Persona Intikalia

12 Nov 2015

Gejala Tipes dan Makanan yang Baik Bagi Penderita Tipes

Sebagian besar orang mengidentikkan penyakit tipes disebabkan karena pola makan yang kurang teratur. Padahal tidak seperti itu, penyakit yang memang menyerang sistem pencernaan manusia ini lebih tepat dikategorikan sebagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih, sehingga menyebabkan bakteri penyebabnya dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia melalui konsumsi makanan. Gejala tipes selalu identik dengan peningkatan suhu tubuh, selain itu juga masalah lain seperti pencernaan.

Mengenal gejala penyakit tipes sedini mungkin sebenarnya menjadi solusi untuk pengobatan, mengingat jika pengobatan dilakukan dalam fase-fase awalnya hasilnya akan lebih optimal. bagi mereka yang sudah menderita perawatan yang tepat juga harus dilakukan, umumnya tak diizinkan untuk konsumsi jenis makanan yang terlalu asam maupun makanan yang pedas, berikut ini ada beberapa pilihan makanan yang baik diberikan pada penderita tipes, yaitu:

  • Tahu, bahan makanan yang satu ini berasal dari sari kedelai, kita tau bahwa kandungan protein nabatinya sangat tinggi dengan tekstur yang halus, sangat baik diberikan kepada penderita tipes, namun dengan catatan pengolahan juga harus tepat, Anda tak boleh menggoreng maupun membakarnya, melainkan hanya untuk direbus maupun ditim.
  • Kacang-kacangan, sangat diutamakan adalah kedelai dan olahannya, kandungan protein nabati yang cukup tinggi mampu memberikan pembentukan daya tahan dan perbaikan sel-sel yang sudah rusak, olahannya juga sebatas yang direbus.
  • Ikan rebus, memang lebih dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan cara direbus karena mengurangi zat-zat yang hilang sat digoreng dan mencegah bahaya karsinogenik, ikan kaya akan vitamin dan protein, jenis apapun sangat bagus, namun lebih dianjurkan ikan air tawar.
  • Ayam rebus, pemilihannya harus Anda perhatikan, usahakan ayam tersebut merupakan ayam ras asli atau kampung karena lemaknya jauh lebih sedikit.

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan bagi penderita tipes. Bahan panganan lainnya seperti nasi juga boleh dikonsumsi, namun harus dalam bentuk bubur karena pencernaan masih bermasalah. Salah satu gejala tipes adalah diare dan sembelit, hal ini disebabkan bakterinya menyerang pencernaan atau lebih tepatnya bagian usus halus manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar