Persona Intikalia

6 Jan 2017

Menyiasati Waktu Di Dapur

Sejak menjadi ibu rumah tangga memang frekuensi saya memasak menjadi lebih sering. Mau gak mau akhirnya harus bisa masak. Kalau gak masak? Beuh, bisa boros banget, gak sehat juga kan beli makanan mateng terus. Gak sehat buat kantong juga, haha. Awal-awal menikah saya hanya memasak masakan rumahan yang mudah saja seperti tumisan sayur. Paling gampang dan cepet. Tapi juga cepet habis, haha. Apalagi awal-awal menikah saya belum paham bagaimana menakar masakan untuk dimakan seharian. Jadi kadang masak sedikit doang, malamnya udah gak punya makanan. Udah gitu mau masak lagi juga males, haha. Akhirnya beli mateng, hehe.

Dulu juga masih belum punya lemari es. Jadi gak mungkin masak banyak, kalau gak habis kan gak bisa disimpan. Sekarnag karena masih tinggal masa ibu mertua jadi bisa masak sesuatu yang agak awet. Belakangan ini lagi suka banget masak nuget. Selain mudah juga awet bisa disimpan beberapa hari.

Aisyah juga doyan banget makan nuget. Saya memang lebih suka membuat nuget sendiri karena lebih murah ketimbang harus beli nuget. Memang sih ada nuget yang murah dan dapet banyak tapi rasanya kurang nendang. Beda dengan buat nuget sendiri. Harga sebungkus nuget kualitas bagus bisa dibuat untuk nuget rumahan dengan sekilo daging ayam loh. Jadinya juga banyak banget.

Enaknya bikin nuget rumahan saya bisa suka-suka nambahin bahan yang saya mau. Seperti nuget yang lagi suka saya buat ini saya tambahin keju. Rasanya jadi tambah enak. Saya juga gak pakai MSG, cukup garam aja. Toh juga rasanya tetap enak.

Selain bikin nuget masakan rumahan yang praktis untuk dicoba di rumah adalah bikin ikan tongkol ungkep. Ini karena Aisyah memang suka banget makan ikan jadi sering nyetok ini buat makan Aisyah. Cuma sayangnya abinya gak doyan ikan, jadi cuma Aisyah yang makan. Saya sih oke-oke aja makan ikan, cuma kadang suami jadi aneh kalau saya makan ikan. Mendadak gak mau dicium, haha.

Memang bikin makanan yang awet bisa mempercepat berlama-lama di dapur. Jadi gak harus tiap hari masak. Kan males banget dong harus masak tiap hari. Apalagi kalau lagi rame job review, haha. Memang jadi full time mom harus pinter-pinter mengatur waktu. Apalagi kalau memang ingin berkarya jadi kerjaan rumah harus dipercepat prosesnya, haha.

Nah kalau kamu suka masak apa nih?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar