Persona Intikalia

28 Mar 2016

Desain Rumah Tropis Sederhana

Pada zaman modern seperti sekarang ini semakin banyak desain rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi bagi anda, salah satunya yaitu desain rumah tropis sederhana. Karena Indonesia terletak di daerah beriklim tropis maka rumah yang didesain tropis ini cocok untuk diterapkan. Rumah tropis merupakan sebuah rumah yang sengaja dirancang khusus untuk dikondisikan di daerah yang terkena sinar matahari secara terus menerus.


Melimpahnya sinar matahari yang mengenai rumah tersebut justru bisa anda manfaatkan sebagai energi tambahan, seperti energi tata surya. Rumah dengan desain tropis ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan rumah dengan desain yang lain. Sebab rumah tropis ini harus bisa bertahan dalam suhu dan udara yang sangat panas ketika musim kemarau. Dan harus kuat menahan kondisi yang sangat lembab saat musim penghujan.

Rumah desain tropis punya cirri utama yaitu konstruksi atap yang tinggi atau teras yang lebar, ventilasi udara yang luas, dan penataan ruangan terbuka. Terkadang juga ada kolam di dalamnya serta tanaman yang banyak di lingkungan rumah. tanaman yang cocok untuk desain rumah tropis adalah pohon palem. Anda bisa mengkombinasikan desain rumah tropis dengan desain lain sesuai kebutuhan dan keinginan. Yang penting ialah bagaimana agar anda tetap merasa nyaman berada di dalam rumah tersebut.

Rumah desain tropis akan tampak indah apabila anda mendekorasi ruangan dengan kisi-kisi kayu atau beton yang disusun vertical. Aksen vertikal ini bertujuan untuk meredam jumlah cahaya matahari supaya tidak sepenuhnya masuk ke dalam rumah. Penataan aksen vertikal yang tepat akan membuat rumah tersebut sedap dipandang sehingga kesan hunian yang nyaman semakin anda dapatkan. Dalam pembangunannya, rumah desain tropis tidak memiliki banyak sekat antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Konsep rumah tropis inilah yang bisa menjadi salah satu solusi buat anda yang memang ingin tetap nyaman berada di dalam rumah  ketika cuaca terik atau ilkim yang lembab.

Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar