Persona Intikalia

25 Des 2016

Tips Mencegah Radang Tenggorokan

Di musim pancaroba seperti ini banyak sekali orang menderita penyakit yang beraneka ragam. Imunitas tubuh yang melemah ditambah dengan pola makan yang tidak sehat membuat banyak orang jatuh sakit. Salah satu penyakit yang biasanya dialami oleh anak-anak khususnya dan juga bisa menyerang remaja adalah radang tenggorokan.

Radang tenggorokan pada anak-anak biasanya membuat anak sering rewel. Kebanyakan orang tuanya tidak paham apa yang sedang dialami oleh anaknya sehingga malah memarahi anaknya karena rewel sepanjang hari. Sebagai orang tua yang baik, ketika anak rewel dan intensitas menangisnya lebih banyak dari biasanya, orang tua harus peka. Jangan-jangan anak kita mengalami sesuatu yang membuat dirinya tidak nyaman dan menangis. Begitu juga dengan radang tenggorokan ini sering kali membuat anak kecil rewel, tidak enak makan, dan tidak nyenyak tidurnya.


Ada beberapa gejala anak yang sedang mengalami radang tenggorokan, yaitu: suhu tubuhnya di atas 38ºC, sulit menelan makanan, batuk, dan pilek. Jika seperti ini biasanya anak akan rewel dan susah tidur di malam harinya. Jika kamu mengetahui keadaan anakmu seperti ini, segera bawa ke dokter sebelum keadaan semakin parah. Karena bagaimana pun dokter lebih tahu obat yang tepat untuk anakmu. Apalagi jika anakmu sebelumnya memiliki riwayat alergi obat.

Sebenarnya radang tenggorokan ini bisa dihindari dengan melakukan beberapa langkah pencegahan. Makan makanan yang terlalu panas dan meminum minuman yang panas dapat menyebabkan radang tenggorokan. Jadi lebih baik tunggu makanan atau minuman yang akan kamu konsumsi agak dingin atau hangat. Selain itu, hindari merokok atau berada di daerah yang terpapar dengan asap. Berkumur secara teratur dan minum air yang cukup juga dapat menghindarkan kamu dari radang tenggorokan. Perbanyak makanan yang bertekstur lembut dan mengandung kalium, vitamin B6, dan vitamin C. Dengan melakukan beberapa langkap pencegahan tersebut, niscaya kamu akan terhindar dari radang tenggorokan.

Jika kamu terlanjur terkena radang tenggorokan, ada beberapa obat yang bisa kamu gunakan untuk tahap awal pengobatan. Jika panas tubuhmu selalu di atas 38ºC, kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan seperti parasetamol, ibuprofen, atau aspirin. Namun, jika setelah mengkonsumsi obat-obatan tersebut tak kunjung sembuh, maka alangkah baiknya kamu segera ke dokter. Bagaimana pun dokter tahu dosis obat yang pas untuk mengobati radang tenggorokan yang kamu alami.

Itulah penyebab radang tenggorokan dan obatnya. Semoga tulisan ini dapat membantumu untuk mencegah radang tenggorokan yang banyak menyerang anak-anak dan remaja. Bagaimana pun mencegah penyakit itu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, yuk hidup sehat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar