Persona Intikalia

12 Okt 2016

Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya

Umroh salah satu ibadah sunnah yang sangat digandrungi oleh umat Islam. Pasalnya memang umroh ini tata caranya hampir sama dengan haji, namun ada syarat-syarat haji yang tidak dimiliki oleh umroh. Perjalanan umroh adalah perjalanan yang penuh dengan nuansa spiritual Islam. Sampai-sampai ada anjuran jika mampu maka perbanyaklah jumlah perjalanan umroh dan haji ke rumah Alloh.

Untuk perjalanan yang penuh dengan nuansa spiritual ini, banyak orang rela menabung dan menahan untuk tidak membeli apa yang dia inginkan. Pasalnya memang biaya untuk umroh ke rumah Alloh memang tidak sedikit. Tentu saja hal ini dikarenakan untuk perjalanan ke rumah Alloh dari Indonesia butuh biaya pulang pergi, penginapan, dan konsumsi; yang jika ditotal juga bukan angka yang sedikit.


Karena biayanya yang tidak sedikit itu, kita perlu memperhatikan penyedia jasa travel umroh yang akan kita pilih. Pastikan kita memilih jasa travel umroh yang terpercaya. Ada beberapa tips untuk memilih jasa travel umroh terpercaya yang bisa diterapkan. Semoga saja dengan tips ini, kita tidak terkecoh dengan travel umroh abal-abal yang tiba-tiba menghilang atau tidak sesuai janjinya seperti di awal. Berikut adalah ulasannya.

Hal yang pertama kali perlu diperhatikan dalam memilih travel umroh adalah pastikan bukan travel umroh yang bersistem MLM. Karena travel umroh yang bersistem MLM biasanya sering bermasalah karena memang sistem MLM itu sendiri memiliki banyak celah kecurangan. Bagaimana kita mengetahui itu travel MLM atau bukan? Tentu saja kita harus mencari informasinya terlebih dulu di internet atau dengan tanya-tanya orang terdekat kita.

Selain itu, untuk memilih travel umroh yang terpercaya adalah dengan rekomendasi dari orang yang pernah umroh menggunakan travel tersebut. Dari sana kita akan tahu fasilitas apa saja yang bakal kita dapatkan selama umroh melalui travel tersebut. Biasanya jika kita bertanya orang yang sudah berpengalaman umroh, jawabannya relatif jujur. Sangat berbeda ketika kita langsung tanya sales travel umrohnya.

Dan yang tak kalah penting adalah pastikan apakah travel umroh tersebut menyediakan pembimbing umroh. Bayangkan saja jika travel umroh tidak menyediakan pembimbing, pasti perjalanan yang sebelumnya kita harapkan bernuansa spiritual menjadi perjalanan yang kebingungan. Apalagi jika kita tidak pernah umroh sebelumnya.

Selain ketiga poin di atas, kita juga harus mengetahui apakah agen travel umroh tersebut memiliki izin resmi dan terdaftar di Kementrian Agama. Jika travel umroh tersebut resmi, pasti travel tersebut memiliki surat izin usaha, NPWP, surat keterangan domisili perusahaan, dan surat lainnya.

Itulah beberapa tips untuk mencari travel umroh yang terpercaya. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan umroh.

2 komentar:

  1. Gua ga akan pergi Umroh sih, tapi memang suka kasian kalo denger berita ada rombongan Umroh yg terdampar di negara X karena kena tipu agen travel. Manusia memang serakah, sampe urusan kayak gini pun bisa digunakan untuk mencari untung secara tidak halal ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo sudah dibutakan oleh dunia, semua dihalalin, Kev :D

      Hapus