Persona Intikalia

3 Agt 2015

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Rumah

Sebagai pasangan yang baru menikah tentu saja kami menginginkan memiliki rumah idaman. Meski sekarang belum punya rumah, Alhamdulillah masih bisa tinggal di rumah yang nyaman. Tapi ya gitu masih numpang dengan orang tua. Tentu saja kami gak ingin terus-terusan numpang dengan orang tua. Sambil numpang sambil ngumpulin uang untuk beli rumah sendiri. Kami memang gak berniat untuk berhutang atau mengajukan KPR ke bank. Pengennya bisa beli rumah sendiri dengan cara ngumpulin sedikit demi sedikit.


Gak masalah sih orang bilang kelamaan. Yang penting punya rumah jangan sampai kena riba juga. Karena kebanyakan KPR sekarang belum ada yang bebas riba. Bersabar lebih baik dari pada harus terburu-buru memiliki rumah tapi malah terjerumus riba. Terserah juga orang mau bilang sok apalah namanya juga prinsip jadi gak masalah kalau orang lain gak suka.

Berhubung memang belum punya rumah, kami memang kadang sekedar memperhatikan orang-orang yang lebih senior saat memilih rumah. Contohnya mertua saya yang memang sudah pernah beberapa kali beli rumah. Untuk rumah khusus dihuni sendiri memang lebih selektif saat membeli. Berbeda jika membeli rumah hanya sekedar untuk investasi seperti bikin rumah kosan atau kontrakan. Biasanya untuk rumah yang sekedar investasi gak terlalu mempermasalahkan soal lokasi. Meski lokasi sulit dijangkau tapi harganya murah bisanya tetap dibeli. Karena di Surabaya padat penduduk jadi meski di tempat yang sulit dijangkau ada aja orang yang butuh kontrakan rumah. Lagi pula perkembangan di Surabaya sangat pesat. Kalau sekarang beli rumah di tempat terpencil, setahun atau dua tahun kedepan rumah tersebut kemungkinan sudah punya banyak akses ke mana-mana. Dan otomatis harga jual juga naik.

Sedangkan untuk rumah yang dihuni sendiri, pertama kali yang dilihat adalah lingkungannya. Islam juga mengajarkan untuk memilih tetangga terlebih dahulu sebelum memutuskan tinggal di suatu tempat. Hal ini dikarenakan tetangga memiliki andil yang cukup besar dalam kenyamanan tempat tinggal kita. Bagaimana mungkin bisa tinggal di rumah dengan nyaman jika tetangga kita ternyata sering membuat gaduh. Atau kita punya tetangga yang sering judi atau mabuk-mabukan. Hal ini pasti akan mengganggu kenyamanan. Apalagi jika punya anak yang masih kecil. Lingkungan sekitar bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jadi penting sekali untuk memperhatikan seperti apa lingkungan rumah.

Setelah mempertimbangkan lingkungan hal kedua yang dilihat adalah seberapa mudah akses keluar dari rumah tersebut menuju tempat-tempat penting. Seperti sekolah, pasar, rumah sakit dan lain-lain. Tapi hal ini gak mutlak harus punya rumah yang dekat sekali dengan tempat tersebut. Karena jaman sekarang transportasi sudah semakin mudah. Sehingga kita bisa dengan mudah mencapai tempat tersebut meski jaraknya gak dekat.

Dan yang paling penting saat memutuskan membeli rumah adalah melihat kondisi rumah yang akan dibeli. Gak mungkin kan kita mau beli rumah yang kondisinya sudah rusak berat. Kecuali rumahnya dijual murah banget, mungkin masih mau yah. Tapi itu juga dengan mempertimbangkan biaya renovasi rumah tersebut setelah dibeli.

Aplikasi Android Dari Urbanindo
Di jaman yang serba dipermudah ini mencari rumah pun makin mudah. Gak perlu keluar rumah panas-panas keliling ke sana kemari. Kita bisa menggunakan aplikasi Android dari Urbanindo untuk mencari rumah idaman sambil leyeh-leyeh di rumah. Mencari rumah di Urbanindo juga lebih aman ketimbang mencari langsung yang rentan dengan praktik calo. Biasanya calo ini memang kadang mempersulit orang yang akan membeli rumah. Belum lagi kalau minta komisinya gede banget. Jadi lebih aman mencari rumah di Urbanindo agar terhindar dari calo-calo liar.

2 komentar: