deh kadang ganggu ke khusyukan sholat. Apalagi kalau udah mulai jalan di sajadah. Makannya sekarang gak bisa yang namanya sholat jamaah bareng ibu. Jadi harus ada salah satu yang ngalah. Kalau gak gitu yang ada sholatnya bisa kacau.

Tapi setidaknya saya senang karena Aisyah sudah mengenal sholat. Meski memang belum bisa meniru gerakan sholat dengan benar tapi ini awal yang baik. Apalagi frekuensi orang sholat cukup sering, sehari lima kali. Dengan begitu saat dia sudah agak besar dia bisa mengerti kalau yang namanya orang Islam ya sholatnya harus lengkap gak boleh bolong-bolong.

Perkara sholat memang penting, mengingat sholat adalah tiang agama. Membiasakan balita sholat lima waktu bukan perkara mudah. Karena kita gak bisa sekedar nyuruh, jadi orang tualah yang harus mencontohkan. Berhubung sholat memang sudah kewajiban jadi memang lebih mudah untuk dilakukan. Aisyah memang sedang dalam fase suka meniru. Makanya ini adalah kesempatan yang bagus memperkenalkan hal baik terutama untuk sholat.

Balita memang belum dibebani kewajiban sholat tapi bukan artinya kita jadi gak mengajarkannya. Tetap perlu diajari sholat hanya saja bukan dipaksa. Lebih seperti pengenalan saja, seperti gerakan-gerakan sholat yang benar beserta bacaannya. Saya takjub banget kalau lihat ada balita yang bisa sholat dengan diam di samping orang tuanya. Saya bertanya-tanya gemana cara ngajarinnya.

Saya gak tahu apakah Aisyah bisa sholat dengan tenang apa gak saat sholat Ied nanti. Takutnya dia ngacak-ngacak sajadah orang sebelah. Kan malu banget tuh. Dulu sih enak waktu Aisyah masih belum banyak tingkah. Saya, ibu dan kakak ipar bisa sholat dengan tenang. Gak seperti waktu gerhana bulan. Sempat ada sholat gerhana, saya sholat di mesjid bersama ibu dan kakak ipar. Eh tahu gak sih, Aisyah emang gak ribut mulutnya tapi dia kabur ke shof laki-laki nyari adek saya. Buyar deh konsentrasi saya. Ibu saya yang panik langsung ngejar dia dan melanjutkan sholat.

Tempo hari lalu dia juga sempat ngerecokin adek saya yang lagi sholat. Aisyah jalan-jalan di sajadah yang dipakai adik saya. Udah gitu dia rukuk tapi tangannya nempel di lantai. Setelah itu dia berusaha sujud tapi aneh banget sujudnya. Posisi dia duduk selonjor lalu mukanya dihadapkan ke lantai. Absurd banget deh.

6 komentar:

  1. Lucunyaaaa tingkah2 Aisyah >.< bikin gemes aja. Mmg sebaikny diajari dr kcl. Anak kecil kan meniru dan cpt menyerap hal2 d sktrny. Ddengerin bacaan2 Al-Quran sekalian En..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jeng
      Aisyah juga sering ditontonin Hafiz Quran

      Hapus
  2. Jd inget ponakanku, dia dulu ruku' gak bs. Skrg 3 th sdh tahu gerakan solat apa aja

    BalasHapus
  3. Rajin terus ya sholatnya Aisyah

    BalasHapus