Persona Intikalia

20 Sep 2017

Termometer Digital, Pengukur Suhu Tubuh dan Sistem Kerjanya

Thermometer merupakan alat pengukur suhu tubuh, yang biasanya banyak digunakan untuk mengetahui suhu tubuh manusia, ketika sedang mengalami demam. Jika alat ini dahulu sering kita temukan merupakan alat yang memanfaatkan sistem kerja air raksa, namun kini seiring dengan perkembangan waktu, alat ini pun mulai mengalami banyak perubahan dan kemajuan dalam sistem kerjanya. Dengan munculnya termometer digital, kini para pengguna thermometer tidak lagi perlu khawatir tentang ketepatan dalam pengukuran suhu tubuh yang kita miliki, karena akurasi dari thermometer dengan sistem kerja digital ini, akan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibanding dengan thermometer air raksa.


Sistem kerja pada thermometer bersistem digital ini adalah lebih memanfaatkan hubungan antara tegangan dengan temperatur yang ada. Jika thermometer diletakkan pada bagian tertentu pada tubuh, maka temperatur tubuh akan melalui termokopel yang kemudian oleh thermometer dideteksi sebagai sebuah perbedaan tegangan. Perbedaan tegangan inilah yang kemudian akan dikomparasikan dalam bentuk arus untuk kemudian dikomparasikan sesuai dengan nilai yang berlaku, dimana sistem pengoperasian ini akan melalui tiga tahap nilai yaitu pengubahan satuan ampere kedalam volt, untuk kemudian diubah kembali dalam satuan derajat celcius, yang nantinya akan ditampilkan pada layar atau monitor yang ada pada thermometer.

Termometer digital jika dilihat dari segi fungsi serta kepraktisannya memang memiliki kelebihan dalam penggunaannya, namun jika dilihat dari segi harga, thermometer ini memang akan memiliki harga yang lebih tinggi dari thermometer biasa yang berisi air raksa. Namun hal tersebut akan sebanding dengan manfaat dan keunggulan yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan thermometer dengan sistem digital ini.

Berikut ini beberapa keunggulan termometer dengan sistem kerja digital, yang antara lain adalah:
  • Lebih memiliki tingkat keamanan yang tinggi ketika digunakan, karena tidak mudah pecah ketika terjatuh, dimana hal ini berbanding terbalik dengan thermometer manual, dimana bahan pembuatannya terdiri dari kaca yang mudah pecah sehingga dapat membahayakan ketika digunakan.
  • Memiliki bahan pembuatan yang lebih awet dan tidak mudah pecah, sehingga akan lebih tahan lama ketika digunakan.
  • Mudah dalam penggunaannya dan memiliki sistem sensor yang cepat dalam memberikan indikasi selesainya pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermometer bersistem digital, dimana pada umumnya sebuah bunyi akan keluar dalam hitungan detik, sebagai indikasi bahwa pengukuran suhu tubuh telah selesai.

Untuk menjaga keoptimalan dalam penggunaan thermometer bersistem kerja digital ini, ada baiknya jika Anda melakukan kontrol secara teratur pada daya baterai thermometer tersebut. Baterai thermometer yang lemah, biasanya akan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap akurasi pengukuran suhu tubuh yang Anda lakukan. Oleh karena itu pastikan selalu bahwa baterai dalam thermometer masih memiliki daya yang cukup untuk melakukan pengukuran suhu tubuh Anda.

Bagi Anda yang memang belum memiliki dan masih berburu jenis termometer digital ini, Anda dapat membelinya secara langsung diberbagai apotek yang memang dekat dengan wilayah domisili Anda. Namun jika Anda tak memiliki banyak waktu, thermometer jenis digital ini juga dapat Anda miliki dengan melakukan pembelian pada berbagai situs belanja online terpercaya, yang ada di Indonesia. Pada umumnya thermometer ini akan dijual dengan harga yang bervarian tergantung merek, jenis dan fitur lain yang ada didalamnya. Namun demikian jika Anda memang memerlukan termometer tersebut sebagai alat kesehatan, maka belilah termometer tersebut sesuai dengan kebutuhan tanpa harus memiliki termometer yang memiliki fitur lainnya. Sekarang di toko online anda bisa mendapatkan berbagai macam alat medis seperti termometer.

1 komentar:

  1. Boleh juga nih. Tapi sekarang hape aja udah ada sensor tempraturnya hehe

    BalasHapus