Persona Intikalia

14 Jun 2016

Serunya Berwisata ke Solo

Solo merupakan tujuan wisata budaya selain Yogyakarta. Tidak berlebihan memang mengingat kota Solo memiliki nafas yang sama dengan kota Jogja. Tempat ini memiliki hubungan sejarah yang sangat kuat dengan Yogyakarta sehingga boleh dikatakan, Solo adalah tujuan wisata alternatif lainnya selain Jogja.

House of Danar Hadi

Berkunjung ke kota Solo selalu menyenangkan. Selain harga makanan yang murah, ada banyak penginapan murah di Solo yang bisa kita temukan di berbagai tempat, termasuk juga yang lokasinya ada di pusat keramaian dan dekat objek wisata.

Kalau kamu penasaran dan ingin mengetahui beberapa tempat wisata terkenal di Solo yang mungkin bisa membangkitkan rasa nasionalis yang ada di dadamu, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan merupakan tujuan wisata di Solo yang cukup terkenal dan hingga saat ini masih banyak diminati. Ada banyak hal yang bisa kita temukan di sini. Terutama yang berkaitan dengan sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. Lokasi keraton ada di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

2. Museum Batik Danar Hadi

Selain Yogyakarta, tempat kita bisa berburu batik adalah kota Solo. Namun jika kamu ingin menyaksikan koleksi batik-batik yang sudah ada sejak zaman dahulu, terutama sejak zaman Belanda dan Jepang, sempatkan dirimu untuk berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi Solo yang ada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu pelajari di tempat ini terutama untuk mengenal berbagai jenis batik yang ada, atau yang pernah ada. Mulai dari batik khas Indonesia, Batik China, Batik Hokokai, Batik Belanda, hingga Batik Keraton.

3. Pasar Malam di Solo

Di malam hari, saat kita tidak berwisata, kegiatan paling tepat yang bisa kita lakukan untuk menikmati suasana kota sekaligus untuk berbaur dengan masyarakat kota Solo, salah satunya adalah nongkrong. Tapi mencari tempat nongkrong yang paling pas tentu tidak bisa sembarangan.

Di kota Solo, tempat nongkrong terkenal adalah Pasar Malam Ngarsopuro atau yang lebih dikenal dengan istilah Ngarsopuro Night Market. Di sini ada banyak hal yang bisa kamu temukan, mulai dari, souvenir yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh, berbagai jenis hasil kerajinan, dan tidak lupa juga makanan-makanan lezat khas kota Solo.

4. Museum Manusia Purba Sangiran

Kalau kamu masih penasaran dan ingin menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri berbagai pelajaran yang pernah kamu ulik waktu SMP dulu, jangan lewatkan berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran yang ada di Kecamatan Kalijambe.

5. Wisata Candi Cetho

Kota Solo tidak melulu soal budaya. Ada beberapa tempat menarik yang menyajikan pemandangan alam luar biasa yang bisa kita temukan di sini. Salah satu tempatnya adalah di kaki Gunung Lawu, dimana kita bisa menemukan sebuah candi Hindu yang bernama Candi Cetho. Soal pemandangan, ini merupakan salah satu tempat dimana kita bisa menyaksikan indahnya alam yang dipadukan dengan udara sejuk khas pegunungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar