Persona Intikalia

1 Apr 2016

Perawatan Wajah Berjerawat Bukan Hanya Dari Luar

Dulu waktu masih remaja, ceileeh, sekarang juga masih remaja kok, haha. Waktu masih remaja wajah saya memang sangat mudah terserang jerawat. Memang sih gak parah tapi lumayan bikin gak percaya diri. Meski saya gak sendiri karena kebanyakan teman perempuan saya yang lain juga mengalami nasib yang sama. Saya jadi berasa punya teman seperjuangan, haha. Sebagai remaja galay saya memang mencoba berbagai macam produk perawatan wajah berjerawat. Tapi sayangnya gak ada yang benar-benar menghilangkan jerawat dari wajah saya selamanya. Mungkin untuk beberapa minggu jerawat saya yang sudah sembuh sehat. Tapi tahu gak sih setelah sembuh muncul lagi jerawat baru. Never ending deh yang namanya jerawat ini.



Padahal sih saya sudah berusaha untuk merawat wajah saya dengan benar tapi ternyata memang ini bukan perkara kebersihan kulit aja. Tapi juga ada hubungannya dengan hormon. Apalagi jaman saya masih remaja suka banget yang namanya makan gorengan dan fast food. Udah tahu deh dua makanan itu gak baik tapi tetep dimakan. Dulu saya gak terlalu mengerti kalau ternyata makanan yang kita makan itu bisa menimbulkan jerawat. Saya cuma tahu gak boleh makan kacang biar gak jerawatan. Meski gak makan kacang tapi makan yang berlemak ya tetep aja bisa bikin jerawat.

Dan entah kenapa tiba-tiba wajah saya mulai gak berjerawat lagi setelah SMA. Padahal saya justru mulai mengurangi perawatan wajah berjerawat saya jadi sekedar cuma cuci muka. Kalau dulu sampai beli gel untuk ngempesin jerawat. Setelah saya lupa melakukan perawatan wajah berjerawat justru jerawat saya malah mulai menghilang. Tapi intinya sih bukan gak boleh melakukan perawatan wajah berjerawat yah. Tapi ternyata saya baru ingat, kalau saya banyak mengurangi porsi untuk makan makanan yang mengandung banyak lemak dan lebih sering puasa.

Kemudian setelah menikah dan hamil anak pertama jerawat mulai muncul lagi. Saya mengerti saat itu ada perubahan hormon pada tubuh saya. Gak heran kalau jadinya banyak jerawat. Dan setelah melahirkan ajaibnya jerawat pada hilang semua. Bahkan sampai sekarang wajah saya bersih dari jerawat. Cuma tetep sih kalau sudah dekat siklus menstruasi terkadang muncul jerawat. Biasanya satu atau dua jerawat nemplok di jidat saya yang jenong ini. Tapi setelah menstruasi biasanya jerawat itu menghilang dengan sendirinya.

Biasanya kalau lagi jerawat gini saya memang suka bikin masker sendiri. Bahannya sih simpel aja seperti madu dan bubuk kayu manis. Masker ini berguna untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Memang sih efeknya cukup lama tapi lumayan enak karena wajah jadi lembab dan rasanya lebih seger. Kalau kepengen cepet bisa pakai serum untuk menghilakan noda bekas jerawat. Biasanya efeknya lebih cepat dari pada menggunakan baha alami.

Oiya jangan lupa ya, saat wajah kamu berjerawat jangan terlalu sering mencuci muka. Muka yang terlalu kering dapat membuat wajah kamu semakin berjerawat. Cukup cuci muka dua kali sehari agar wajah tetep bersih.

Kunci dari perawatan wajah berjerawat sendiri adalah telaten untuk membersihkan muka dan senantiasa menjaga pola makan. Makanan yang kita makan sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Jadi jangan sering makan makanan berlemak supaya kulit wajah gak berminyak. Tapi jangan juga terlalu menghindari makanan berlemak yah. Kita tetap butuh lemak tapi jangan kebanyakan. Makan sayur dan buah-buahan sangat bagus untuk kulit. Selalu usahakan memakan buah setiap hari agar kulit kita lebih sehat. Dan perbanyak minum air putih agar kulit gak kering.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar