Persona Intikalia

7 Jun 2016

Berusaha untuk Hidup Sehat

Memiliki tubuh yang sehat gak bisa didapatkan dengan begitu saja. Kita harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh karena gak semua makanan baik untuk tubuh. Selain itu ternyata waktu makan pun juga harus diperhatikan. Beberapa waktu yang lalu saya pernah mencoba pola makan dengan food combining. Ternyata pencernaan kita punya waktu-waktu tertentu yang gak boleh disi oleh makanan yang sulit dicerna.



Pada pagi hari adalah proses pembuangan, sehingga pencernaan gak boleh diisi dengan makanan yang sulit dicerna seperti karbohidrat dan protein. Sehingga pada pagi hari disarankan untuk mengkonsumsi buah atau sayur yang sangat mudah dicerna. Meski memang efeknya kita jadi mudah lapar ketika hanya sarapan buah saja di pagi hari. Tapi bagi yang ingin berdiet tanpa tersiksa food combining ini sangat cocok.

Saya sendiri sudah pernah menerapkan pola makan food combining ini. Tapi sayangnya gak bisa bertahan lama karena pola makan di rumah memang masih lebih suka sarapan dengan karbohidrat. Jadi jika hanya saya yang menkonsumsi buah saat sarapan akan menjadi pemborosan. Coba saja jika semua mau diajak sarapan buah maka akan lebih ngirit. Padahal saya merasa dengan menerapkan pola makan food combining tubuh terasa lebih segar dan enteng.

Meski gak bisa menerapkan pola makan food combining secara benar, saya masih lebih memilih lauk sayur-sayuran ketimbang daging. Memakan sayuran memang salah satu cara untuk hidup sehat. Karena sayuran mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Saya dan suami pun memiliki kesamaan yaitu senang makan sayur. Jadi mudah bagi saya untuk mengatur menu makan siang.

Tapi tetap saja untuk mengajak suami makan buah saja di pagi hari masih cukup sulit. Mengingat suami memang lebih banyak melakukan aktifitas fisik. Meski belum bisa menerapkan food combining sepenuhnya saya tetap berusaha hidup sehat dengan memakan sayur-sayuran tiap hari.

Selain memakan sayuran, agar tubuh sehat saya juga selalu berusaha minum air putih dalam jumlah besar. Apalagi bulan puasa gini memang harus lebih banyak minum saat buka dan sahur. Tapi efeknya saya jadi males makan karena udah keburu kenyang dengan air. Tapi mau gemana lagi, saat puasa saya memang lebih suka minum dari pada makan. Kalau makan berat gak seberapa, justru lebih ingin nyemil. Mumpung puasa, jadi gak apalah nyemil, haha.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar