Persona Intikalia

15 Feb 2017

Tips Agar Anak Cerdas

Punya anak cerdas memang dambaan semua orang tua ya. Kayaknya gak ada deh orang tua yang pengen anaknya bodoh, hehe. Pastilah kepengen anaknya cerdas dan berprestasi. Dan ternyata mendidik anak supaya jadi cerdas itu harus dimulai dari si kecil ada di kandungan juga loh. Setelah si kecil lahir juga banyak hal yang harus diperhatikan agar si kecil cerdas. Berikut adalah tips agar anak cerdas.

Boy-playing


Perhatikan Asupan Gizi

Apa yang kamu makan akan sangat berpengaruh pada tubuh, sehingga gak heran ya kalau ingin anak kita cerdas harus memperhatikan asupan makanan tiap harinya. Kadang beberapa orang tua gak peduli dengan asupan gizi yang dimakan anaknya. Pokoknya yang penting kenyang deh. Akibatnya menu makanan sering sekali terlalu banyak mengandung karbohidrat. Nah kalau sudah begini tentu saja resiko obesitas menjadi meningkat dong. Kalau si kecil udah kegendutan maka akan membuatnya malas bergerak dan dapat mempengaruhi kecerdasan otaknya.

Akan sangat baik jika menu makanan si kecil tiap harinya mengandung omega 3, yang bisa didapatkan dari ikan tuna, sarden dan salmon. Gak hanya itu pada sayuran seperti bayam, brokoli, selada dan lobak. Buah-buahan juga sangat baik untuk perkembangan si kecil. Jadi jangan lupa ya selalu usahakan ada sayuran, buah dan daging pada menu makan si kecil. Kalau gak bisa tiap hari makan daging minimal tiap hari harus makan sayur ya!

Istirahat yang Cukup

Selain memperhatikan asupan gizi si kecil hal yang gak kalah penting adalah memperhatikan waktu istirahat si kecil. Karena bagaimana pun juga istirahat sangat penting agar tubuh bisa kembali segar. Apalagi nih kalau kurang tidur kan bisa kurang konsentrasi. Jadi biasakan agar si kecil gak terlalu lama bermain. Seenggaknya tidur siang sekitar satu jam, dan tidur malam jangan terlalu larut agar bisa bangun pagi dengan segar.

Biarkan Si Kecil Bermain

Namanya juga anak kecil ya jadi gak heran kalau mereka suka banget bermain. Jadi jangan pernah larang si kecil bermain, kecuali memang bermain hal yang membahayakan ya. Karena bermain termasuk salah satu cara mencerdaskan anak loh.

Permainan yang dimainkan bisa sangat sederhana seperti memindahkan barang dari wadah satu ke wadah lainnya. Permainan ini untuk anak-anak di bawah tiga tahun ya. Kalau udah gede ya harus main yang lebih sulit lagi dong, hihi.

Tapi inget ya pemberian gadget juga harus dibatasi. Apalagi kalau game yang dimainkan bukan game edukasi, bisa-bisa si kecil malah kecanduan gadget. Makin ribet deh kalau gini.

Berolahraga Juga Penting

Gak dipungkiri anak yang aktif bergerak memang lebih sehat dari anak yang hanya diam saja. Agar si kecil bergerak aktif dengan terarah bisa diarahkan untuk berolahraga. Seperti main bola, lari-lari kecil atau pun olahraga lain yang disukai si kecil. Dengan berolahraga kadar oksigen yang masuk ke otak menjadi lebih banyak sehingga akan sangat baik bagi kinerja otak.


Ajarkan Juga Adab yang Baik

Tapi jangan lupa juga anak-anak dari kecil harus diajarkan adab yang baik. Karena bagaimana pun juga dalam bermasyarakat nantinya akan dilihat bagaimana kita bersikap. Membiasakan si kecil mengucapkan kata "Maaf", "Tolong" dan "Terima kasih" juga penting loh. Karena tiga kata itu menunjukan kalau kita punya sopan santun. Caranya bisa dimulai dari diri sendiri. Ketika si kecil kita minta mengambil sesuatu bisa kita apresiasi dengan mengucapkan "Terima kasih". Sehingga nanti lama kelamaan si kecil akan mengikuti perkataan kita.

Karena sekedar cerdas saja gak cukup, menjadi orang yang punya akhlak yang baik juga penting. Jadi harus diimbangi kecerdasannya dengan akhlak yang baik. Mungkin memang sulit membuat anak jadi cerdas dan berakhlak. Tapi bukannya gak bisa loh ya.

Nah kalau itulah tips agar anak cerdas. Kalau kamu punya tips anak cerdas apalagi nih?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar