Persona Intikalia

22 Jun 2016

Keuntungan Menggunakan Sistem Pembayaran Non Tunai

Sistem pembayaran non tunai mungkin kedengaran masih asing di telingamu. Sistem pembayaran ini sudah dicanang oleh Bank Indonesia sejak lama. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempermudah dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaatnya. Tidak tanggung-tanggung, sistem pembayaran non tunai didukung empat lembaga pemerintah seperti Kementerian ekonomi, Kemenkeu, Pemda DKI Jakarta, dan juga APPSI.



Mengenal Sistem Pembayaran Non Tunai

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan pembayaran non tunai itu?
Pembayaran non tunai adalah pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan warkat atau kartu. Contohnya, beberapa instrumen pembayaran yang bisa dilakukan dengan menggunakan warkat antara lain berupa: cek, nota kredit, bilyet giro, dan nota debet.

Sedangkan menggunakan kartu bisa berupa kartu kredit, kartu ATM, kartu prabayar atau uang elektronik yang kita kenal dengan istilah e-money. Mungkin selama ini kamu masih penasaran, apa sih sebenarnya keuntungan dari menggunakan non tunai? Nah, Kalau kamu masih ragu-ragu dan bingung, apa saja sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan sistem pembayaran ini, berikut adalah beberapa contoh keuntungannya.

1. Nggak Perlu Uang Kembalian

Mungkin kamu bukanlah satu-satunya orang yang pernah merasakan gimana repotnya menunggu uang kembalian, karena pemilik warung tempat kita belanja sedang pergi keluar untuk menukarkan uang. Atau mungkin kamu pernah merasa sangat kesal karena dikasih permen untuk kembalian uang, karena kebetulan pemilik warung tidak menyediakan uang receh atau pas lagi kehabisan.

Tidak hanya itu, mungkin kamu juga tidak begitu suka untuk membawa uang receh terlalu banyak hasil dari kembalian belanja-belanja yang kamu lakukan. Karena bunyinya yang “cling-cling-cling” di kantongmu saat berjalan.

Dengan sistem pembayaran non tunai, pengalaman-pengalaman seperti kejadian di atas tidak akan kamu alami.

2. Gak Perlu Bawa Uang Banyak

Metode pembayaran ini juga akan membuat kita lebih efisien dalam membawa barang terutama dalam bentuk uang. Karena uang yang kita miliki sudah disimpan dalam sebuah kartu sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa segepok uang di dompet.

3. Bisa Dilakukan di mana Saja

Saat ini dunia semakin canggih dan internet dan rakyat. Pembayaran non tunai sebenarnya bisa kita lakukan dengan menggunakan teknologi yang ada mulai dari menggunakan ATM, SMS banking atau internet Banking, dengan kartu kredit, atau dalam bentuk cek.

4. Nggak Perlu Bawa Uang Recehan

Seringkali dompet kita sangat tebal ketika harus bawa uang recehan untuk membayar hal-hal kecil. Dengan sistem non tunai sebenarnya hal tersebut bisa teratasi. Bahkan terkesan cukup mudah, mengingat sistem pembayaran ini juga bisa dimanfaatkan untuk membayar parkir, transportasi, atau membayar tol misalnya.

5. Lebih Aman

Bawa uang segepok atau terlalu banyak membuat kita sangat rawan kemalingan atau kena rampok. Nah, dengan adanya uang yang tersimpan di dalam kartu atau perangkat elektronik, akan sulit bagi orang lain untuk mengambilnya meninggal uang kita, karena ada kata sandi tertentu yang tidak mereka miliki.

6. Transaksi Tercatat Secara Otomatis

Ada beberapa di antara kita yang sering kali melakukan pencatatan hasil dari transaksi yang kita lakukan setiap hari. Tapi kalau kamu nggak mau repot-repot mencatat, transaksi non tunai akan memudahkan. Karena setiap transaksi sudah terekam oleh sistem perbankan. Jadi catatan yang kita miliki sudah otomatis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar