Persona Intikalia

20 Apr 2017

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli SSD PC

Pada tahun 2017 ini, teknologi komputer semakin canggih. Jangan mau ketinggalan hanya karena komputer Anda memiliki performanya lambat. Salah satu faktor penghambat komputer anda menjadi lambat adalah HDD (Hard Disk Drive).


Apakah Anda Masih bergantung kepada performa HDD yang lambat sekarang? Segeralah beralih menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD PC menawarkan performa yang jauh berkali-kali lipat lebih cepat dibanding dengan HDD! Nah, sebelum Anda membeli SSD PC, sebaiknya perhatikan hal dibawah ini yuk!

Performa

Mengapa harga SSD PC yang berukuran 500 GB bisa lebih mahal dibanding dengan HDD yang berukuran 1TB? Benar, karena performa yang diberikan oleh SSD jauh lebih baik dari HDD. SSD mempunyai kecepatan read sampai 557 MB/s dan write sampai 507 MB/s.

Spesifikasi

Sebelum beli, pastikan Anda mengerti spesifikasi SSD yang anda akan beli. Jangan sampai SSD yang 3,5 inci Anda beli untuk laptop dan SSD yang 2,5 inci malah Anda beli untuk PC Anda.

Nah, SSD yang 2,5 inci juga belum tentu cocok untuk laptop Anda. Mengapa? Karena bisa saja faktor Z-Heightnya berbeda. Yang dimaksud Z-Height adalah ketebalan SSD-nya. Namun pada umumnya, ukuran Z-Height ini berkisar antara 7 mm – 9,5 mm yang dimana ukuran tersebut adalah ukuran normal pada laptop.

Harga

Jika Anda punya budget pas-pasan, jangan memaksakan diri untuk membeli SSD dengan kapasitas penyimpanan yang tinggi. Terlebih lagi, jika SSD Anda terlalu tinggi dan komponen PC kamu yang lain low end, hal ini dapat menyebabkan performa PC Anda menjadi tidak stabil.

Walaupun Anda punya budget pas-pasan, tenang saja. Matahari Mall menjual banyak SSD PC dengan harga yang lebih terjangkau kok.

Umur SSD

Normalnya, SSD dapat bertahan hingga 6 tahun lamanya. Namun, jika SSD sering melakukan aktivitas read dan write, tidak memungkinkan umur SSD yang Anda miliki dapat berkurang.

Setelah Anda paham tentang apa yang harus diperhatikan sebelum membeli SSD PC, hati Anda semakin tergerak untuk membelinya, bukan?

2 komentar:

  1. Iya mas bener. Komputer saya hampir mau saya banting karena leletnya minta ampun. Ngomong ngomong merk yang paling bagus apa ya?

    BalasHapus