Persona Intikalia

16 Jan 2017

Cara Merawat Hijab Berbahan Spandek

Gak dipungkiri lagi jaman sekarang memakai hijab memang menjadi trend. Buka sekedar nutup aurat tapi juga jadi trend fashion. Antara senang dan miris sih sebenarnya. Karena ternyata beberapa trend hijab ada yang melanggar syariat dalam berhijab. Kalau sudah begini memang harus pinter-pinter memilih supaya gak ikutan trend hijab yang salah.



Pakaian hijab yang seharusnya bukan yang ketat. Harusnya jika sudah berhijab menggunakan pakaian yang longgar. Mungkin beberapa wanita ada yang masih memakai pakaian ketat mungkin karena gak tahu. Mudah-mudah para muslimah diberikan kemudahan untuk mengatahui pakaian hijab bagaimana yang sesuai dengan syariat.

Nah ngomong-ngomong tentang hijab, jaman sekarang banyak banget hijab yang terbuat dari bebagai kain salah satunya spandek. Jilbab ini memang nyaman digunakan karena kainnya dingin dan jatuh jika digunakan. Dan yang paling penting adalah anti kusut, hihi. Sayangnya kalau salah cara pencucian jilbab berbahan spandek malahan bisa jadi molor. Jadi memang perlu diperhatikan saat pencucian. Apalagi saat mencuci dengan mesin cuci bukaan atas yang kebanyakan membuat baju molor. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan laundry bag. Dengan laundry bag pakaian kamu akan aman berada di laundry bag tanpa takut terlilit dengan pakaian lainnya.

Selain itu jangan lupa saat menjemur, lebih baik bagian dalam diletakan di luar. Sehingga warna kain yang luntur terkena terik matahari adalah yang di bagian dalam bukan di luar.

Jangan lupa saat menyetrika hijab berbahan spandek jangan gunakan suhu tinggi. Cukup suhu sedang saja. Karena suhu tinggi bisa membuat bahan spandek jadi berwarna agak keputihan. Karena kain spandek itu gak mudah kusut jadi memang gak perlu disetrika terlalu lama.

Untuk hijab yang menggunakan pet, disarankan untuk tidak menyetrika bagian pet hijab. Apalagi beberapa model hijab dengan pet ini ada yang menggunakan bahan seperti karet. Sehingga jika disetrika akan meruka bahan pet tersebut.

Selain bahan spandek, bahan hijab lainnya yang sering digunakan adalah katun. Bahan ini memang mudah kusut sehingga perlu disetrika dengan suhu tinggi agar tidak kusut. Bahan katun ini sama enaknya dengan spandek hanya saja bahan katun gak jatuh seperti bahan spandek saat digunakan. Saya sendiri menghindari hijab dengan bahan katun karena memang kebanyakan bahan katun gak terlalu  tebal dan sedikit menerawang.

Nah kalau kamu suka pakai hijab bahan apa nih?



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar