Persona Intikalia

21 Feb 2016

Memasak Tanpa MSG

Sebagai seorang ibu yang jarang banget masak saya memang gak jago-jago amat masak. Kadang kalau masak enak kadang gak enak. Maklum sih selama menikah ini karena masih tinggal sama orang tua jadi sering kalau urusan masak selalu dimasakin. Soalnya mertua saya masakin anak dan suaminya. Saya sih ngikut aja pada makan apa. Jarang sih gak cocok makanan mertua, kecuali masak yang ada petisnya, biasanya males makan.

Meski gak jago masak saya suka menolak pakai MSG atau sejenisnya. Entah kenapa saya gak suka kalau masak pakai ini. Padahal kalau amatiran masak pakai MSG biasanya jadi enak. Pengennya sih memang membiasakan anak untuk makan non MSG. Tapi apa daya karena masaknya bukan masak sendiri jadi tetep makanan ada MSGnya.

Kemarin entah kenapa saya kepengen makan sop daging iga. Dan kebetulan mertua lagi gak enak badan. Sekalian bantuin masak. Awalnya saya gak pede banget mau masak sop. Apalagi masakan saya gak pakai MSG bakalan beda rasanya dari masakan mertua yang sering pakai MSG. Tapi berhubung sopnya pakai daging masa sih gak bisa mirip rasanya?

Awal masak rasanya memang gak seperti pakai MSG, gak heran sih kan kaldu daging sapinya belum keluar. Tapi setelah dagingnya direbus terus pas dicicipin mulai kerasa kaldunya. Masih belum mirip juga kayak sop yang pakai MSG. Akhirnya saya tambahin gula dan garam. Saat dicicipi ternyata rasanya mulai mirip, sampai akhirnya saya tambahin gula dan garam sedikit-sedikit sampai akhirnya rasanya sama dengan sop yang pakai MSG.

Rasanya seneng banget pas suami makan ternyata katanya sopnya enak. Dan saya bilang itu gak pakai MSG. Suami juga kaget karena rasanya mirip banget dengan pakai MSG. Memang sih dulu ibu saya pernah bilang, kalau masak itu pinter-piter pakai gula garam. Tapi gak semua masakan bisa dibubuhi gula. Ada kalanya gak perlu gula.

Tapi sayangnya kalau gak pakai MSG ini memang masaknya harus pakai daging. Kalau gak gitu ya rasanya memang gak bisa seperti pakai MSG. Kadang sih kepengen bikin kaldu sendiri supaya lebih hemat cuma ya gitu deh kurang telaten, haha. Paling juga bikinnya kalau lagi mood aja.

Dan sekarang ada juga produk yang bilangkan gak pakai MSG. Memang sih bukan MSG tapi bentuk lain dari zat penguat rasa namanya bukan MSG. Entah apa namanya saya agak lupa. Tapi yang pasti sama seperti MSG. Gak salah sih mereka bilang tanpa MSG. Soalnya kalau dilihat di komposisinya gak ada MSG tapi ada penguat rasa yang namanya lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar