Persona Intikalia

6 Jun 2016

Mencegah Kolesterol Sedini Mungkin

Sejak memiliki anak saya memang selalu menjaga berat badan anak saya agar selalu berada di dalam batas hijau pada grafik di kartu KMS. Masalah berat badan ini mungkin terlihat sepele padahal dengan mengetahui berat badan si kecil kita dapat menyimpulkan banyak hal. Saya dan suami memang gak ingin memiliki anak yang super gendut. Memang saat masih kecil mungkin terlihat lucu. Tapi kami memikirkan hal lain yang lebih penting dari pada sekedar membuat anak kami terlihat lucu. Berat badan berlebih pada anak dapat memunculkan berbagai penyakit serius.


Apalagi ayah saya dan suami memiliki riwayat penyakit diabetes. Jadi kami pun harus berusaha memutus rantai diabetes tersebut agar jangan sampai menjadi penyakit turun temurun. Penyakit lain yang dapat timbul akibat berat badan berlebih adalah penyakit kolesterol tinggi. Penyakit ini gak hanya dapat menyerang orang dewasa. Jika pola makan sang anak dari kecil sudah gak sehat, maka dikemudian hari anak tersebut akan sangat berpotensi terkena penyakit kolesterol tinggi.

Faktanya bahwa orang Indonesia rentan terkena penyakit kolesterol tinggi akibat pola makan yang memang kurang sehat. Saya sendiri khawatir karena terkadang masih saja belum bisa menerapkan pola makan sehat secara keseluruhan. Apalagi makanan Indoneisa yang beragam ini memang banyak sekali yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi.

Jika sudah terlanjur terkena kolesterol maka kita harus berusaha menerapkan pola makan sehat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Karena penyakit kolesterol tinggi ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain jika gak diatasi dengan cepat. Penyakit kolesterol ini berbahaya karena timbunan lemak pada tubuh dapat menutupi aliran darah ke organ-oragan tubuh khususnya jantung. Sehingga orang yang terkena penyakit kolesterol tinggi juga rentan terkena stoke ringan mau pun berat.

Untuk mencegah kolesterol dini memang harus dibiasakan untuk menerapkan pola makan sehat sejak kecil. Jika dari kecil sudah terbiasa memakan makanan sehat maka akan lebih mudah untuk membiasakan pola makan sehat. Meski pada faktanya sulit sekali untuk membiasakan pola makan sehat pada anak karena anak cenderung menyukai makanan yang rasanya manis.

Tapi jika sudah terlanjur terkena kolesterol, salah satu makanan yang ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah adalah gandum. Makanan yang satu ini memang rendah lemak dan aman dikonsumsi oleh orang yang terkena penyakit kolesterol tinggi. Apalagi untuk mendapatkan gandum ini sekarang gak lagi sulit karena sudah ada gandum instan yang dapat langsung dimasak menjadi bubur gandum yang lezat dan bergizi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar