Persona Intikalia

11 Agt 2015

Antara Promo, Tipu-tipu, dan Merasa Tertipu

Entah kenapa saya lebih suka membayar dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan membayar harga yang lebih murah, meskipun promo tapi ada unsur tipu-tipunya. Hari ini waktu saya agak terbuang sia-sia karena harus mengejar promo domain murah.

Dari awal, saya tergoda dengan domain murah .xyz yang dijual dengan harga promo 30 ribu. Namun, saya mencoba daftar, semua nama domain .xyz semuanya berstatus "TAKEN" atau sudah milik orang lain. Aneh sekali bukan. Saya cek di WHO.IS ternyata domain keinginan saya masih "AVAILABLE". Saya pun mengatakan pada CS-nya kalo ada masalah dengan sistem website-nya.

Akhirnya si CS mengakui masalah tersebut setelah lumayan lama chat. Dari sini saya cukup dilelahkan. Setelah itu, si CS menawarkan kalo dia akan memprosesnya secara manual. Oke, saya pun menyetujuinya. Dari sana saya lega.

Namun, rasa lega saya tidak lama. Saya harus kecewa kembali karena ternyata harga PROMO-nya bukan 30 ribu lagi. Invoice yang masuk di email saya adalah sebesar 45 ribu. Belum lagi ditambah PPN 10% dari harga tersebut 4500. Hingga kalo ditotal 49500 (50 ribu kurang 500 perak). Saya pun menghela napas. Ini promo apaan, harganya tidak sama dengan yang tertera.

Dan yang paling bikin sesak napas lagi ternyata jika membayar melalui internet banking harus dengan nominal 58 ribu sekian (dengan angka unik). Aneh saja sih, kenapa harus angka uniknya selisih 8 ribu. Bener sih dia bilangnya bakal jadi deposit di akun saya. Hanya saja saya sudah terlanjur kecewa dengan semua ini. Akhirnya saya pun membatalkan pembelian domain .xyz tersebut.

Bayangin saja, dari harga promo 30 ribu membengkak jadi 60 ribu. Saya tidak bisa membayangkan jika berlangganan di penjual itu tanpa harga promo. Dompet saya bisa kempes karena domain .xyz kalo tidak promo harganya 175 ribu. Bayangin jika terkena pajak 10% dan biaya tambahan lainnya. Mending saya batalkan terlebih dahulu.

Sepertinya memang lebih baik membeli domain yang sudah dikenal saja, seperti .COM, .NET, .ORG yang jelas pasaran harganya terjangkau dan lebih mudah dihapal nama domainnya.

10 komentar:

  1. angka uniknya kebesaran ya, biasanya kan di online shop paling dua angka belakang aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebesaran banget sampe 4 angka dari belakang :D

      Hapus
  2. Seperti biasa ya mbak, syarat dan ketentuan berlaku. 30 ribu belum termasuk ini itu anu, jatuhnya hampir sama juga dengan yang ngga promo. Tapi malah beribet ngurusnya :D

    BalasHapus
  3. Kalau boleh tahu, itu kamu berurusan dengan penyedia domain yang namanya kemarin aku sebutin itu bukan, John? Atau penyedia lain? Ya biar hati-hati aja sih, kalau sewaktu2 aku berurusan dengan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, penyedia yang kemarin kamu sebutin itu
      aku ke sana soalnya kamu nyebutin nama itu

      Hapus
    2. Oalaah, untung aku belum berurusan sama mereka. Promo2 mereka ngeri, John. Seminggu sekali mereka ngirim email promo ke emailku, tawarannya bener2 menggiurkan (pokoknya ekstrem banget). Untung aku gak langsung tergiur.

      Hapus
    3. iya, promonya emang ekstrem banget sih
      tapi, mereka lupa manusia sepertiku yang lebih milih harga mahal tapi jujur, daripada murah tapi harga bengkak ke mana2
      bikin buang waktu aja gara2 tergiur sama promo mereka, haha
      kemarin itu lumayan lama aku chat sama CS nya, hampir 2 jam
      padahal kalo dipikir2 aku bisa nulis banyak dalam 2 jam
      dan terbuang sia2 gara2 promo mereka

      Hapus
  4. Tapi unik kan buntutnya, haha...

    eh aku ada tertarik beli domain ni. Ada usul ga nih belinya dimana? Sharing dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah sih
      domain .xyz di niagahoster 140rb
      flat ga ada promo
      tapi kalo di qwords, sekarang lagi promo
      kalo ga promo 175rb (belum termasuk biaya tambahan)
      saranku sih beli .com aja nuel :D
      karena ga semua orang tahu kalo ada domain .xyz

      Hapus