Persona Intikalia

17 Okt 2016

Peluang Berbisnis dan Berinvestasi di Indonesia

[Sponsored Post]

Indonesia tergolong kedalam negara berkembang yang memiliki sejuta potensi dalam bidang bisnis dan investasi untuk dikembangkan dan digeluti. Beberapa contoh bisnis yang memiliki masa depan cerah antara lain, bisnis online, bisnis dibidang properti, bisnis dibidang pertanian, bisnis dibidang budidaya, jasa, kuliner, dan perdagangan. Walau demikian, bisnis waralaba di Indonesia juga tergolong menjanjikan.



Berbicara soal peluang bisnis dan investasi, selain memperhatikan apa saja bidang-bidang yang menjanjikan, tentu kita juga harus memperhatikan infrastruktur yang ada. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apakah infrastruktur di Indonesia sudah cukup baik untuk menunjang perekonomian?
Sejak bertahun-tahun, infrastruktur adalah yang paling sering disoroti di Indonesia karena ini merupakan salah satu kelemahan perekonomian dalam negeri.

Peran penting infrastruktur dalam membangun ekonomi dan sosial di Indonesia terus mendapat perhatian sehingga, dari tehun ke tahun ada banyak kemajuan yang terasa. Kemajuan yang cukup signifikan beberapa tahun belakangan ini tidak lepas dari adanya penjaminan infrastruktur di Indonesia yang dipercayakan kepada PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia. Infrastruktur berupa jalan, bandara, pasokan listrik, jaminan kesejahteraan sosial hingga pelayanan kesehatan dari tahun ke tahun terus meningkat.

Tentu itu adalah kabar yang menggembirakan. Mengingat infrastruktur memegang peranan penting dalam berbisnis. Ketika kita berbicara mengenai bisnis, biaya pengiriman (logistik tentu akan meningkat tajam jika infrastruktur yang tersedia tidak memadai. Hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi daya saing dan daya tarik iklim investasi di negara ini. Karena berdasarkan data dari Kadin, hampir 17% dari total belanja perusahaan di Indonesia akan disalurkan untuk biaya logistik.

Sebuah jumlah yang tidak sedikit. Namun saat ini tren perkembangan infrastruktur cukup menjanjikan. Hal tersebut bisa dilihat dari pembangunan jalan tol yang menghubungkan kota-kota besar di pulau Jawa yang saat ini masih dalam proses pengerjaan, pembangunan Jalan Lintas Kalimantan, bahkan, tol laut yang dicanangkan oleh pemerintah sudah memberikan hasil dan bukti yang menggembirakan.

Semakin maju dan semakin baiknya infrastruktur yang ada di Indonesia akan membuat peluang bisnis dan berinvestasi di negara ini semakin besar. Selain beberapa peluang bisnis yang telah disampaikan sebelumnya, beberapa peluang bisnis lain, terutama untuk peluang usaha kecil menengah yang menjanjikan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan diantaranya adalah: bisnis di bidang fashion, bisnis di bidang pendidikan, berinvestasi di bidang pertanian, agrobisnis, dan bisnis di bidang teknologi internet.

Itulah beberapa gambaran peluang bisnis dan investasi di Indonesia yang mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam memilih berbagai bidang yang akan digeluti disamping peluangnya berdasarkan infrastruktur yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar